ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA SMP NEGERI 1O BANDA ACEH

Bayu Ismawan, Dahliana Abdullah, Nurbaity Bustamam

Abstract


Student learning difficulties must be handled so that students can develop and learn well. The purpose of this study is to determine the behavior of students who have difficulty learning and know what factors influence the learning difficulties of students of SMPN 10 Banda Aceh. Descriptive research method with a qualitative approach. The subjects of this study were students of SMPN 10 Banda Aceh. The data collection techniques used namely AUM PTSDL and interviews. The results of this study indicate that the problems that must be observed by BK teachers are several fields, namely the prerequisites for mastering the subject matter, learning skills, learning facilities, self-condition, the physical environment, and socio-emotional environment that each student has priority issues that need to be immediately guidance. And based on the results of the interview showed that the behavior of students who have difficulty learning at the school that many students go in and out of the room during class hours, sleep in class during class hours, disturb friends while studying, do not do assignments, and skip classes. The factors causing the learning difficulties of students were low learning motivation, poor time management, not conducive classroom atmosphere, and the influence of friends, family, and teachers.

Keywords: Learning difficulties, Middle school student, AUM-PTSDL

 

ABSTRAK

 

Kesulitan belajar siswa harus di tangani agar siswa dapat berkembang dan belajar dengan baik. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui prilaku siswa yang mengalami kesulitan belajar dan mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi kesulian belajar siswa SMP Negeri 10 Banda Aceh. Metode penelitian Deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa-siswi SMP Negeri 10 Banda Aceh dengan menggunakan teknik pengumpulan data yang di gunakan yaitu AUM PTSDL dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkanpermasalahan yang harus diperhatikan oleh guru BK ada beberapa bidang yaitu prasyarat penguasaan materi pelajaran, keterampilan belajar, sarana belajar, keadaan diri sendiri, keadaan lingkungan fisik dan lingkungan sosio emosional yang masing-masing siswa memiliki prioritas masalah yang perlu segera mendapatkan bimbingan. Serta berdasarkan hasil wawancara menunjukan bahwa prilaku siswa yang mengalami kesulitan belajar disekolah SMP Negeri 10 Banda Aceh adalah siswa banyak yang keluar masuk ruangan saat jam pelajaran, tidur di kelas saat jam mata pelajaran, mengganggu teman saat belajar, tidak mengerjakan tugas, bolos ketika jam pelajaran dan faktor penyebab kesulitan belajar siswa SMP Negeri 10 Banda Aceh di sebabkan oleh motivasi belajar rendah, manajemen waktu yang kurang baik, suasana kelas tidak kondusif, pengaruh teman, keluarga dan guru. 

Kata Kunci: Kesulitan belajar, Siswa SMP, AUM-PTSDL

References


Abdurrahman, Mulyono. 2010. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Abu Ahmadi dan Widodo Supriyono. (2003). Psikologi Belajar. Jakarta: RinekaCipta.

.(2004). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Abu Ahmadi & Joko Tri Praset. (2005). Stragi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Aqib, Zainal. 2002. Guru dan Profesionalisme. Jakarta. Pustaka Pelajar.

Bandi Delphi. (2006). Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus, Dalam Setting Pendidikan Inklusi. Bandung: Refina Aditama

Djamarah, Syaiful Bahri. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Irsyad das, Elfi 2004, Belajar Untuk Belajar, Bukittinggi : Usaha Ikhlas.

Irham, Muhammad dan Wijayani, Novan. 2013. Psikologi Pendidikan : Teori dan Aplikasi dalam Proses Pembelajaran. Yogyakarta : Ar- Ruzz Media.

Koestoer Partowisastro & Hadisuparto.A 2004. Diagnosa dan Pemecahan Masalah Kesulitan Belajar. Jakarta:Erlangga.

Moleong, J. 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung : Pt. Remaja Rosdakarya.

Oemar Hamalik. (2005). Psikologi Pendidikan . Jakarta: Bumi Aksara

Somantri, Sutjihati. 2005. Psikologi Anak Luar Biasa. Bandung: Refika Aditama

Syah Muhibbin. 2005. Psikologi Belajar. Jakarta: Raja Grafindo Indonesia.

Tu’u, Tulus.2004 Peran Disipli Pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: (UU Nomor 20) Tahun 2003 Pasal satu Ayat (6)

Thursan Hakim,. ( 2000 ). Belajar Secara Efektif. Jakarta: Puspa Swara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 JIMBK: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan & Konseling

JIMBK Published by:

Program Studi Bimbingan dan Konseling

FKIP Universitas Syiah Kuala

P-ISSN: 2615-0344

 

Creative Commons License
JIMBK: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.