MENGEMBANGKAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI DENGAN MENGGUNAKAN KEONG DI TK HANG TUAH KOTA SABANG

Febry Elfitri Ramadhani, Khairuddin . ., Fakhriah . .

Abstract


Kreativitas menggunakan keong adalah keterampilan anak dalam mengembangkan kreativitas. Masalah yang terjadi dilapangan yaitu dulu menggunakan keong , teapi sudahlama tidak dipergunakan lagi danterdapat banyak keong dilingkungan sekitar anak tetapi anak tidak tertarik untuk menggunakannya. Tujuannya untuk mengetahui aktivitas anak dalam membuat suatu karya danmengembangkan kreativitas dengan menggunakan keong. Mengembangkan kreativitas anak usia dini dengan menggunakan keong di TK B Hang Tuah Kecamatan Suka Jaya Kota Sabang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 2 siklus.Pada setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B yang berusia 5-6 tahun di TK Hang Tuah Kota Sabang tahun ajaran 2017/2018 terdiri dari 7 laki-laki dan 5 perempuan. Data dikumpulkan melalui dokumentasi, observasi, dan unjuk kerja.Analisis data menggunakan teknik deskriptif kualitatif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada penelitian siklus I anak mendapatkan 50% dan hasil pada siklus II anak mendapatkan 91,6%.

Kata kunci : Mengembangkan, Kreativitas, Menggunakan Keong

References


Diana, R. Rachmy. 2006. Setiap Anak Cerdas! Setiap Anak Kreatif! (Menghidupkan Keberbakatan dan Kreativitas Anak). Jurnal Psikologi. (http://ejournal.undip.ac.id/index.php/psikologi/article/download/660/534, diakses 10 Mei 2017).

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014 tentang Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak.

Sumanto. 2005. Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Direktoran Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi.

Yamin, Martinis dan Jamilah Sabri Sanan. 2010. Panduan Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Gaung Persada (GP).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.