MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA DINI MELALUI PERCOBAAN SAINS SEDERHANA DI PAUD KARAWARA-WA LAM ATEUK KABUPATEN ACEH BESAR

Muliani . ., Israwati . .

Abstract


Kemampuan kognitif adalah kemampuan anak dalam berpikir serta dapat memecahkan masalah dalam berinteraksi dengan lingkungan sehari-hari, melalui percobaan sains sederhana dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak. Penelitian ini mengangkat masalah bagaimana meningkatkan kemampuan kognitif anak melalui percobaan sains sederhana. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kemampuan kognitif anak. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 2 siklus. Pada setiap siklus dilakukan melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini anak usia dini yang berusia 5-6 tahun kelompok B, berjumlah 10 anak yaitu 4 laki-laki dan 6 perempuan. Data dikumpulkan melalui observasi dan unjuk kerja. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Setelah tindakan dilakukan maka diperoleh kesimpulan dari penelitian ini adalah kemampuan anak dikembangkan dengan cara memperkenalkan macam-macam percobaan sains sederhana seperti tenggelam dan terapung, erosi dan gunung merapi, serta memperkenalkan alat dan bahan yang di gunakan,  memperagakan cara melakukan percobaan serta melakukan tanya jawab kepada anak, merolling tempat duduk anak agar anak menjadi lebih fokus, melakukan kerja sama dan konsultasi dengan orang tua agar anak mereka selalu hadir ke sekolah. Setelah dilakukan tindakan dalam 2 siklus maka diperoleh hasil sebagian besar kemampuan kognitif anak sudah mencapai indikator keberhasilan yaitu anak sudah mampu melakukan serta menyebutkan percobaan tanpa di bantu oleh guru.

Kata Kunci    : Kemampuan Kognitif, Percobaan Sains Sederhana


References


Desmita. 2012. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mariyana, Rita dkk 2010. Pengelolaan Lingkungan Belajar. Jakarta: Kencana.

Mutiah, Diana. 2010.

Psikologi Bermain Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Nugraha, Ali. 2005. Pengembangan Pembelajaran Sains Pada Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas Direktorat Pendidikan Tinggi, Direktorat Pembinaan PTK dan Ketenagaan Perguruan Tinggi.

Permendikbud RI. 2014. Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. Nomor 137.Lampiran 1.

Susanto, Ahmad. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta :Kencana.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.