MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN ANAK USIA DINI MELALUI KARTU ANGKA BERGAMBAR DI TK MISBAHUL ATHFAL DESA PASIE LEMBANG

Ely . Masnijah, Fakhriah . ., Yuhasriati . .

Abstract


Mengembangkan Kemampuan mengenal lambang bilangan perlu dikembangkan sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini anak usia dini yaitu anak sudah mampu mengenal simbol-simbol bilangan dari bilangan 1-10.Lambang bilangan diperkenalkan melalui Kartu angka bergambar yaitu kertas persegi panjang yang berisikan lambang bilangan disertai dengan gambar yang jumlahnya sesuai dengan lambang bilangan yang tertulis pada kartu tersebut. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana mengembangkan kemampuan anak usia 4-5 tahun dalam mengenal lambang bilangan melalui kartu angka bergambar di TK Misbahul Athfal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan anak usia 4-5 tahun dalam mengenal lambang bilangan melalui kartu angka bergambar di TK Misbahul Athfal. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah anak usia 4-5 tahun kelompok A TK Misbahul Athfal Desa Pasie Lembang. Pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi dan unjuk kerja. Hasil penelitian yang dilakukan 2 siklus menunjukkan bahwaKartu angka bergambar merupakan salah satu alat permainan anak usia dini guna mengembangkan kemampuan mengenal lambang bilangan anak usia dini dengan cara: 1) memperkenalkan lambang bilangan dengan permainan kartu angka bergambar 2) memperkenalkan lambang bilangan dengan mencocokkan balok warna-warni 3) memperkenalkan  lambang bilangan dengan memasangkan kartu gambar dan menunjukkan bahwa kemampuan mengenal lambang bilangan  melalui kartu angka bergambar anak usia 4-5 tahun berkembang sangat baik. Penggunaan kartu angka bergambar dapat menjadi bahan untuk mengembangkan kemampuan mengenal lambang bilangan.

Kata Kunci : Mengembangkan, Lambang Bilangan, Kartu Angka Bergambar


References


Misyati, Ely. 2013. Peningkatan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Melalui Bermain Kartu Angka Bergambar Anak Kelompok A1 TK Masjid Syuhada Yogyakarta. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Yogyakarta. Skripsi.

Mulyasa. 2012. Manajemen PAUD. Bandung: PT. Rosdakarya.

Sauri, Sofyan. 2006. Membangun Komunikasi dalam Keluarga. Bandung: PT Genesindo

Susilo, Taufik Hadi. 2013. Belajar Calistung Itu Asyik. Jakarta:PT Buku Kita

Suyanto. 2005. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta:Depdiknas

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014 tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini


Refbacks

  • There are currently no refbacks.