PENGEMBANGAN KECERDASAN VISUAL-SPASIAL ANAK USIA DINI MELALUI PERMAINAN LABIRIN DI PAUD JANTONG HATEE-MA KABUPATEN BIREUEN

Nanda . Safira, M. Yusuf Aziz

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kecerdasan visual-spasial anak usia 5-6 tahun melalui permainan labirin di PAUD Jantong Hatee Ma. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan permainan labirin dapat meningkatkan kecerdasan visual-spasial anak usia 5-6 tahun di PAUD Jantong Hatee Ma?. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun di kelas TK kelompok B yang berjumlah 11 orang anak yang terdiri atas 7 orang anak perempuan dan 4 orang anak laki-laki. Teknik pengumpulan data dilakukan  melalui observasi dan unjuk kerja. Analisis data dilakukan secara deskriptif dan diolah menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi pengembangan kecerdasan visual-spasial anak kelas TK kelompok B di PAUD Jantong Hatee Ma melalui permainan labirin. Disimpulkan, bahwa melalui permaian labirin dapat mengembangkan kecerdasan visual-spasial anak usia 5-6 tahun di PAUD Jantong Hatee Ma Gampong Karieng Kecamatan Peudada Kabupaten Bireuen. Dari hasil penelitian ini diharapkan kepada guru yang mengajar di PAUD Jantong Hatee Ma agar dapat lebih memperhatikan kecerdasan visual-spasial dan permainan labirin dapat diterapkan di PAUD lebih kurang sebulan sekali.

Kata kunci: kecerdasan Visual-Spasial, Permainan Labirin


References


Arikunto, Suharsimi. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta. Bumi Aksara

Arifin. Zainal. 2012. Penelitian Pendidikan Metode dan Paradigma Baru. Bandung. PT Remaja Rosda.

Depdiknas.2004. Pedoman Pembelajaran di Taman Kanak-Kanak.Jakarta: Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah.

FKIP. 2012. Pedoman Penulisan Skripsi. Darussalam: Universitas Syiah Kuala.

Gunarti, Winda. Lilis, Suryani. Azizah, Muis. 2010. Metode Pengembangan Perilaku Dan Kemampuan Dasar Anak Usia Dini. Jakarta. Universitas Terbuka.

Madya, Suwarsih. 2007. Teori dan Praktik Penelitian Tindakan. Bandung. Alfabet.

May. Luin, dkk. 2008. Cara Mengembangkan Berbagai Komponen Kecerdasan. Jakarta. Indeks.

Mashar, Riana. 2011. Emosi Anak Usia Dini dan Strategi Pengambangannya. Jakarta. Kencana.

Muhammad, Yaumi dan Ibrahim, Nurdin. 2013. Pembelajaran Berbasis Kecerdasan Jamak. Jakarta. Kencana.

R. Hoerr. Thomas. 2000. Buku Kerja Mutiple Intellegences. Bandung. Kaifa PT Mizan Pustaka.

Samsudin. 2008. Pembelajaran Motorik Di Taman Kanak-kanak. Jakarta: Litera Prenada Media Group.

Soefandi, Indra dan Pramudya, Ahmad. 2009. Strategi Mengembangkan Potensi Kecerdasan Anak. Jakarta. Bee Media.

Sudjana,H. (2011).MengenalMacam-Macam Benda Teknik(Engineering Teknik). Jakarta: Kencana.

Sujiono, Nuraini Y. 2009. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta. Indeks.

Sujiono, Nuraini Y dan Bambang. 2010. Bermain Kreatif Berbasis Kecerdasan Jamak. Jakarta. Indeks.

Suryono dan Harianto. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Syaodih, Ernawulan. 2005. Bimbingan diTaman Kanak-Kanak. Jakarta: Depdiknas.

Thobroni, Muhammad dan Arif Mustafa. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jogjakarta: Arruz Media.

Undang-undang No. 20 tahun 2003.Sistem Pendidikan Nasional.

Yaumi, Muhammad dan Ibrahim, Nurdin. 2013. Pembelajaran Berbasis Kecerdasan Jamak. Jakarta. Kencana.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.