UPAYA MENGEMBANGKAN KREATIVITAS ANAK MELALUI KEGIATAN MENGGAMBAR BEBAS DI TK BUNGA LESTARI

Ridha Ihsana Fadhila, Yuhasriati . ., Siti Naila Fauzia

Abstract


Kreativitas perlu dikembangkan agar anak dapat menciptakan pemikiran dan ide-ide baru yang berguna untuk meningkatkan kualitas hidupnya di masa depan. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana mengembangkan kreativitas anak melalui kegiatan menggambar bebas di TK Bunga Lestari. Beberapa aspek kreativitas yang dilihat dalam pnelitian ini yaitu 1) ketangkasan, 2) fleksibelitas, 3) orisinalisasi dan 4) elaborasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kreativitas anak di TK Bunga Lestari Kabupaten Aceh Singkil. Metode penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah anak usia 5-6 tahun pada kelompok B2 TK Bunga Lestari yang berjumlah 8 orang anak. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi dari hasil unjuk kerja anak. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 2 pertemuan. Hasil penelitian siklus I menunjukkan kriteria penilaian Belum Muncul (BM) sebanyak 3 anak atau 37,5%, Berkembang Sesuai Harapan (BSH) sebanyak 2 anak (25%) dan Berkembang Sangat Baik (BSB) sebanyak 3 anak (37,5%). Hasil siklus II menunjukkan kriteria Mulai Berkembang (MB) sebanyak 2 anak (25%) dan Berkembang Sangat Baik (BSB) sebanyak 6 anak (75%) yaitu mencapai indikator yang ditetapkan. Sebagaimana data di atas disimpulkan bahwa mengembangkan kreativitas anak melalui kegiatan menggambar bebas di TK Bunga Lestari dapat dilakukan melalui metode bercerita singkat yang berisi benda-benda di sekitar anak dan metode tanya jawab dengan anak yang didukung dengan pemberian motivasi berupa pujian dan penghargaan kepada anak. Aspek kreativitas anak yang dikembangkan melalui kegiatan menggambar bebas berupa ketangkasan, fleksibelitas, orisinalisasi dan elaborasi berkembang dengan sangat baik. Guru disarankan dapat meningkatkan kemampuan diri dalam mengembangkan kreativitas anak.

Kata Kunci: Kreativitas, Menggambar Bebas


References


Ahmad, Anizar dan Johari Efendi. 2012. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Banda Aceh.

Dymyati, Joni. 2013. Metodologi Penelitian dan Apliaksinya pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenatal Media Group.

Hurlock, Elizabeth B. 1999. Perkembangan Anak Jilid 2. Jakarta: Erlangga

Rachmawati, Yeni dan Euis Kurniati. 2005. Strategi Pengembangan Kreativitas Pada Anak Usia Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Depdiknas

Sumanto. 2005. Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini” Depdiknas

Suyanto, Slamet. 2005. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: DIKTI.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.Jakarta: Presiden Republik Indonesia


Refbacks

  • There are currently no refbacks.