MENGEMBANGKAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI MELALUI MEDIA BAHAN ALAM DI PAUD BAITUL HAAFIZH LABUHAN HAJI ACEH SELATAN

Fachriati . Maulida, Fakhriah . ., M. Yusuf Harun

Abstract


Media bahan alam adalah sarana yang digunakan sebagai media pembelajaran menggunakan daun pandan, biji padi, dan pelepah pisang. Penelitian bertujuan untukĀ  mengetahui perkembangan kreativitas dan aktifitas anak usia dini melalui media bahan alam di PAUD Baitul Haafizh Labuhan Haji Aceh Selatan. Metode penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Kelas dalam beberapa siklus. Subjek penelitian adalah anak usia 5-6 tahun kelompok B yang berjumlah 15 orang anak. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi dan unjuk kerja. Tindakan siklus I yaitu meremas daun pandan terdapat 8 anak Belum Berkembang (BB), 3 anak Mulai Berkembang (MB), 2 anak Berkembang Sesuai Harapan (BSH), 2 anak Berkembang Sangat Baik (BSB). Menempel biji padi terdapat 1 anak Belum Berkembang (BB), 8 anak Mulai Berkembang (MB), 4 anak Berkembang Sesuai Harapan (BSH), 2 anak Berkembang Sangat Baik (BSB). Mencap dengan pelepah pisang terdapat 8 anak Mulai Berkembang (MB), 5 anak Berkembang Sesuai Harapan (BSH), 2 anak Berkembang Sangat Baik (BSB). Tindakan siklus II meremas daun pandan terdapat 8 anak Berkembang Sesuai Harapan (BSH), 7 anak Berkembang Sangat Baik (BSB). Menempel biji padi terdapat 7 anak Berkembang Sesuai Harapan (BSH), 8 anak Berkembang Sangat Baik (BSB). Mencap dengan pelepah pisang terdapat 8 anak Berkembang Sesuai Harapan (BSH), 7 anak Berkembang Sangat Baik (BSB). Hasil akhir perkembangan kreativitas melalui media bahan alam berhasil mencapai indikator keberhasilan yaitu anak mendapat bintang 3 (BSH) dan bintang 4 (BSB). Bermain menggunakan media bahan alam dapat mengembangkan kreativitas anak usia dini di PAUD Baitul Haafizh Labuhan Haji Aceh Selatan.

Kata Kunci : Mengembangkan, Kreativitas, Media Bahan Alam


References


Ahmad, Anizar. 2012.Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini.Modul. Banda Aceh. Fkip Unsyiah.

Arikunto, Suharismi., dan Suhardjono. 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Budiarti, Febriana., Astuti, Indri., dan Yusuf Abas. 2012. Analisis Pembelajaran

Sentra Bahan Alam untuk Mengembangkan Kreativitas Menempel Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Ilmiah, (Online), Jilid 2, No. 2.(diakses 15 Februari 2017).

Dymyati, Joni. 2013. Metodologi Penelitian dan Aplikasinya pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenatal Media Group.

Fkip Unsyiah. 2012. Pedoman Penulisan Skripsi. Banda Aceh.

Mulyasa. 2012. Manajemen PAUD.Bandung: PT. Rosdakarya.

Munandar, Utami. 2009. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Mutiah, Diana. 2010. Psikologi Bermain Anak Usia Dini.Jakarta: Kencana.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 137 tahun 2014 tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Pustaka Setia.

Rachmawati, Yeni dan Kurniati, Euis. 2010. Strategi Pengembangan Kreativitas pada Anak Usia Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Kencana.

Sujiono, Nuraini. 2009. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Indeks.

Suratno. 2005.Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas.

Ulfa, Maria. 2013. Upaya Meningkatkan Kreativitas Anak Melalui Kegiatan

Mengecap Dengan Media Bahan Alam. Jurnal Ilmiah, (Online), Jilid 2, No. 2. (diakses 15 Februari 2017).

Undang-Undang Republik Indonesia

Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Presiden Republik Indonesia.

Yus, Anita. 2011. Model Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.