KENDALA YANG DIHADAPI ORANGTUA DALAM MEMENUHI KEBUTUHAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DI GAMPONG MUARA BATU-BATU KECAMATAN RUNDENG KOTA SUBULUSSALAM

Siti . Asnah, M. Yusuf Aziz, M. Yusuf Harun

Abstract


Keluarga merupakan tempat pendidikan pertama bagi anak dan tempat menjalin komunikasi yang baik agar terbentuk keharmonisan cinta dan kasih sayang seutuhnya. Untuk menjalin komunikasi yang baik, maka seseorang harus mendapatkan pendidikan yang baik pula karena dengan pendidikan anak bisa mengenal berbagai aspek kecerdasasan seperti kognitif, motorik, sosial emosional, moral spritual, dan seni. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kendala apa saja yang dihadapi orangtua (Ibu) dalam memenuhi kebutuhan pendidikan anak usia dini dan solusi yang dilakukan oleh para ibu rumah tangga dalam memenuhi kebutuhan pendidikan anak di Gampong Muara Batu-Batu Kecamatan Rundeng Kota Subulussalam. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan  cara observasi dan wawancara. Teknik analisis data mengunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Subjek dalam penelitian ini berjumlah lima keluarga yang memiliki anak berusia 4-6 tahun. Hasil penelitian menunjukkan beberapa ibu rumah tangga banyak mendapatkan kendala dalam memenuhi kebutuhan pendidikan anak berkenaan dengan faktor ekonomi seperti biyaya pendidikan, seragam sekolah, peralatan sekolah yang mengharuskan ibu bekerja untuk membantu penghasilan suami dan kurangnya waktu bersama anak, tidak memiliki transportasi, jarak antara rumah dengan sekolah berjauhan sehingga ibu tidak dapat mengantar dan menjemput anak ke sekolah serta memperhatikan kebutuhan anak seperti kebutuhan fisiologis, rasa aman, cinta dan keberadaan, dan penghargaan. Solusi yang dilakukan orangtua yaitu bertangung jawab dan melibatkan diri  dalam memenuhi kebutuhan anak baik itu kebutuhan di dalam keluarga maupun kebutuhan pendidikan anak usia dini, serta meluangkan waktu untuk bisa mengantar dan menjemput anak-anak ke sekolah dan menjalin komunikasi yang baik dengan anak, dan melindungi diri anak.

Kata Kunci: Kendala, Kebutuhan Pendidikan


References


Latif, Mukthar, Zukhairina, Rita Zubaidah dan Muhammad Afandi. 2013. Orientasi baru pendidikan anak usia dini. Jakarta. Kencana.

Permendikbud RI. 2014. Pendirian satuan pendidikan anak usia dini. Nomor 84. Lampiran 1.

Santrok, Johnw. 2012. Life-SPAN developmen perkembangan masa hidup. Erlangga.

Syafei, Sahlan. 2002. Bagaimana mendidik anak ?. Ghalia indonesia.

Syaodih, Ernawulan. 2005. Bimbingan di taman kanak-kanak. Jakarta: Depdiknas.

Shochib, Moh. 2010. Pola asuh orang tua dalam membantu anak mengembangkan disiplin diri. Jakarta: Rineka Cipta.

Werdiningsih, Ayu Thabita Agustus dan Kili Astarani. 2012. Peran ibu dalam pemenuhan kebutuhan dasar anak terhadap perkembangan anak usia prasekolah. Uilis. Unsyiah. ac.id./Jurnal terakreditas. Diakses tangal 9 April.

Zubaedi. 2011. Desain pendidikan karakter konsepsi dan aplikasinya dalam lembaga pendidikan. Jakarta : Kencana.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.