MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERBAHASA ANAK USIA DINI MELALUI PERMAINAN TEKA-TEKI DI TK DARUR RAHMAN BANDA ACEH

Nurlaili . ., Bahrun . ., Dewi . Fitriani

Abstract


Kemampuan berbahasa anak usia 5-6 tahun merupakan kemampuan bahasa dimana anak mampu mengajukan pertanyaan dan menjawab pertanyaan dengan kompleks, menyusun kalimat sederhana dalam struktur lengkap (pokok kalimat-predikat-keterangan) serta mampu mengekpresikan ide pada orang lain. Rumusan masalah yang hendak diselesaikan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah perkembangan kemampuan berbahasa anak di TK Darur Rahman ketika diterapkan permainan teka-teki dan bertujuan untuk mengetahui perkembangan kemampuan berbahasa anak. Penelitian ini tergolong penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek dalam penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun. Pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian berdasarkan observasi menunjukkan kemampuan berbahasa anak pada siklus I kategori belum berkembang sebanyak dua anak; mulai berkembang sebanyak dua anak; dan berkembang sesuai harapan sebanyak tiga anak. Pada siklus II terjadi peningkatan yaitu anak yang mulai berkembang sebanyak satu anak; berkembang sesuai harapan sebanyak dua anak; dan berkembang sangat baik sebanyak empat anak. Hasil wawancara pada siklus I kategori belum berkembang sebanyak tiga anak; mulai berkembang sebanyak dua anak; dan berkembang sesuai harapan sebanyak dua anak, dan terus meningkat pada siklus II yaitu berkembang sesuai harapan sebanyak tiga anak; dan berkembang sangat baik sebanyak empat anak. Disimpulkan bahwa melalui permainan teka-teki dapat mengembangkan kemampuan berbahasa anak di TK Darur Rahman Banda Aceh. 

Kata Kunci : Kemampuan Berbahasa, Permainan Teka-teki, Anak Usia Dini


References


Dhieni, Nurbiana, dkk. 2005. Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2014 Nomor 137.

Soeparno. 1988. Media Pengajaran Bahasa. Jakarta: Intan Pariwara.

Sujiono, Yuliani Nurani. 2012. Konsep Dasar pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Indeks.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfa Beta.

Susanto, Ahmad. 2012. Perkembangan Anak Usia Dini: Pengantar dalam Berbagai Aspeknya. Jakarta: Kencana Prewada Media Group.

Utami, Ade Dwi, dkk. 2014. Modul PLPG: Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Negeri Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.