MENGEMBANGKAN BAHASA RESEPTIF ANAK USIA DINI MELALUI METODE BERCERITA DI RAUDHATUL ATHFAL CUT NYAK DHIEN GAMPONG ACEH KABUPATEN ACEH TIMUR

Cut . Fitrah, Yuhasriati . ., Dewi . Fitriani

Abstract


Kemampuan bahasa reseptif perlu dikembangkan sejak dini yaitu kemampuan menangkap, memahami, dan menyampaikan informasi yang didapatkan melalui bahasa lisan. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana mengembangkan kemampuan bahasa reseptif kepada anak usia 3-4 tahun melalui metode bercerita. Metode bercerita merupakan salah satu metode pembelajaran bagi anak usia dini yang dapat mengembangkan kemampuan berbahasa anak usia 3-4 tahun. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahasa reseptif anak usia 3-4 tahun melalui metode bercerita di Raudhatul Athfal Cut Nyak Dhien Gampong Aceh Kabupaten Aceh Timur. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, dengan subjek penelitian 8 siswa berusia 3-4 tahun pada jenjang kelompok bermain. Pengumpulan data dilakukan menggunakan observasi. Penelitian ini dilakukan selama 2 siklus dan simpulannya adalah bahasa reseptif anak usia dini dikembangkan melalui metode bercerita dilakukan dengan cara menarasikan setiap cerita, memberikan pertanyaan kepada anak, melibatkan anak secara langsung, dan mengaitkan cerita dengan kehidupan nyata anak menunjukkan bahwa kemampuan bahasa reseptif anak usia 3-4 tahun berkembang dengan baik yaitu anak mampu menyebutkan tokoh, karakter tokoh dari cerita, dan anak sudah mampu menceritakan kembali isi cerita yang disampaikan.

Kata kunci : Bahasa Reseptif, Metode Bercerita, Anak Usia Dini.


References


Ahmad, Anizar dan Johari Efendi. 2012.

Konsep Dasar Pendidikan Anak

Usia Dini. Banda Aceh: Fakulltas

Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Syiah Kuala.

Arikunto, Suharsimi. 2008. Penelitian

Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi

Aksara.

Aulia, 2012. Revolusi Pembuat Anak

Candu Membaca. Jogjakarta:

FlashBooks.

Bachri, Bachtiar S. 2005.

Pengembangan Kegiatan Bercerita di Taman Kanak-kanak. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Pendidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi.

Dhieni, Nurbiana dkk. 2015. Metode

Pengembangan Bahasa.

Universitas Terbuka.

Khasinah, Siti. 2015. Interaksi

Ekstratektual dalam Proses

Bercerita Kepada Anak Usia Dini. International Journal of Child and Gender Studies, Vol. 1, No. 1.

Mansur. 207. Pendidikan Anak Usia Dini

dalam Islam. Jakarta: Pustaka

Pelajar.

Moeslichatoen. 2004. Metode Pengajaran

Di Taman Kanak-kanak. Jakarta:

Rineka Cipta.

Natsiopoulou, Triantafilia., Mimis,Souliotis., & Argyris G. (200). Narrating and Reading Folktales and Picture Books: Storytelling Techniques and Approaches with Preschool Children. Technological Educational Institution of Thessaloniki. University of Western Macedonia. Vol. 8, No. 1.

Nurgiyantoro, Burhan. 2001. Penilain Dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: BPFE.

Peraturan Menteri Pendidikan dan

Kebudayaan Republik

Indonesia nomor 137. 2014. Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta.

Safaria, Triantoro. 2007.Melejitkan

Multiple Intelligence Anak Sejak

Usia Dini. Yogyakarta: Andi Offset.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian

Pendidikan. Bandung: Alfa Beta.

Sujiono, Yuliani Nurani, dkk. 2010. Bermain Kreatif Berbasis Kecerdasan Jamak. Jakarta: PT indeks.

Sujiono, Yuliani Nurani. 2012. Konsep dasar Pendidikan Anak Uisa Dini. Jakarta: PT. Indeks.

Susanto, Ahmad. 2011. Perkemangan

Anak Usia Dini Pengantar dalam

Berbagai Aspeknya. Jakarta: Kencana.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.