PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI YANG MENONTON SINETRON DI GAMPONG LANDUH KECAMATAN RANTAU KABUPATEN ACEH TAMIANG

Nanda . Chairani, Bahrun . ., Siti Naila Fauzia

Abstract


Perkembangan sosial emosional anak dipengaruhi oleh beberapa hal, salah satunya televisi. Televisi merupakan media massa yang memberikan informasi sekaligus hiburan bagi penontonnya. Bentuk hiburan tersebut seperti cerita drama berseri yang sering disebut dengan “sinetron”. Sinetron merupakan salah satu bentuk tayangan televisi yang banyak digemari oleh masyarakat termasuk anak-anak. Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perkembangan sosial emosional anak yang sering menonton sinetron di Kecamatan Rantau Kabupaten Aceh Tamiang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah ibu, ayah, dan tetangga dari objek yang diteliti yaitu 3 orang anak usia dini dengan rentang usia 5-6 tahun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perkembangan sosial emosional anak yang menonton sinetron cenderung berkembang kurang baik. Anak lebih banyak melakukan aktivitas menonton televisi dibandingkan melakukan aktivitas di luar rumah, berbicara tidak jujur atau berbohong, mengejek, berkata kurang sopan, mengetahui tentang hubungan lawan jenis, suka memukul dan melempar barang. Menonton sinetron juga membuat anak malas berusaha dan cepat menyerah, namun walaupun banyak menimbulkan hal negatif, menonton sinetron masih memiliki nilai positif bagi anak seperti dapat menambah perbendaharaan kata, menambah pengetahuan tentang dunia luar, dan meniru hal-hal positif lainnya.


References


Desmita.2009. Psikologi Perkembangan Peserta Didik Panduan bagi Orang Tua dan Guru dalam Memahami Psikologi Anak SD,SMP dan SMA. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mahayoni dan Hendrik Lim. 2008. Anak vs Media Kuasailah Media Sebelum Anak Anda Dikuasainya Solusi bagi Orang Tua dalam Mendidik Anak Berhadapan dengan Media Televisi dan Media Lainnya.Jakarta:PT Alix Media Komputindo.

Malikhah.2013. Korelasi Pengaruh Tayangan Televisi Terhadap Perilaku Negatif Anak Usia Dini. Fakultas Ilmu Pendidikan PAUD. Universitas Negeri Semarang.

Nurihsan, Achmad Jundika dan Mubiar Agustin. 2011. Dinamika Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung :PT Refika Aditama.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137, 2014. Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini: Jakarta.

Solihuddin, Ichsan. 2016. Hypnosis For Parent. Bandung: PT Mizan Pustaka.

Sunarto dan Agung Hartono. 2002. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Susanto, Ahmad. 2012. Perkembangan Anak Usia Dini Pengantar dalam Berbagai Aspeknya.Jakarta: Kencana.

Tedjasaputra, Mayke S. 2003. Bermain, Mainan dan Permainan untuk Pendidikan Usia Dini. Jakarta: PT Grasindo.

Waruwu, Adelise. 2010. Membangun Budaya Berbasis Nilai Panduan Pelatihan bagi Trainer. Yogyakarta: Kanisius.

Yakan, Muna Hadad. 1990. Hati-hati Terhadap Media yang Merusak Anak. Jakarta: Gema Insani Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.