PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI DI PANTI ASUHAN SOS CHILDREN’S VILLAGE KABUPATEN ACEH BESAR

Lisa . Fatmatya, Bahrun . ., Rosmiati . .

Abstract


Sosial emosional anak merupakan kemampuan anak dalam mengelola emosi dan bertingkah laku, baik verbal maupun non verbal dalam berinteraksi dengan orang lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perkembangan sosial emosional anak usia dini yang berusia 4-6 tahun di panti asuhan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian studi kasus. Analisis data menggunakan metode deskriptif kualitatif. Responden dalam penelitian ini adalah 5 orang ibu di panti asuhan SOS Children’s Village Kabupaten Aceh Besar. Data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perkembangan sosial emosional anak usia dini di panti asuhan bervariasi yang dipengaruhi oleh latar belakang anak, seperti anak yang menjadi korban perceraian orangtua, anak yatim, piatu dan lainnya sehingga kurangnya perhatian mengenai pertumbuhan dan perkembangan anak. Perkembangan sosial emosional anak pada aspek kesadaran diri anak sudah menunjukkan sikap mandiri (anak sudah mampu menggunakan peralatan makan, memakai dan melepas baju sendiri, pergi ke sekolah tidak perlu diantar oleh ibu). Pada aspek rasa tanggung jawab pada diri sendiri dan orang lain menunjukkan anak sudah mengetahui cara membersihkan diri dan menjaga kebersihan lingkungan (mengosok gigi, mandi, membuang sampah pada tempatnya dan bergotong royong) dan anak bertanggung jawab ketika berbuat kesalahan. Pada aspek sikap prososial menunjukkan anak saling menghargai satu sama lain (menghargai orang yang lebih tua dari anak dan menyayangi adik dan teman sebaya), mau berbagi makanan dan suka menolong teman yang membutuhkan pertolongan.

References


Anugraha Fitri, Bella & Zaujatul Amna. 2016. Psychological Well-Being pada Remaja Panti Asuhan di Kota Banda Aceh. Gender Equality: International Journal of Child and Gender Studies. Vol. 2, No. 1.

Hurlock, Elizabeth B. 1980. Psikologi Perkembangan (Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan). Jakarta: Erlangga.

Mashar, Riana. 2011. Emosi Anak Usia Dini dan Strategi Pengembangannya. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

________. 2014. Undang-undang Republik Indonesia nomor 35 tahun 2014 tentang perubahan atas undang-undang nomor 23 tahun 2002 tentang perlindungan anak. Jakarta: Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia.

________. 2002. Undang-Undang Republik Indonesia tentang Perlindungan Anak. Jakarta: Pemerintah Republik Indonesia.

_________. 2014. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta: Depkes.

________. 2017. Provinsi Aceh (Aceh Province in Figures) Dalam Angka 2017. Badan Pusat Statistik Provinsi Aceh.

Sugiyono. 2012. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.