MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BAHASA ANAK MELALUI METODE BERMAIN PERAN DI TK IT HAFIZUL’ILMI ACEH BESAR.

Ria . Estikawati, Amsal . Amri, Israwati . .

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan bahasa anak usia 5-6 tahun dengan menggunakan metode bermain peran di TK IT Hafizul’Ilmi Aceh Besar. Kemampuan bahasa yang dimaksud dalam penelitian ini ialah kemampuan anak memahami bahasa: mengerti beberapa perintah secara bersamaan, mengulang kalimat yang lebih kompleks, memahami aturan dalam sebuah permainan, serta senang dan menghargai bacaan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian sebanyak  9 orang anak usia 5-6 tahun pada kelompok B di TK IT Hafizul’Ilmi Aceh Besar. Data penelitian ini dikumpulkan dengan teknik observasi dan dianalisis secara deskriptif kualitatif. Mengembangkan kemampuan bahasa anak mengalami perkembangan yang dilakukan melalui metode bermain peran di TK IT Hafizul’Ilmi Aceh Besar. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah dengan metode bermain peran, kemampuan bahasa anak berkembang yaitu anak dapat mengulang kalimat yang lebih kompleks serta senang dan menghargai bacaan. Hal ini ditunjukkan pada setiap siklusnya, pada siklus I pertemuan pertama: 1) BSB; belum terlihat, 2) BSH; 1 anak, 3) MB; 5 anak, 4) BB; 3 anak. Pertemuan kedua: 1) BSB; belum terlihat, 2) BSH; 2 anak, 3) MB; 6 anak, 4) BB; 1 anak. Pada siklus II pertemuan pertama: 1) BSB; 2 anak, 2) BSH; 5 anak, 3) MB; 2 anak, 4) BB; sudah tidak terlihat. Pertemuan kedua: 1) BSB; 5 anak, 2) BSH; 3 anak, 3) MB; 1 anak, 4) BB; sudah tidak terlihat.

References


Dhinie, Nurbina dkk. 2014. Metode Pengembangan Bahasa. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Fadlillah, Muhammad. 2012. Desain Pembelajaran PAUD. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Hurlock, Elizabeth B. 1980. Psikologi Perkembangan. (Terjemahan Istiwidayanti & Seodjarwo) Jakarta: Erlangga.

Kemendikbud. 2014. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 137 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini (Lampiran I Standar Isi tentang Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak). Jakarta: Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Madyawati, Lilis. 2016. Strategi Pengembangan Bahasa pada Anak. Jakarta: Kencana.

Suhartono. 2005. Pengembangan Keterampilan Bicara A

nak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas.

Susanto, Ahmad. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini: Pengantar dalam Berbagai Aspeknya. Jakarta. Kencana.

Trianto. 2011. Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik (Bagi Anak Usia Dini TK/RA & Anak Kelas Awal SD/MI). Jakarta: Kencana.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.