PENGARUH KOMPETENSI GURU PAUD TERHADAP KUALITAS PEMBELAJARAN DI KECAMATAN NISAM KABUPATEN ACEH UTARA

Putri . Afdhaliah, Amsal . Amri, bahrun . .

Abstract


Idealnya seorang guru PAUD memiliki empat kompetensi yaitu kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial dan profesional, akan tetapi realita yang terjadi di lapangan bahwasanya masih banyak terdapat guru yang belum memenuhi empat kompetensi tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi guru PAUD terhadap kualitas pembelajaran di Kecamatan Nisam. Jenis penelitian ini menggunakan study kasus dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru PAUD yang berjumlah 4 orang guru. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah teknik analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi yang belum dimiliki oleh setiap guru PAUD di kecamatan nisam adalah kompetensi profesional dan kompetensi pedagogik, guru yang belum memenuhi kompetensi profesional tersebut dalam proses pembelajaran  belum bisa memahami bahwa setiap anak mempunyai tingkat kecepatan pencapaian perkembangan yang berbeda, tidak memiliki keterampilan dalam memberikan rangsangan pada setiap aspek perkembangan dan tidak meningkatkan keterlibatan orangtua anak dalam program di lembaga. Guru yang belum memenuhi kompetensi pedagogik dalam proses pembelajaran tidak merencanakan dan menyusun kegiatan harian, mingguan dan bulanan serta tidak menggunakan metode pembelajaran melalui bermain sesuai dengan karakteristik anak, dan tidak menggunakan media yang sesuai dengan kegiatan/tema dan kondisi anak. Faktor lain yang mempengaruhi kualitas pembelajaran adalah modal kesiapan guru, pengalaman mengajar seorang guru serta kedisiplinan waktu dalam melaksanakan proses pembelajaran.

Kata Kunci: Kompetensi Guru, Kualitas Pembelajaran.


References


Indrawati, Iis. 2015. Perbedaan Kinerja Guru Taman Kanak-Kanak yang bersertifikat dan tidak bersertifikat Pendidik Profesional. Jurnal Pendidikan Guru PAUD. Edisi 5.

________. 2008. Peraturan Pemerintah No.74 tentang Guru. Jakarta: Pemerintah Republik Indonesia.

________. 2014. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 137 Pasal 25 tentang Standar pendidik dan Tenaga Kependidikan. Jakarta: Depkes.

________. 2005. Undang-Undang No. 14 tentang Guru dan Dosen. Jakarta: Pemerintah Republik Indonesia.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan ( Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.