MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI MELALUI METODE BERMAIN KOOPERATIF DI PAUD IT MINA KABUPATEN ACEH BESAR.

Ira . Rahayu, Fakhriah . ., Dina . Amalia

Abstract


Penelitian ini mengangkat masalah keterampilan sosial emosional anak usia 4-5 tahun ketika bermain. Sosial emosional perlu dikembangkan pada anak usia dini agar kelak anak menjadi generasi yang tidak anti sosial, salah satunya melalui metode bermain kooperatif. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perkembangan keterampilan sosial emosional anak usia dini melalui bermain kooperatif di PAUD IT Mina Kabupaten Aceh Besar. Metode penelitian ini deskriptif kualitatif dengan pendekatan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah kelompok A anak usia 4-5 tahun yang berjumlah 11 orang anak. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan unjuk kerja. Peneliti menggunakan metode bermain kooperatif dengan kegiatan bermain bendera estafet. Ketika melakukan permainan bendera estafet ini, peneliti memisah anak menjadi dua kelompok yang terdiri dari 4 orang dan masing-masing anak bertanggung jawab memberikan bendera kepada teman yang lain secara estafet. Hasil yang diperoleh dalam pelitian ini adalah keterampilan sosial emosional anak berkembang dengan menggunakan bermain kooperatif bendera estafet. Hal ini ditunjukkan dengan hasil tindakan pada siklus II, anak telah mampu untuk mematuhi peraturan, tanggung jawab dan kerja sama dengan mendapatkan 3 atau 4 bintang sebanyak 6 orang anak. Agar dapat mengembangkan keterampilan sosial emosional anak, disarankan kepada guru agar dapat menggunakan metode bermain kooperatif ini dalam pembelajaran.

Kata Kunci: Sosial Emosional, Bermain Kooperatif, Anak Usia Dini.

References


Depdiknas. 2014. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta: Depdiknas.

Dimyati dan Moedjiono. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta. Rineka Cipta.

Hurlock B., Elizabeth. 1978. Perkembangan Anak (Edisi Keenam). Jakarta. Erlangga.

Moeslichaton. 2004. Metode Pengajaran di Taman Kanak-kanak. Jakarta. Rineka Cipta.

Purnama, Anindya. 2015. Efektivitas Permainan Kooperatif Merancang Gambar untuk Meningkatkan Keterampilan Siswa TK A Bas Tuban. Jurnal Psikologi Tabularasa (Online), Volume 10, Nomor 2, (Tuban: Universitas PGRI Ronggolawe Tuban), hlm, 201-212, http:/jurnal.unmer.ac.id/index.php/jpt/article/download/1402/902/. Diakses tanggal 13 Januari 2018.

Tedjasaputra H., Mayke. 2001. Bermain, Mainan dan Permainan. Jakarta. PT Gramedia Sarena Indonesia (Grasindo).

Suyadi. 2010. Psikologi Belajar PAUD. Yogyakarta: Pedagogia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.