MENGEMBANGKAN KECERDASAN LOGIS MATEMATIS ANAK MELALUI PERMAINAN CONGKLAK ANGKA DI TK IT PERMATA SUNNAH BANDA ACEH

Ditha . Ramadhani, Fakhriah . ., Yuhasriati . .

Abstract


Kecerdasan Logis Matematis adalah kemampuan anak dalam mengklasifikasikan benda berdasarkan bentuk, ukuran, mengelompokkan 2 variasi, dan mengenal pola. Permainan congklak angka terbuat dari sangkak telur yang berbahan plastik disetiap lubang congklak ditancapkan pamplet angka dan gambar. Anak pada penelitian ini anak kelas TK A berumur 4-5 tahun pada TK IT Permata Sunnah Banda Aceh. Permasalah yang terjadi di TK IT Permata Sunnah Banda Aceh pada saat pembelajaran berlangsung tentang logis matematis terlalu berpusat kepada menulis angka secara berulang, sehingga membuat anak merasa bosan dan tidak memahami apa yang ditulisnya dan anak juga tidak paham bahwa sebenarnya bukan hanya angka yang ada di dalam logis matematis tetapi juga berupa mengklasifikasikan benda berdasarkan bentuk, ukuran, mengelompokkan 2 variasi, juga mengenal pola. Selain itu pembelajaran untuk mengembangkan logis matematis tidak menggunakan media, karena kurangnya media-media di dalam sentra tentang logis matematis, sehingga semakin membuat anak tidak memahami pembelajaran tentang logis matematis. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana mengembangkan kecerdasan logis matematis anak melalui Permainan Congklak Angka di TK IT Permata Sunnah Banda Aceh? Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kecerdasan logis matematis anak melalui Permainan Congklak Angka di TK IT Permata Sunnah Banda Aceh. Penelitian ini mengunakan metode deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas, dilakukan dalam 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah seluruh anak kelas TK A  usia 4-5 tahun yang berjumlah 15 orang anak di antaranya 7 anak laki-laki dan 8 anak perempuan. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan unjuk kerja. Kegiatan permainan congklak angka pada penelitian ini dilakukan dengan cara yaitu: 1) menyanyikan lagu, 2) memberi contoh memainkan congklak angka, 3) membuat aturan permainan congklak angka, 4) memainkan congklak angka yang di maksud dalam penelitian. Hasil yang diperoleh tentang kecerdasan logis matematis anak telah berkembang, dan mematuhi peraturan permainan, dengan mendapatkan 3 atau 4 bintang sebanyak 13 orang anak.

Full Text:

PDF

References


Ahmad, Anizar. 2012. Bermain dan Permainan Anak Usia Dini. Banda Aceh: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala.

Arikunto, Suharsimi,dkk. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi aksara.

Moeslihatoen, R. 2001. Metode Pembelajaran di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Renika Cipta.

Mutiah, Diana. 2010. Psikologi Bermain Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 137 tahun 2014. Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. Indonesia.

Triyuda, Devi, dkk. 2012. Skripsi. Mengenalkan Kemampuan Berhitung Melalui Permainan Tradisional Congklak Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Pontianak: Universitas Tanjungpura

Yaumi, Muhammad. 2013. Kecerdasan Jaman (Multiple Intelligences). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Yus, Anita. 2011. Penilaian Perkembangan Belajar Anak Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Kencana Prenada Media


Refbacks

  • There are currently no refbacks.