Persepsi Ibu terhadap Imunisasi Dasar pada Anak Batita di Desa Paya Tungel Kecamatan Jagong Jeget Kabupaten Aceh Tengah

Fithri . Jauhari, Laili . Suhairi, Fakhriah . .

Abstract


Pada masa batita anak masih rentan terkena suatu penyakit yang berbahaya. Imunisasi dasar merupakan pemberian vaksin imunisasi yang terdiri dari BCG (bacillus celmette-guerin), DPT (difteri, pertusis dan tetanus), polio, campak, dan hepatitis b sebelum anak berusia satu tahun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi ibu terhadap imunisasi dasar pada anak batita di desa Paya Tungel Kecamatan Jagong Jeget Kabupaten Aceh Tengah. Penelitian ini  menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi, wawancara, dan observasi. Pengambilan subjek penelitian menggunakan teknik purposive sampeling. Subjek penelitian berjumlah 5 orang ibu yang memiliki anak batita. Hasil penelitian menunjukan pada umumnya ibu membawa anak batita ke posyandu dan sudah mendapatkan imunisasi dasar lengkap. Persepsi ibu terhadap imunisasi dasar ditinjau dari efek samping yang timbul setelah pemberian imunisasi baik melalui oral maupun suntik adalah panas. Tindakan yang dilakukan untuk mengurangi efek samping dengan memberi obat parasetamol baik sebelum maupun sesudah imunisasi dan mengompres anak. Hanya 20% ibu yang mengetahui fungsi, jumlah pemberian imunisasi dan usia pemberian vaksin imunisasi BCG, DPT, hepatitis b, polio, dan campak. Penyakit yang dapat dicegah adalah polio, campak, cacar, dan hepatitis. Persepsi ibu terhadap keamanan vaksin, ibu percaya vaksin imunisasi aman dan terbuat dari bahan yang halal meskipu  ibu tidak mengetahui bahan yang digunakan untuk pembuatan vaksin. Dapat disimpulkan, ibu-ibu di Desa Paya Tungel Kecamatan Jagong Jeget memiliki persepsi bahwa imunisasi dasar penting untuk kesehatan anak.


Full Text:

PDF

References


Isamainar, Hetty. 2015. Manajemen Unit Kerja: untuk Rekam Medis dan Informatika Kesehatan Ilmu Kesehatan Masyarakat Keperawatan dan Kebidanan. Yogyakarta: Deepublish.

Lisnawati, Lilis. 2011. Generasi Sehat Melalui Imunisasi. Jakarta: CV Trans Invo Media.

Mianoki, Andika. 2013. Imunisasi dalam Pandangan Medis Majalah Kesehatan Muslim Antara Tawakal dan Pengobatan Edisi 3. Yogyakarta: Pustaka Muslimah.

Sunaryo, 2004. Psikologi untuk Keperawatan. Jakarta: EGC.

Supartini, Yupi. 2002. Konsep Dasar Keperawatan Anak. Jakarta: EGC.

Wardani, Dian Palupi Kusuma dkk. 2015. Hubungan Persepsi dengan Perilaku Ibu Membawa Balita ke Posyandu, (Online), Volume 5, No 1, (ojs. akbid ylpp. ac. id. diakses 17 Agustus 2017).

Wulandari, Dewi. 2017. Pengetahuan dan Persepsi Ibu yang Menolak Pemberian Imunisasi Dasar Balita. Indonesia Jurnal On Medical Science, (Online), Vol 4, No 1, (ejournal. ijmsbm. org. diakses 28 April 2018).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.