PERKEMBANGAN KEMAMPUAN BERBAHASA ANAK MELALUI METODE BERMAIN PERAN DI TK IT PERMATA SUNNAH DESA RUKOH KOTA BANDA ACEH

Nurul . Rizki, Bahrun . ., Yuhasriati . .

Abstract


Kemampuan berbahasa anak yang harus dimiliki anak usia 5-6 tahun dapat berkomunikasi secara lisan dan dapat mengungkapkan ide serta perasaan pada orang lain, memiliki perbendaharaan kata, serta mengenal simbol-simbol untuk persiapan membaca, menulis, dan berhitung, menjawab pertanyaan yang lebih komplek, menyusun kalimat sederhana,  dan dapat menceritakan kembali isi cerita yang di dengarkan. Kenyataan di lapangan anak usia 5-6 tahun pada TK B IT Permata Sunnah, mengalami kesulitan dalam berkomunikasi, tidak bisa menceritakan kembali isi cerita yang sudah didengarnya, kurangnya minat untuk menunjukan perilaku senang membaca buku, tidak bisa menyusun kalimat sederhana. Penelitian ini dengan tujuan untuk mengetahui perkembangan kemampuan berbahasa anak dengan metode bermain peran pada anak usia 5-6 tahun di TK IT Permata Sunnah. Penelitian ini tergolong penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan tindakan kelas dan penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Subjek dalam penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun yang berjumlah 15 orang anak, terdiri dari 10 laki-laki dan 5 perempuan. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi. Kegiatan bermain peran dilakukan dengan cara 1) mengajak anak-anak untuk menonton video bermain peran, 2) memberitahukan topik dan peran yang akan dimainkan, 3) mempraktekkan peran di depan, 4) melaksanakan kegiatan bermain peran. Hasil penelitian tentang  kemampuan bahasa anak dalam 3 kali pertemuan telah berkembang dengan baik yaitu anak dapat berkomunikasi secara lisan, anak dapat menyampaikan ide-ide serta pendapat melalui bahasa verbal maupun nonverbal, kemampuan anak dalam menjawab pertanyaan yang lebih komplek sudah baik serta mampu menceritakan isi cerita yang didengarnya. Disimpulkan bahwa melalui metode bermain peran dapat mengembangkan kemampuan berbahasa anak di TK IT Permata Sunnah Desa Rukoh Kecamatan Syiah Kuala Kota Banda Aceh.

References


Permendikbud No. 137. 2014. Standar Isi Pencapaian Perkembangan Anak. Jakarta : Depdikbud.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suyanto, Slamet. 2005. Konsep-konsep Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Tauho, M, Heldai. 2014. Skripsi. Peningkatan Kemampuan Berbahasa Anak Melalui Metode Bermain Peran Pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK B Kristen 03 Eben Haezer Salatiga Tahun Pelajaran 2014/2015. Salatiga: Universitas Kristen Satya Wacana.

Rumilasari, Putu, Dessy, Ni dkk. 2016. Pengaruh Metode Bermain Peran (Role Playing) Terhadap Kemampuan Bicara Pada Anak Kelompok A. Universitas Pendidikan


Refbacks

  • There are currently no refbacks.