PERBANDINGAN KECERDASAN VISUAL-SPASIAL MAHASISWA UKM PECINTA ALAM DENGAN MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN GEOGRAFI UNIVERSITAS SYIAH KUALA

Mulyani Mulyani, Abdul Wahab Abdi, Mirza Desfandi

Abstract


Kecerdasan merupakan suatu potensi yang dibawa manusia sejak lahir dan dapat dikembangkan. Salah satu potensi kecerdasan yang dimiliki manusia adalah kecerdasan visual-spasial yaitu kemampuan untuk dapat memvisualisasikan gambar dan ruang secara akurat di dalam pikiran. Upaya untuk mengembangkan kecerdasan visual-spasial dapat dilakukan dengan mengikuti pendidikan formal atau bergabung ke dalam organisasi non-pendidikan, seperti Jurusan Pendidikan Geografi dan UKM Pecinta Alam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan kecerdasan visual-spasial mahasiswa UKM Pecinta Alam dengan mahasiswa Jurusan Pendidikan Geografi Universitas Syiah Kuala. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian komparatif. Populasi penelitian adalah mahasiswa yang terlibat dalam UKM Pecinta Alam Leuser serta UKM Pecinta Alam pada lima fakultas dalam lingkungan Universitas Syiah Kuala serta seluruh mahasiswa Jurusan Pendidikan Geografi angkatan 2015-2017. Teknik pengambilan sampel menggunakan Teknik Purposive Sampling dengan diambil 25% dari jumlah total mahasiswa angkatan 2015-2017 sehingga jumlah sampel mahasiswa Jurusan Pendidikan Geografi 38 mahasiswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes. Data diolah dengan menggunakan uji-t sehingga hasil dalam pengolahan data diperoleh thitung = 2,85 dan ttabel= 2,39 pada taraf signifikansi 1% dengan dk = 74 artinya thitung>ttabelsehingga Haditerima. Dapat diambil kesimpulan bahwa kecerdasan visual-spasial mahasiswa UKM Pecinta Alam lebih baik dari pada mahasiswa Jurusan Pendidikan Geografi Universitas Syiah Kuala.


Full Text:

PDF

References


Ali, Noor Rochmad. 2015. Analisis Konsep Howard Gardner Tentang Kecerdasan Majemuk (Multiple Intelligences) dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran yang Sesuai dengan Perkembangan Anak di TK Alam Alfa Kids Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi. Semarang: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan. Universitas Islam Negeri Walisongo.

Aliman, Muhammad., Mutia, Tuti., dan Yustesia, Arisius. 2018. Integritas Kebangsaan dalam Tes Berpikir Spasial. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Geografi FKIP UMP. Hal. 82-89.

Arifmiboy. 2016. Multiple Intelligences: Mengoptimalkan Kecerdasan Anak sebagai Upaya dalam Mempersiapkan Generasi Emas Masa Depan. Prosiding Seminar Internasional FKIP. Hal 69-84.

Caesari, Yasinta Karina., Listiara, Anita., dan Ariati, Jati. 2013. Kuliah versus Organisasi Studi Kasus Mengenai Strategi Belajar pada Mahasiswa yang Aktif dalam Organisasi Mahasiswa Pecinta Alam Universitas Diponegoro. Jurnal Psikologi, Vol 12 (2). Hal. 165-174.

Chatib, Munif. 2012. Sekolah Anak-Anak Juara: Berbasis Kecerdasan Jamak dan Pendidikan Berkeadilan. Bandung: Kaifa Publishing.

Daulay, Nurussakinah. 2015. Psikologi Kecerdasan Anak. Medan: Perdana Publishing.

Dalyono, M. 2015. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Gardner, Howard. 2013. Multiple Intelligences. Cetakan Kesatu. Terjemahan oleh Yelvi Andri Zaimur. Batam: Daras Books.

Raharjo, Andreas Teguh. 2010. Hubungan Antara Multiple Intelligence dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas XI di SMA Negeri 10 Malang. Jurnal Psikologi, Vol 5 (2). Hal.311-322.

Sanusi, Achmad. 2016. Pendidikan Untuk Kearifan: Mempertimbangkan Kembali Sistem Nilai, Belajar, Dan Kecerdasan. Bandung: Nuansa.

Sugiyono, 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Surya, Sutan. 2010. Melejitkan Multiple Intelligence Anak Sejak Dini. Yogyakarta: Andi Offset.

Warsani, Henki. 2016. Pengaruh Minat dan Motivasi Belajar dalam Pembelajaran Geografi Terhadap Kecerdasan Spasial Peserta Didik SMA Negeri Di Kabupaten Kuantan Singingi. Skripsi. Jakarta: Universitas Pendidikan Indonesia.

Zubaidi, Ahmad. 2009. Tes Inteligensi. Jakarta: Mitra Wacana Media.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Geografi

Organized by Jurusan S1 Pendidikan Geografi FKIP Universitas Syiah Kuala
Published by Universitas Syiah Kuala
Website : http://jim.unsyiah.ac.id/geografi
Email     : jimpgeo@fkip.unsyiah.ac.id

INDEXING BY: