PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE LEARNING TOGETHER DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA SMP NEGERI 3 INGIN JAYA

Khairun Nisak, Thamrin Kamaruddin, Abdul Wahab Abdi

Abstract


Penelitian ini berjudul penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Learning Together dengan menggunakan media animasi untuk meningkatkan hasil belajar IPS Terpadu siswa SMP Negeri 3 Ingin Jaya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah untuk melihat apakah ada peningkatan terhadap hasil belajar siswa, aktifitas guru dan siswa, keterampilan guru dan bagaimana respon siswa terhadap pembelajaran. Tujuan dalam penelituan ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa, aktifitas guru dan siswa, keterampilan guru dan respon siswa terhadap pembelajaran. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dalam bentuk penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Ingin Jaya yang berjumlah 20 siswa. Data dikumpulkan melalui tes, observasi dan angket. Analisis data menggunakan statistik deskriptif persentase. Hasil pengolahan data memperlihatkan bahwa ketuntasan individual pada siklus I sebanyak 50%, klasikal 40%. Pada siklus II ketuntasan individual meningkat menjadi 74%. Klasikal 60%. Selanjutnya pada siklus III ketuntasannya meningkat menjadi 95% secara individual dan secara klasikal menjadi 90%. Aktivitas guru dan siswa pada siklus I terdapat 8 aktifitas yang sesuai, pada siklus II aktifitas yang sesuai menjadi 9 dan pada siklus III meningkat menjadi 11. Keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran pada siklus I diperoleh skor 2,3 dengan kategori sedang, pada siklus II meningkat menjadi 3,1 dengan kategori baik dan pada siklus III menjadi 3,9 dengan kategori sangat baik. Respon siswa pada umumnya baik, sebanyak 95% siswa di Kelas VIII menyatakan dapat memahami, termotivasi, menyenangkan dan dapat menjawab soal evaluasi. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa model Learning Together dengan menggunakan media animasi dapat meningkatkan hasil belajar IPS Terpadu siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Ingin Jaya.


Full Text:

PDF

References


Arsyad, A. 2010. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Kemendikbud.2015. Panduan Penilaian Untuk Sekolah Menengah Pertama (SMP). Jakarta: Kemendikbud.

Kunandar. 2012. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Rahyubi, Heri. 2012. Teori-Teori Belajar dan Aplikasi Pembelajaran Motorik. Bandung: Nusa Media.

Rahman, Muhammad dan Sofan Amri. 2014. Model Pembelajaran Learning Together Terintegratif dalam Teori dan Praktik Untuk Menunjang Penerapan Kurikulum 2013. Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya

Sanjaya, Wina. 2011. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Geografi

Organized by Jurusan S1 Pendidikan Geografi FKIP Universitas Syiah Kuala
Published by Universitas Syiah Kuala
Website : http://jim.unsyiah.ac.id/geografi
Email     : jimpgeo@fkip.unsyiah.ac.id

INDEXING BY: