PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THE POWER OF TWO BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI PESERTA DIDIK KELAS X IPS SMA NEGERI I LEMBAH SEULAWAH

Irma Liana, Daska Azis, Mirza Desfandi

Abstract


Model pembelajaran Kooperatif Tipe The Power Of Two, Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui (1) Peningkatan hasil belajar Peserta didik; (2) Aktivitas guru dan siswa; (3) Keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran; (4) Respon siswa terhadap pembelajaran. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Lembah Seulawah dengan jumlah 21 peserta didik. Pengumpulan data penelitian menggunakan lembar tes yaitu pre-test dan post-test, instrumen aktivitas guru dan siswa, instrumen keterampilan guru terhadap pembelajaran, dan angket respon siswa terhadap pembelajaran. Analisis data menggunakan statistik desktriptif persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) Ketuntasan individual pada siklus I sebesar 38%, menjadi 67% pada siklus II dan 95% pada siklus III. Ketuntasan klasikal pada siklus I sebesar 33%, menjadi 50% siklus II, dan 92% pada siklus III. (2) Aktivitas guru dan siswa meningkat dari 7 aktivitas yang sesuai pada siklus I, menjadi 11 aktivitas pada siklus II, dan 12 aktivitas pada siklus III. (3) Keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran meningkat dari 2,5 berkategori sedang pada siklus I, menjadi 3,2 berkategori baik pada siklus II, dan 3,7 berkategori sangat baik pada siklus III. (4) Respon siswa sebanyak 93,3% siswa menjawab “Ya” bahwa penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe The Power Of Two berbantuan media Audio Visual merupakan model yang menyenangkan untuk diterapkan dan membantu peserta didik memperoleh peningkatan hasil belajar karena peserta didik lebih mudah memahami materi pelajaran dan membuat peserta didik lebih bersemangat untuk mengikuti pelajaran.


Full Text:

PDF

References


Badrudin. 2014. Konsep Manajemen Peserta Didik. Jakarta: CV Indeks

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2015. Panduan Penilaian Untuk Sekolah Menengah Pertama. Jakarta : Biro Hukum Dan Kementrian Organisasi Pendidikan Dan Kebudayaan

Mulyasa, E. 2013. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Pamungkas, Bayu Singgih. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Dengan Tipe The Power Of Two Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Sosiologi Kelas X IPS 3 SMA Batik 1 Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016.

Sudijono, Anas. 2010. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT Rajawali Press.

Suryosubroto, B. 2009. Proses Belajar Mengajar Di Sekolah. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Tampubolon, Saur. 2014. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Erlangga.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Geografi

Organized by Jurusan S1 Pendidikan Geografi FKIP Universitas Syiah Kuala
Published by Universitas Syiah Kuala
Website : http://jim.unsyiah.ac.id/geografi
Email     : jimpgeo@fkip.unsyiah.ac.id

INDEXING BY: