HUBUNGAN PENGETAHUAN GREEN CAMPUS DENGAN GREEN BEHAVIOUR MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN GEOGRAFI FKIP UNSYIAH

Fathnun Nadhila, Daska Azis, M Hafizul Furqan

Abstract


Permasalahan lingkungan muncul dan berdampak dari perilaku manusia yang tidak memelihara kelestarian lingkungan. Keadaan tersebut tercermin pada masyarakat, termasuk dikalangan mahasiswa. Universitas telah menerapkan program peduli lingkungan dengan nama Green Campus. Program green campus diharapkan dapat melahirkan insan-insan yang memiliki perilaku berwawasan lingkungan/green behaviour. Green behaviour merupakan salah satu karakter yang sangat penting dalam membangun kepedulian terhadap lingkungan sekitarnya. Dalam hal ini kampus atau universitas sebagai role model dalam menjalankan program penjagaan lingkungan, dan menjadi contoh bagi masyarakat sekitar. Rumusan masalah dalam penelitian ini bagaimanakah hubungan antara pengetahuan green campus dengan green behaviour mahasiswa Jurusan Pendidikan Geografi FKIP Unsyiah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan green campus dengan green behaviour mahasiswa Jurusan Pendidikan Geografi FKIP Unsyiah.  Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Sampel penelitian ini terdiri dari 46 mahasiswa yang diambil dengan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengen pemberian angket. Analisis data menggunakan aplikasi SPPS versi 26. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka dapat disimpulkan bahwa pengetahuan green campus berhubungan dengan green behaviour pada mahasiswa Jurusan Pendidikan Geografi FKIP Unsyiah. Dimana hasil angka korelasi sebesar 0,604 artinya pengaruh variabel X terhadap Y tergolong kategori sedang. Hubungan ini ditandai dari nilai Sig 0,000 < 0,05. Jika dilihat angka determinansi sebesar 0,365 yang jika dipersentasekan maka hubungan kedua variabel tersebut sebesar 36,5% dan sisanya 63,5% dipengaruhi oleh yang lain. Simpulan ialah terdapat hubungan pengetahuan green campus dengan green behaviour mahasiswa Jurusan Pendidikan Geografi FKIP Unsyiah.


Full Text:

PDF

References


Desfandi, Mirza. 2015. Mewujudkan Masyarakat Berkarakter Peduli Lingkungan Melalui Program Adiwiyata. Jurnal Social Science Education. 2(1), 32-37.

Husain. 2008. Manajemen Teori Praktik dan Riset Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Lickona, Thomas. 2012. Educating For Character. Jakarta: Bumi Aksara.

Soemarno, M.S. 2011. Sampah Jangan Dibakar Banyak Mudhoratnya. Diabstraksikan oleh Bahan kajian MK Filsafat Lingkungan PDKLP PPSUB.

Sugiyono. 2013. Statistik untuk Penelitian, Bandung: Alfabeta.

Umar. 2002. Metode Penelitian Aplikasi dan Pemasaran. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Geografi

Organized by Jurusan S1 Pendidikan Geografi FKIP Universitas Syiah Kuala
Published by Universitas Syiah Kuala
Website : http://jim.unsyiah.ac.id/geografi
Email     : jimpgeo@fkip.unsyiah.ac.id

INDEXING BY: