PERBANDINGAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACIEVEMENT DIVISION DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF QUIZ TEAM PADA KELAS X SMA NEGERI 16 BANDA ACEH

. Muhsinah, Syamsul Bardi, Thamrin Kamaruddin

Abstract


Pemilihan model pembelajaran yang tepat dapat berdampak positif terhadap hasil belajar geografi siswa. Salah satunya adalah model quiz team dan STAD. Penelitian yang berjudul ”Perbandingan Hasil Belajar Geografi Siswa yang Menggunakan Model Quiz Team dengan Student Team Achievement Division pada kelas X IPS di SMA Negeri 16 Banda Aceh”. Penelitian ini  bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar siswa dan mana yang lebih baik dari kedua model yang diterapkan. Sementara itu, hipotesis dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran quiz team lebih baik dibandingkan dengan menggunakan model pembelajaran student team achievement division pada kelas X IPS di SMA Negeri 16 Banda Aceh. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPS SMA Negeri 16 Banda Aceh yang berjumlah 67 siswa. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X IPS1 yang berjumlah 16 orang, dan X IPS2 sebanyak 15 orang yang diambil menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data berupa pree test dan post test. Berdasarkan analisis data hasil penelitian, nilai rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan model quiz team adalah 73,25, sedangkan hasil belajar  siswa yang menggunakan model student team achievement division adalah 72,15. Teknik pengolahan data dilakukan dengan uji-t dengan hasil pengolahan data post test diperoleh nilai thitung = 2,04 dan nilai ttabelpada taraf signifikansi 5%(Uji satu pihak) dan derajat kebebasan t adalah (N1 + N2 - 2) adalah ttabel= 1,68. Berdasarkan hipotesis penelitian jika nilai thitungttabelmaka Haditerima yang artinya hipotesis yang diajukan terbukti bahwa hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajarann quiz team lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran student team achievement division

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi.2005. Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktek). Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik, Oemar. 2009. Metode Evaluasi dan Kesulitan-kesulitan Belajar. Bandung: Tarsito.

Ibrahim,M, .2000.Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: Unesa Press.

Istarani. 2011. 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada.

Isjono. 2010. Cooperatif Learning Efektivitas Pembelajaran Kelompok. Bndung: Alfabeta.

Sudjana. 2002. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.

Sugiyono. 2014. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Suyono, Hariyanto. 2012. Belajar dan Pembelajaran (Teori dan Konsep Dasar). Jakarta: PT. Remaja Rosdakarya.

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.