PEMANFAATAN MUSEUM TSUNAMI SEBAGAI SUMBER BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA TUNA RUNGU KELAS X-B SMALB BUKESRA BANDA ACEH

Mawardy ., Abdul Wahab Abdi, Amsal Amri

Abstract


Penelitian yang berjudul Pemanfaatan Museum Tsunami Aceh sebagai Sumber Belajar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Geografi Siswa Tuna Rungu Kelas X-B SMALB Bukesra Banda Aceh ini mengangkat masalah apakah dengan pemanfaatan Museum Tsunami Aceh sebagai sumber belajar dapat meningkatkan hasil belajar geografi siswa tuna rungu kelas X-B SMALB Bukesra Banda Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui pemanfaatan Museum Tsunami Aceh sebagai sumber belajar, Aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran, Keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran, Respon siswa. Anggapan dasar dalam penelitian ini yaitu Museum Tsunami Aceh merupakan salah satu sumber belajar untuk meningkatkan hasil belajar geografi siswa tuna rungu SMALB Bukesra Banda Aceh. Dalam penelitian ini hipotesis yang diajukan adalah Museum Tsunami Aceh dimanfaatkan sebagai sumber belajar untuk meningkatkan hasil belajar geografi oleh siswa tuna rungu SMALB Bukesra Banda Aceh. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa SMALB Bukesra Banda Aceh kelas X-B (tuna rungu) Tahun Pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 46 siswa (berbagai ketunaan) dengan sampel sebanyak 15 siswa tuna rungu. Teknik pengumpulan data yaitu dengan angket. Pengolahan data penelitian menggunakan rumus statistic sederhana. Mengingat pemanfaatan Museum Tsunami sebagai sumber belajar dapat meningkatkan hasil belajar geografi siswa tuna rungu kelas X-B pada kompetensi dasar menyajikan contoh penerapan mitigasi dan cara beradaptasi terhadap bencana alam di lingkungan masyarakat sekitar. Maka disarankan kepada guru mata pelajaran geografi untuk memanfaatkan Museum Tsunami sebagai sumber belajar pada materi yang dianggap sesuai dengan model tersebut.


Full Text:

PDF

References


Abdullah sani, Ridwan. 2013. Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara

Ali, Muhammad.2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Edisi Ke Empat. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

Arikunto, dkk. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

------------. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur penelitian.Jakarta: Rhineka Cipta

Arsyad, Azhar. 2010. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Danasasmita. 2009. Metodelogi Pembelajaran Bahasa Jepang. Bandung: Upi Press

Daryanto. 2010. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Djamarah, dkk. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

E. Slavin, Robert. 2009. Cooperative Learning. Bandung: Nusa Media

Hamalik, Oemar. 2008. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara

Isjoni, 2009. Cooperative Learning Efektivitas Pembelajaran Kelompok. Bandung: Alfabeta

Muslich, Masnur. 2009. Melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas itu Mudah. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Ngalimun, 2012. Strategi dan Model Pembelajaran.Banjarmasin: Scripta Cendekia.

Nurhadi, dkk. 2003. Pembelajaran Kontekstual (Cooperatif Learning di Ruang-ruang Kelas). Jakarata: Gramedia Widiasarana.

Permendikbud Nomor 104 Tahun 2014. Penilaian Hasil Belajar oleh Pendidik pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah

Suryosubroto,2009. Proses Belajar Mengajar di sekolah. Jakarta: Rineka Cipta

Universitas Syiah Kuala. 2012. Pedoman Penulisan Skripsi. Banda Aceh: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Syiah Kuala.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.