PERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR GEOGRAFI SISWA BERASRAMA DAN NON ASRAMA DI KELAS XI IPS SMA ISLAM TERPADU AL-FITYAN ACEH BESAR

Vergi Raudatul Usrah, Amsal Amri, Thamrin Kamaruddin

Abstract


Penelitan ini dilakukan pada SMA Islam Terpadu Al-Fityan Kabupaten Aceh Besar. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan prestasi belajar siswa yang berasrama dan siswa non asrama dalam mata pelajaran geografi pada kelas XI IPS SMA Islam Terpadu Al-Fityan. Hipotesis dalam penelitan ini adalah prestasi belajar geografi siswa berasrama lebih tinggi dari pada siswa non asrama di SMA Islam Terpadu Al-Fityan Aceh Besar. Pendekatan dalam penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif bentuk penelitan komparatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Islam Terpadu Al-Fityan yang berjumlah 43 siswa. Teknik pengumpulan data berupa pemberian tes sebanyak 25 soal pilihan ganda dan 5 soal uraian, yaitu memberikan soal yang sama kepada siswa yang berasrama dan siswa non asrama. Teknik pengolahan data dilakukan dengan uji-t. Hasil pengolahan data penelitian diperoleh thitung = 3,01 dn ttabel = 1,68 pada taraf signifikansi 5% dengan dk = 41, artinya thitung> ttabel sehingga Ha diterima. Dapat diambil simpulan yaitu prestasi belajar mata pelajaran Geografi siswa berasrama lebih tinggi dibandingkan dengan prestasi belajar peserta didik non asrama pda sswa kelas XI IPS SMA Islam Terpadu Al-Fityan Aceh Besar.

 

Kata Kunci: perbandingan, prestasi belajar, berasrama, non asrama, geografi


Full Text:

PDF

References


Gulo. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Gramedia.

Mawarni, Eka 2016. Perbandingan Prestasi Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Ekonomi Pada SMA Modal Bangsa Dan SMA Laboratorium Unsyiah. Skripsi. Program Studi Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala.

Muhibbin, Syah. 2004. Psikologi Pendidikan. Bandung: Rosda Karya.

Mukaromah, Wulidatul. 2013. Perbedaan Kebiasan Belajar dan Prestasi Belajar Mahasiswa Prodi D IV Bidan Pendidikan Reguler yang Tinggal di Asrama dan di Luar Asrama STIKKES Aisyiah Yogyakarta (Skripsi).(opac.unisayogya.ac.id, diakses 29 Agustus 2017, 17.00 WIB.

Sholeh, Muhammad. 2013. Perbedaan Motivasi Belajar dan Prestasi Belajar Pada Siswa yang Menggunakan Sistem Boarding School dan Siswa yang Tidak Menggunakan Sistem Boarding School di SMA Muhammadiyah 1 Gresik (Tesis). (ejournal.unesa.ac.id, diakses 29 agustus 2017, 13.15 WIB).

Siregar, Sofian. 2013. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sugiyono. 2016. Statistik Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Geografi

Organized by Jurusan S1 Pendidikan Geografi FKIP Universitas Syiah Kuala
Published by Universitas Syiah Kuala
Website : http://jim.unsyiah.ac.id/geografi
Email     : jimpgeo@fkip.unsyiah.ac.id

INDEXING BY: