Pengaruh Promosi Terhadap Penjualan Paket Wisata (Studi Kasus : Biro Perjalanan Wisata Pasir Putih Adventure di Sabang)

Zahra Fithri Maiyuriyda, Sofyan Samsudin, Irwan Kadir

Abstract


Abstrak. Biro perjalanan wisata merupakan salah satu usaha pariwisata yang sangat mendukung perkembangan pariwisata. Sama seperti usaha lainnya yang memiliki tujuan untuk mendapatkan keuntungan yang besar sebagai tolak ukur dari kesuksesan usahanya, biro perjalanan wisata juga harus berhasil menjual paket wisata sebagai produk usahanya dalam jumlah yang tinggi. Untuk tercapainya tujuan ini maka biro perjalanan wisata harus melakukan berbagai kegiatan promosi dan mengeluarkan sejumlah biaya untuk melakukan kegiatan tersebut. Pasir Putih Adventure adalah salah satu biro perjalanan wisata di Sabang yang aktif dalam melakukan promosi usahanya baik di tingkat nasional maupun internasional. Metode yang digunakan dalam analisis ini adalah analisis regresi linier sederhana, analisis koefisien korelasi, koefisien determinasi dan uji-t. Analisis linier regresi sederhana menunjukkan bahwa Y = 28,401+0,015X (jika biaya promosi sama dengan nol maka penjualan paket wisata meningkat sebesar 28,401), nilai koefisien korelasi sebesar 0,662 (hubungan antar kedua variabel kuat), koefisien determinasi sebesar 0,439 dan nilai uji-t adalah thitung > ttabel = 4,147 > 1,717 , artinya promosi pada biro perjalanan wisata Pasir Putih Adventure berpengaruh secara positif terhadap jumlah penjualan paket wisata.

The Effect of Promotion on Tour Package Sale
(A Case Study on Pasir Putih Adventure Travel Bureau In Sabang)

Abstract. Travel bureau  is one of the tourism businesses that strongly supports the development of tourism. Just like any other business that has the goal of gaining big profits as a benchmark for its business success, travel agency must also succeed in selling tour packages as a product of their business in high numbers. To achieve this goal, the travel bureau must carry out various promotional activities and spend a number of costs to carry out these activities. Pasir Putih Adventure is one of the travel bureau in Sabang that active in promoting its business both nationally and internationally. The methods used in this analysis is simple linear regression analysis, correlation coefficient analysis, coefficient of determination and t-test. Simple linear regression analysis shows that Y = 28,401 + 0,015X  (if the promotion costs equal to zero then the tour package sales increase by 28,401), the correlation coefficient value is 0,662 (the relationship between the two strong variables), the coefficient of determination is 0,439 and the t-test value is tsearch> ttable = 4,147> 1,717 meaning that the promotion of the Pasir Putih Adventure travel bureau has a positive effect on the number of the tour package sale.



Keywords


promosi ; penjualan ; paket wisata ; promotion ; sale ; tour package

Full Text:

PDF

References


Damardjati, R.S. 2010. Manajemen Perjalanan Wisata. Penerbit Elex Media Komputindo. Jakarta

Dewi, M.N. dan H. Samuel. 2015. Pengaruh Gaya Hidup (Lifestyle), Harga, Promosi terhadap Pemilihan Tempat Tujuan Wisata Studi Kasus Pada Konsumen Artojaya Tour dan Travel Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra Volume 3 Nomor 1 (2015) 1-13. Universitas Kristen Petra. Surabaya.

Fiatiano, E. 2004. Perencanaan Paket Wisata atau Tur. Jurnal Masyarakat, Kebudayaan dan Politik Volume 22 Nomor 2, April 2009. Universitas Airlangga. Surabaya.

Firmansyah, F. 2014. Pengaruh Biaya Promosi dan Nisbah Bagi Hasil Terhadap Perkembangan Dana Pihak Ketiga dalam Bentuk Tabungan pada Bank Muamalat Indonesia. Skripsi. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim. Riau.

Idaman, P. 2016. Usaha-Usaha Meningkatkan Volume Penjualan Pada Usaha Bakso dan Mie Ayam Mulyono Palembang. Skripsi. Politeknik Negeri Sriwijaya. Palembang.

Lahilote, H.S. 2010 Kajian Yuridis Terhadap Agen Perjalanan (Travel Agent) Dalam Bisnis Pariwisata. Jurnal Al Syir’ah Volume 8 Nomor 2, Desember 2010. Institut Agama Islam Negeri Manado. Manado.

Karim, D., J.L. Sepang, B. Lumanauw. 2014. Marketing Mix Pengaruhnya Terhadap Volume Penjualan Pada PT Manado Sejati Perkasa Group. Jurnal EMBA Volume 2 Nomor 1, Maret 2014. Universitas Sam Ratulangi. Manado.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. 2014. Peraturan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Nomor 4 Tahun 2014 tentang Standar Usaha Jasa Perjalanan Wisata. Republik Indonesia.

Makmur dan Safrijal. 2015. Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Penjualan. Jurnal Ilmiah Cano Ekonomos Volume 3 Nomor 1, Januari 2015. Universitas Pasir Pengaraian. Riau.

Pratama, A. 2017. Strategi Pemasaran Bisnis Travel Dalam Meningkatkan Jumlah Konsumen. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen Volume 6 Nomor 7, Juli 2017. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia. Surabaya.

Rangkuti, F. 2013. Strategi Promosi yang Kreatif dan Analisis Kasus Integrated Marketing Communication. PT Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Sudjana. 2002. Metode Statistika. Tarsito. Bandung.

Sujarweni, W. dan P. Endrayanto. 2012. Statistika Untuk Penelitian. Graha Ilmu. Yogyakarta.

Widiyanto, M.A. 2013. Statistika Terapan. Penerbit Elex Media Komputindo. Jakarta.

Wisnubroto, P. dan J.M. Freitas. 2013. Strategi Pemasaran Guna Meningkatkan Volume Penjualan dengan Pendekatan Technology Atlas Project Method. Jurnal Teknologi Volume 6 Nomor 2, Desember 2013. Institut Sains dan Teknologi AKPRIND. Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 


JIM Agribisnis|JIM Agroteknologi|JIM Peternakan|JIM Teknologi Hasil Pertanian|JIM Teknik Pertanian|
JIM Ilmu Tanah|JIM Proteksi Tanaman|JIM Kehutanan


E-ISSN: 2614-6053 2615-2878 Statistic Indexing | Citation


Alamat Tim Redaksi:
Fakultas Pertanian,Universitas Syiah Kuala
Jl. Tgk. Hasan Krueng Kalee No. 3, Kopelma Darussalam,
Banda Aceh, 23111, Indonesia.
Email:jimfp@unsyiah.ac.id