Analisis Komperatif Minat Konsumen terhadap Buah-Buahan Pada Pasar Modern (Suzuya Mall) dan Pasar Tradisional (Peunayong) di Kota Banda Aceh

intan putri ananda, widyawati widyawati, Safrida Safrida

Abstract


Abstrak. Pasar adalah tempat pertemuan bagi penjual dan pembeli untuk bertukar barang dan jasa. Selain itu, pasar juga dapat diartikan sebagai sekumpulan pembeli yang sebenarnya dan potensial dari suatu produk. Pasar terdiri dari semua pelanggan potensial yang memiliki kebutuhan dan keinginan khusus yang sama di mana setiap pelanggan bersedia dan mampu melakukan pertukaran untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan mereka. Pasar terdiri dari dua jenis, yaitu pasar modern dan pasar tradisional, sedangkan menurut jenis aktivitasnya, pasar terbagi menjadi pasar nyata dan pasar abstrak. odern markets adalah pasar yang dikelola oleh manajemen modern, umumnya di daerah perkotaan sebagai penyedia barang dan jasa dengan kualitas dan layanan yang baik kepada konsumen (umumnya anggota kelas menengah ke atas). Pasar modern terdiri dari mal, supermarket, departemen tstore, pusat perbelanjaan, waralaba, toko swalayan mini dan department store. Barang yang dijual di pasar ini memiliki berbagai jenis. Selain menyediakan barang-barang lokal, pasar modern juga menyediakan barang-barang impor, barang yang dijual memiliki kualitas yang relatif lebih terjamin karena pemilihan yang ketat sebelumnya sehingga barang yang tidak memenuhi persyaratan akan ditolak kuantitasnya. Pasar modern umumnya memiliki persediaan terukur di gudang, dalam hal harga, pasar modern memiliki label harga yang pasti (harga yang tercantum sebelum dan sesudah pajak dikenakan).

 ( ANALYSIS COMPARATIVE OF CONSUMER INTEREST ON FRUITS IN MODERN  (Suzuya Mall)MARKETS AND TRADITIONAL (Peunayong) MARKETS IN BANDA ACEH CITY)

 

Abstract. Market is a meeting place for sellers and buyers to exchange goods and services. Besides that, the market can also be interpreted as a set of actual and potential buyers of a product. The market consists of all potential customers who have the same specific needs and desires where every customer is willing and able to carry out exchanges to satisfy their needs and desires. The market consists of two types, namely the modern market and traditional markets, while according to the type of activity, the market is divided into real markets and abstract markets. odern markets are markets that are managed by modern management, generally in urban areas as providers of goods and services with good quality and service to consumers (generally middle to upper class members of society). The modern market consists of malls, supermarkets, tstore departments, shopping centers, franchises, self-service mini shops and department stores. Goods sold in this market have various types. In addition to providing local goods, the modern market also provides imported goods, goods sold have relatively more guaranteed quality because of the strict prior selection so that goods that do not meet the requirements will be rejected in quantity. Modern markets generally have a measured inventory in the warehouse, in terms of price, the modern market has a definite price tag (the price listed before and after tax is imposed).

  ( ANALYSIS COMPARATIVE OF CONSUMER INTEREST ON FRUITS IN MODERN  (Suzuya Mall)MARKETS AND TRADITIONAL (Peunayong) MARKETS IN BANDA ACEH CITY)

Keywords


asar modern dan pasar tradisional.

Full Text:

PDF

References


Anggiani, N. 2010.Permintaan dan Penawaran Buah-buahan di Kota Banda Aceh. Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala.

Anton. A. Setyawan dan Ilham Susila. 2004. Pengaruh Service Quality Perception terhadap Purcase Intention. Usahawan No. 07 TH XXXIII. Juli 2004

Aritonang, L. R. (2005). Keputusan Pelanggan. Pengukuran dan Penganalisisan Dengan SPSS. Jakarta.: PT. Gramedia Pustaka Utama.

AS-SayyidABM. 2006. Pola Makan Rasulullah. Goffar MA, Haetami HMI, penerjemah, Jakarta: Almahira. Terjemahandari: at-Taghdziyah an-Nabawiyah, al-Ghazabaina ad-Daawa ad-Dawa.

Barus, Sarjana. 2008. Tesis: Analisis Sikap dan Minat Konsumen Dalam Membeli Buah-buahan di Carrefour, Plaza Medan Fair dan SupermarkeT Brastagi, Medan : Sekolah Pasca Sarjana Universita Sumatera Utara.

Chotimah, K. l. 2010.Hubungan Antara Persepsi Terhadap Lingkungan Kerja Psikologi Dengan Buornout Pada Perawat RSU Budi Rahayu Pekalongan. Skripsi. Semarang: Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro.

Dewi, R.S. 2013. Pengaruh Faktor Modal Psikologis, Karakteristik Entrepreneur, Inovasi, Manajemen Sumber Daya Manusia dan Karakteristik UKM terhadap Perkembangan Usaha Pedagang di Pasar Tradisional (Studi Kasus pada Pedagang Sembako dan Snack di Pasar Peterongan), Jurnal Administrasi Bisnis .2(1) : 29-40

Dewi, Ferrina Erma. 2008. Merek dan Psikologi Konsumen. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Diana Elma Widyaningrum (2012). Strategi Pemasaran Kampung Batik Laweyan Solo. Tesis. Fakultas Ekonomi. Program Studi Magister Manajemen. Universitas Indonesia.

Ekapribadi, W. 2007.Pasar Modern; Ancaman Bagi Tradisional. http://amartabisma.wordpress.com/2007/11/08/pasar-modern-ancaman-bagi-pasar-tradisional/30 maret 2009. Diakses pada tanggal 12 Oktober 2016.

Ekinci, Y. H, S. (2006). Destination Personality: An Application of Brand Personality To Tourism Destination .Journal of Travel Research.Vol. 45, pp. 127-140

Engel, J. F, et.al, 1994, Consumer Behavior, jilid 1, Alih Bahasa Budiyanto,Penerbit : Binarupa Aksara, Jakarta.Penerbit : Erlangga, Jakarta.

Ester dan Didik 2003. Membuat Pasar Tradisional Tetap Eksis. Copyright: Sinar Harapan 2003. Jakarta. http://sinarharapan.co.id/berita/0704/28eko0.html

Hatubarat , R. 1996. Transaksi Ekspor Impor. Jakarta : Erlangga

Kotler, Philip. 2003; Marketing Management, North Western, University, Prentice Hall, International, Inc.

Moenreo, K.B. 1990; Princing : Making Profitable Decision, 2 Edition. Singapore :Mcgraw-Hill.

Margono, L. J. (2004) Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Nazir, M. 2003. Metode Penelitian. Salemba Empat, Jakarta, 63.

Nazir, M. Ph. D. 2005. MetodePenelitian. Ghalia Indonesia. Bogor.

Nicholson, Water. (2001). Teori Ekonomi Mikro Prinsip Dasar dan Pengembangan. PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Peraturan Menteri Perdagangan RI Nomor : No.53/M-Dag/Per/8/2008 Tentang Pedoman Penataan Dan Pembinaan Pasar Tradisional, Pusat Perbelanjaan Dan toko Modern.

Putra, EDL. 2004. Kromatografi cair kinerja tinggi dalam bidang farmasi. Skiripsi. Medan : Fakultas Farmasi Universitas Sumatera Utara.

Rismayani. 1999. Aplikasi Segmen Pasar dan Pemasaran, pada acara Diklat Manajemen Pusat Pertokoan dan Pembelanjaan di Medan. 15 s.d 18 September 1990.

Slamet, Y. 1994. Pengembangan Masyarakat Berwawasan Partisipatif. Surakarta : Sebelas Maret University

Sinaga, P. 2004. Makalah Pasar Modern vsPasar Tradisional. Kementrian Koperasidan UKM. Jakarta

Sinaga,P. 2006. Makalah Pasar Modern vs Pasar Tradisional. Kementrian Koperasi dan UKM. Jakarta

Sinambela, L.P. 2010. Reformasi Pelayanan Publik; Teori, Kebijakan dan Implementasi, cetakan kelima Jakarta: PT. BumiAksara.

Sulistyowati, D. Y. 1999. Kajian Persaingan Pasar Tradisional dan Pasar Swalayan Berdasarkan Pengamatan Prilaku Berbelanja di Kota Bandung. ITB Bandung.

Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.

Sumarwan, U. 2004. Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Sodik. (2003), Consumer behavior and marketing action, Publishing Company, Boston Massachusset, AS.

Sudjana. 2005. Metode Statistik Edisi ke-6. Bandung : Tarsito

Suprapto. 1997. Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan Untuk Menaikan Pangsa Pasar. Cetakan 1. Penerbit PT Rineka Cipta. Jakarta.

Soesilo,M.2002. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi ke Delapan. BPFE. Yogjakarta.

Sunarjono .H .,2005. Pengenalan Jenis Tanaman Buah-buahan Penting di Indonesia. Sinar Baru, Bandung.

Tatik Suryani, Perilaku Konsumen Implikasi Pada Strategi Pemaaran, (Yogyakarta: Graha Ilmu, 2008). 118.

Tjiptono, Fandy 2008. Strategi Pemasaran. Edisi Tiga, Jakarta.

Wijayanti. P. 2011. Analisi Pengaruh Perubahan Keuntungan Usaha Warung Tradisional Dengan Munculnya Minimarket (Studi Kasus Di Kecamatan Pedurungan Kota Semarang. Fakultas Ekonomi Universitas Di Poenegoro. Semarang.

Yazid. 2008. Pemasaran Jasa. Edisi Kedua. Ekonisia Kampus Fakultas Ekonomi. UII. Yogjakarta.

Yamarto, K. 2011. http://fhryamato.blogspot.co.id/2011/03/kekurangan-dan-kelemahan-pasar-modern.html. Diakses pada tanggal 12 Oktober 2016.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 


JIM Agribisnis|JIM Agroteknologi|JIM Peternakan|JIM Teknologi Hasil Pertanian|JIM Teknik Pertanian|
JIM Ilmu Tanah|JIM Proteksi Tanaman|JIM Kehutanan


E-ISSN: 2614-6053 2615-2878 Statistic Indexing | Citation


Alamat Tim Redaksi:
Fakultas Pertanian,Universitas Syiah Kuala
Jl. Tgk. Hasan Krueng Kalee No. 3, Kopelma Darussalam,
Banda Aceh, 23111, Indonesia.
Email:jimfp@unsyiah.ac.id