STRATEGI PENGEMBANGAN TERNAK SAPI POTONG BERORIENTASI AGRIBISNIS DI KECAMATAN KUTA BARO KABUPATEN ACEH BESAR

Saina Hotmarida, Agustina Arida, T. Fauzi

Abstract


Abstrak - Sapi potong merupakan salah satu ternak ruminansia yang mempunyai kontribusi terbesar sebagai penghasil daging. Selama ini produksi daging sapi di Indonesia belum mampu memenuhi permintaan dalam negeri yang cenderung meningkat setiap tahun. Oleh karena itu, pemerintah melakukan impor daging sapi dan bakalan antara lain Australia, Selandia Baru dan Amerika Serikat. Penelitian ini bertujuan untuk untuk menganalisis tenaga kerja, modal, teknologi dan pasar yang mempengaruhi jumlah populasi sapi potong dan menentukan strategi pengembangan usaha ternak sapi potong. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Metode analisis yang digunakan adalah dengan menggunakan regresi linier berganda dan analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Secara serempak variabel tenaga kerja, modal, teknologi dan pasar terima Ha tolak H0 dan signifikan terhadap jumlah populasi sapi potong. Secara parsial variabel tenaga kerja, modal, teknologi dan pasar terima Ha tolak H0 dan signifikan terhadap jumlah populasi sapi potong, sedangkan pasar tidak signifikan. Strategi yang perlu diterapkan adalah strategi internal kekuatan dan strategi eksternal peluang yakni memanfaatkan peluang dengan kekuatan yang ada.

The Development Strategy Of Agribussiness-Oriented Beef Cattle In District

Of Kuta Baro Aceh Besar

Abstract - Beef cattle is one ruminants which has the largest contribution as a producer of meat. During the production of beef in Indonesia has not been able to meet growing domestic demand tends to increase every year. Therefore, the government has to import beef and feeder including Australia, New Zealand and the United States. This study aimed to analyze the labor, capital, technology and markets that affect the number of beef cattle population and determine the business development strategies of cattle. The data used in this study are primary data and secondary data. The analytical method used is by using multiple linear regression and SWOT analysis. The results showed that simultaneously variable labor, capital, technology and markets accept Ha reject H0 and significant impact on the number of beef cattle population. In partial labor, capital, technology and markets accept Ha reject H0 and significant impact on the number of beef cattle population, while the market is not significant. The strategy needs to be implemented is the strategy of internal strength and external strategic opportunities that take advantage of opportunities to the forces in the field.


Keywords


Strategi Pengembangan; Sapi Potong; Agribisnis; Strategy Development; Beef Cattle; Agribusiness

Full Text:

PDF

References


David, F.R. 2001. Strategic Management Concepts and Cases. Prentice-Hall. Inc. New Jersey

Ghozali, Imam. 2001. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Universitas Diponegoro. Semarang

Kenneth and Jane. 2008. Sistem Informasi Managemen. Salemba Empat . Jakarta.

Nazir, Moh. 2003. Metode Penelitian. Penerbit Ghalia Indonesia. Jakarta.

Rangkuti, F. 2004. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Retno, D. 2007. Ekonomika Pertanian. Penerbit Swadaya. Jakarta

Said, E.G, dan A.H.Intan. 2001. Managemen Agribisnis. Ghalia Indonesia dengan Magister Managemen Agribisnis. Program Pasca Sarjana. Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Saputra, H. 2008. Strategi Pengembangan Ternak Sapi Potong Berwawasan Agribisnis di Provinsi Aceh (Thesis). Pasca Sarjana Institut Pertanian Bogor. Bogor


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 


JIM Agribisnis|JIM Agroteknologi|JIM Peternakan|JIM Teknologi Hasil Pertanian|JIM Teknik Pertanian|
JIM Ilmu Tanah|JIM Proteksi Tanaman|JIM Kehutanan


Alamat Tim Redaksi:
Fakultas Pertanian,Universitas Syiah Kuala
Jl. Tgk. Hasan Krueng Kalee No. 3, Kopelma Darussalam,
Banda Aceh, 23111, Indonesia.
Phone:+62-
Email:jimfp@unsyiah.ac.id