analisis faktor - faktor yang mempengaruhi harga jual kedelai di tingkat petani pada sentral produksi di Kecamatan Peudada Kabupaten Bireuen

Amirul Fuadi, Elly Susanti, Suyanti Kasimin

Abstract


Abstrak : Harga jual merupakan salah satu faktor yang sangat berpengaruh terhadap petani, salah satunya yaitu tingkat pendapatan yang di peroleh oleh para petani, yang selanjutnya akan berpengaruh terhadap motivasi dan produktivitas kerja dari para petani. Saluran pemasaran yang terlalu panjang, dan kebijakan harga yang tidak memihak pada petani mengakibatkan keuntungan yang di peroleh oleh petani sangat sedikit. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor- faktor yang mempengaruhi harga jual kedelai tingkat petani di Kecamatan Peudada Kabupaten Bireuen. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang berpengaruh terhadap harga jual kedelai tingkat petani. Penelitian ini dilakukan di Kecamatan Peudada Kabupaten Bireuen, Lokasi penelitian dipilih secara sengaja (purposive). Ruang lingkup penelitian ini terbatas pada faktor tingkat produksi, kualitas, penanganan pascapanen dan saluran distribusi pemasaran. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 30 orang yang diambil dari tiga desa tersebut yaitu desa Cot Kruet, Pinto Rimba, Ara Bungong. Sedangkan besarnya sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 15% dari total populasi penelitian. Model analisis yang digunakan adalah fungsi linier berganda. Hasil analisis koefisiensi determinasi ( R² ) diperoleh nilai sebesar 0,827 yang berarti bahwa tingkat produksi, kualitas, penanganan pascapanen, dan saluran ditribusi pemasaran mempengaruhi harga jual kedelai sebesar 82,7%, sedangkan sisanya 17,3% dipengaruhi oleh faktor lain. Hasil analisis secara serempak (uji-f) bahwa tingkat produksi, Kualitas, Penanganan pascapanen, dan saluran distribusi pemasaran berpengaruh nyata terhapap harga jual kedelai tingkat petani di Kecamatan Peudada Kabupaten Bireuen. Analisis secara parsial (uji-t) menyatakan bahwa faktor kualitas dan penanganan pascapanen yang berpengaruh nyata terhadap harga jual kedelai tingkat petani.

Analysis Factors Affecting The Selling Price Soybean Level Farmer in Central Production in Kecamatan Peudada Kabupaten Bireuen.

Abstract : The selling price is one factor that would influence the farmers, one of them is income levels in get the farmers, which later will have an influence to motivation and labor productivity from farmers. Marketing outlets is too long, and policy the price of being impartial the farmers resulting in an advantage in get by farmers very few. The purpose of this study is to find of factors affect the selling price of soybean the farm gate in Kecamatan Peudada Kabupaten bireuen. Based on it, the study is done to find out what factors had an influence on the selling price of soybean farm gate. The study is done in Kecamatan Peudada Kabupaten Bireuen, the research areas was selected deliberately (purposive). Scope this research limited to factors production level, the quality of, post-harvest handling of crops and distribution channels marketing. Population in this study as many as 30 people who is taken from the three the village the village Cot Kruet, Pinto Rimba, Ara Bungong. The amount of sample used in this research was 15 % of the total number of research. Model the analysis used is a function linear multiple.The results of the analysis koefisiensi determination ( R2 ) obtained value of 0,827 which means that production level, the quality, post-harvest handling of crops, and channels ditribusi marketing affect the selling price soybean of 82.7 %, while the rest 17.3 % influenced by other factors. The results of the analysis in unison ( uji-f ) that production level, the quality, post-harvest handling of crops, marketing and distribution channels may had have real impact against the selling price soybean the farm gate in Kecamatan Peudada Kabupaten Bireuen. Analysis in partial ( uji-t ) said that factors the quality and post-harvest handling of crops who had have real impact on the selling price soybean the farm gate.


Keywords


Harga Jual; Tingkat Produksi; Kualitas; Penanganan Pascapanen; Saluran Distribusi Pemasaran; The selling price; Production level; The quality; Post-harvest handling of crops; Marketing outlets

Full Text:

PDF

References


Adisarwanto, T. 2005. Kedelai. Penebar Swadaya, Jakarta.

Hernanto,F.1993. Ilmu Usahatani. Penebar Swadaya. Jakarta

Kotler, Philip; Armstrong, Garry, 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran, Jilid 1, Erlangga, Jakarta.

Padmowihardjo,S. 1999. Psikologi Belajar Mengajar. Universitas Terbuka. Jakarta

Peraturan menteri perdagangan nasional. No 1 tahun 2015. Penetapan Harga Pembelian Kedelai Petani Dalam Rangka Pengamanan Harga Kedelai Di Tingkat Petani. Permendag. Jakarta.

Sudaryanto T. dan Swastika, D.K.S. 2007. Ekonomi Kedelai di Indonesia. Dalam Kedelai Tehnik Produksi dan Pengembangan. Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian. Pusat Penelitian dan Pengembangan Tanaman Pangan. Bogor.

Sudjana. 2002. Metode Statistika. Torsito. Bandung


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 


JIM Agribisnis|JIM Agroteknologi|JIM Peternakan|JIM Teknologi Hasil Pertanian|JIM Teknik Pertanian|
JIM Ilmu Tanah|JIM Proteksi Tanaman|JIM Kehutanan


Alamat Tim Redaksi:
Fakultas Pertanian,Universitas Syiah Kuala
Jl. Tgk. Hasan Krueng Kalee No. 3, Kopelma Darussalam,
Banda Aceh, 23111, Indonesia.
Phone:+62-
Email:jimfp@unsyiah.ac.id