PENGARUH CITRA MEREK, KUALITAS PRODUK DAN PROMOSI TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PRODUK ROTIBOY DI KOTA BANDA ACEH

Istiqarah Isa Putri, Sofyan Sofyan, Rahmaddiansyah Rahmaddiansyah

Abstract


Abstrak – Dewasa ini, dunia usaha mengalami perkembangan yang sangat pesat, khususnya untuk perusahaan sejenis roti. Mereka di tuntut untuk memiliki suatu keunikan tersendiri yang dapat memikat konsumen. Perusahaan harus mampu membuat perencanaan pemasaran yang baik demi mendapat pencitraan yang positif di benak konsumen. Yaitu dengan cara meningkatkan  pencitraan  terhadap merek,  kualitas  produk  dan  promosi  sehingga  kepuasan  konsumen menjadi tujuan utama perusahaan serta senantiasa memberikan ciri pembeda dengan produk pesaing. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimanakah pengaruh citra merek, kualitas produk, dan promosi terhadap kepuasan konsumen produk rotiboy di Kota Banda Aceh. Adapun metode analisis yang digunakan adalah Regresi Linier Berganda. Hasil Regresi Linier Berganda menunjukkan bahwa citra merek, kualitas produk dan promosi secara serempak berpengaruh positif atau signifikan terhadap kepuasan konsumen produk rotiboy di Kota Banda Aceh. Sedangkan, secara parsial citra merek dan kualitas produk berpengaruh positif atau signifikan terhadap kepuasan konsumen produk rotiboy di Kota Banda Aceh. Sedangkan promosi tidak berpengaruh positif atau signifikan terhadap kepuasan konsumen produk rotiboy di Kota Banda Aceh.

 The Influence of Brand Image, Product Quality And Promotion of Rotiboy’s Consumer Satisfaction In The City of Banda Aceh

Abstract – Nowadays, business sectors are rapidly expanding, especially bread companies. For those companies, uniqueness is a need in attracting the customers. They should have a good marketing plan in order to create a positive image of the companies. A good marketing plan includes building a strong brand image, improving product quality, and promoting. Customer satisfaction is the main goal of most of the companies. Therefore, they keep showing their unique  characteristics that are different with the others’. The objective of this research was to identify the effect of brand image, product quality, and promotion on the satisfaction of Rotiboy’s costumer in Banda Aceh. Multiple liniar regression was used in the process of data analisys. The results showed that brand image, product quality, and promotion simultaneously affected the satisfaction of Rotiboy’s costumer in Banda Aceh. The Correlation was positive and significant. In addition, brand image and product quality partially effected the satisfaction of Rotiboy’s costumer in Banda Aceh while promotion did not. The correlation was also positive and signifcant


Keywords


Citra Merek; Kualitas Produk; Promosi; Kepuasan Konsumen; Brand Image; Product Quality; Promotion; Customer Satisfaction

Full Text:

PDF

References


Ghozali, I. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 19. Edisi Kelima. Universitas Diponegoro. Semarang

Nasir. 2003. Metode Analisis Kuantitatif Regresi Linier Berganda. Gramedia. Jakarta

Setiadi, N. J. 2003. Perilaku Konsumen: Konsep dan Implikasi untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran. Jakarta: Prenada Media.

Simamora, B.2004. Riset Pemasaran. Filsafa, Teori, dan Aplikasi. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta

Sugiyono. 2004. Metode Penelitian Pendidikan. CV. Alfabeta. Bandung

Suliyanto, 2005. Analisis Data Dalam Aplikasi Pemasaran. Ghalia Indonesia. Bogor.

Wikipedia. Rotiboy. https//id.wikipedia.org/wiki/Rotiboy. Diakses tanggal 20 Januari 2016


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 


JIM Agribisnis|JIM Agroteknologi|JIM Peternakan|JIM Teknologi Hasil Pertanian|JIM Teknik Pertanian|
JIM Ilmu Tanah|JIM Proteksi Tanaman|JIM Kehutanan


Alamat Tim Redaksi:
Fakultas Pertanian,Universitas Syiah Kuala
Jl. Tgk. Hasan Krueng Kalee No. 3, Kopelma Darussalam,
Banda Aceh, 23111, Indonesia.
Phone:+62-
Email:jimfp@unsyiah.ac.id