Preferensi Konsumen Terhadap Furnitur di Kota Banda Aceh

Dian Lutfiani, Romano Romano, Suyanti Kasimin

Abstract


Abstrak - Untuk tetap dapat mempertahankan pangsa pasar furnitur, maka pedagang harus menerapkan satu strategi untuk menarik minat konsumen membeli produk furnitur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh atribut produk terhadap preferensi konsumen Di Kota Banda Aceh. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode survei dengan menggunakan kuisioner dan wawancara. Penentuan lokasi ini ditentukan dengan sengaja (purposive sampling). Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat konsumen furniture  khususnya jenis jepara, rotan dan furnitur modern(tidak berbahan kayu jati dan rotan) dengan item kursi, meja dan tempat tidur yang berdomisili di Kota Banda Aceh. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan metode non probability sampling yaitu menggunakan sampling insidental dengan penarikan sampel secara kebetulan bertemu dengan peneliti serta dapat digunakan sebagai sampel, ditempat yang mudah dijangkau dan dianggap memenuhi syarat sebagai responden. Besarnya sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 90 responden. Masing- masing dari jenis-jenis furnitur diambil sebanyak 30. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi biner logistic. Berdasarkan hasil analisis, diperoleh nilai signifikansi dari variabel kualitas produk, desain dan harga lebih kecil dari nilai α = 0,05, yang menunjukkan bahwa variabel kualitas produk, desain dan harga mempengaruhi konsumen.

Consumer Preferences Towards Furniture In Banda Aceh City

Abstract - To maintain the market share of furniture, then the trader must implement  a strategy to attract consumers to buy furniture products. This study aims to know the effect of product attributes toward consumer preferences in banda aceh. The reserch method used is survey method which uses questionnaires and interviews. Determination of this location is determined by puroseful (purposive sampling). Population of this research is the consumer society furniture especially type of jepara, rattan and modern furniture (not made from teak wood and rattan) with items chair, table, and bed which are domiciled in Band Aceh. The sampling technique is done by non-probability sampling that uses incidental sampling to the withdrawal by chance met with researchers and can be used as a sample. in the place that is easiliy accessible and its qualified to be the respondent. The sample size in this study is as much as 90 respondents. Each types of furniture taken as much as 30. The Analysis of data which used is a binary logistic regression  analysis. Based on the analysis, significance value of the variable quality of the products, the design and the cost is less than the value α score = 0,05, which indicates that the variable quality of the product, design and cost affect consumers.


Keywords


Preferensi konsumen; furnitur; kualitas produk; desain; harga; Consumer preferency; furniture; quality of product; design; cost.

Full Text:

PDF

References


Jamaludin. 2007. Pengantar Desain Mebel. Kiblat. Bandung.

Kotler, Philip, 1997. Marketing Management: Analysis, Planning, Implementation, and Control, 9th Ed., Englewood Cliffs, NJ: Prentice Hall, Inc.

Saputra dan Suprihadi. 2013. Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian

Pada Pt. Aneka Regalindo Di Sidoarjo. Dalam Jurnal Ilmu & Riset Manajemen 2 (10). Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (Stiesia) Surabaya. Surabaya.

Schifman, L. dan L.L. Kanuk. 2002. Perilaku Konsumen. Edisi ke-7. PT. Indeks. Jakarta.

Sumarwan, U. 2004. Perilaku Konsumen. Ghalia Indonesia. Bogor.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 


JIM Agribisnis|JIM Agroteknologi|JIM Peternakan|JIM Teknologi Hasil Pertanian|JIM Teknik Pertanian|
JIM Ilmu Tanah|JIM Proteksi Tanaman|JIM Kehutanan


Alamat Tim Redaksi:
Fakultas Pertanian,Universitas Syiah Kuala
Jl. Tgk. Hasan Krueng Kalee No. 3, Kopelma Darussalam,
Banda Aceh, 23111, Indonesia.
Phone:+62-
Email:jimfp@unsyiah.ac.id