Analisis Strategi Pemasaran Produk Coklat (Studi Kasus Pada Usaha Cilet Coklat di Kota Banda Aceh)

Erwiyan Syafri, Rahmaddiansyah Rahmaddiansyah, Romano Romano

Abstract


Abstrak. Penilitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor internal dan faktor eksternal apa saja yang paling berperan pada pemasaran usaha Cilet Coklat dan strategi pemasaran yang tepat untuk dapat dijalankan usaha Cilet Coklat berdasarkan faktor internal dan faktor eksternal usaha Cilet Coklat di Kota Banda Aceh. Penelitian ini dilaksanakan pada usaha cilet coklat yang beralamatkan di Jalan T.Iskandar, Lambhuk Kecamatan Ulee Kareng Banda Aceh, pada bulan Februari 2020. Metode pengolahan dan metode analisis menggunakan metode pengolahan dan analisis data terdiri dari analisis data deksirptif dan analisis perencanaan strategi. Hasil dari penelitian  menunjukkan bahwa Faktor Internal yang paling berperan pada pemasaran usaha Cilet Coklat terdiri dari kekuatan utama adalah produk berkualitas dan kelemahan utama tidak adanya produk turunan sedangkan faktor eksternal yang berperan pada pemasaran usaha Cilet Coklat terdiri dari peluang utama adalah perubahan gaya hidup masyarakat dan ancaman utama konsumen yang loyal terhadap produk pesaing dan Strategi yang tepat untuk pemasaran usaha Cilet Coklat berdasarkan hasil analisis SWOT berada pada kuadran I yang berarti strategi agresif (SO). Strategi agresif yang dapat diterapkan adalah strategi menjaga kualitas produk dan memperluas jaringan pemasaran dengan pemanfaatan pangsa pasar dan strategi penetrasi pasar dengan meningkatkan kapasitas jumlah produksi dengan menambah permodalan dan teknologi modern.

Kata Kunci : Cilet Coklat, Faktor Internal Faktor Eksternal, Strategi

 

Abstract. This study aims to determine what internal and external factors play the most role in the marketing of the Chocolate Cilet business and the right marketing strategies to run the Chocolate Cilet business based on internal and external factors of the Chocolate Cilet business in Banda Aceh City. This research was carried out at the chocolate cilet business which is addressed at Jalan T. Skandar, Lambhuk, Ulee Kareng District, Banda Aceh, in February 2020. The processing method and analysis method use data processing and analysis methods consisting of descriptive data analysis and strategic planning analysis. The results of the study indicate that the internal factors that play the most role in the marketing of the Chocolate Cilet business consist of the main strengths being quality products and the main weaknesses of the absence of derivative products, while the external factors that play a role in the marketing of the Chocolate Cilet business consist of the main opportunities being changes in people's lifestyles and threats. The main consumers who are loyal to competitors' products and the right strategy for marketing the Chocolate Cilet business based on the results of the SWOT analysis are in quadrant I which means aggressive strategy (SO). Aggressive strategies that can be applied are strategies to maintain product quality and expand marketing networks by utilizing market share and market penetration strategies by increasing production capacity by increasing capital and modern technology.

Keywords: Chocolate Cilet, Internal Factors, External Factors, Strategy


Keywords


Cilet Coklat, Faktor Internal Faktor Eksternal, Strategi

Full Text:

PDF

References


Arminsyurita. (2014). Analisis Strategi Pemasaran Jamur Rimba Jaya Mushroom. Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Volume VI.

Asrina. (2017). Strategi Pemasaran Usaha Kerupuk Tempe di Desa Blang Geulanggan Kecamatan Peusangan Kabupaten Bireun. Jurnal S. Pertanian 1, 48-62.

Atkinson, C., Banks, M., France, C., & McFadden, C. (2010). The Chocolate and Coffee Bible. London: Anness Publishing Ltd.

Charles W. Lamb., Joseph F. Hair., Carl McDaniel. (2001). Pemasaran, Edisi Pertama. Jakarta: Salemba Empat.

David, F. R. (2004). Manajemen Strategis: Konsep. Jakarta: PT. Prenhallindo.

David, F. R. (2006). Manajemen Strategis - Konsep (10ed.). Jakarta: Salemba Empat.

David, F. R. (2009). Manajemen Strategis - Konsep (12 ed.). Jakarta: Salemba Empat.

David, F. R. (2011). Manajemen Strategis: Konsep. Jakarta: Salemba Empat.

Djanahar, I. (2001). Pengantar Kuliah Manajemen Strategi-Analisa dan Pemilihan Strategies. Medan: Magister Manajemen Program Pasca Sarjana USU.

Endraswara, S. (2012). Metodologi Penelitian Kebudayaan. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

James F., Stomer., Edward Freeman R. (1994). Manajemen. Jakarta: Intermedia.

Khomsan, A. (2006). Sehat dengan Makanan Berkhasiat. Jakarta: Puspa Swara.

Kurniawan, W. (2014). Pengembangan Strategi Pemasaran Produk Banua Cokelat Pada Industri Rumah Tangga Sa'adah Agency di Kota Palu. Agrotekbis, 69-75.

Legrisca, M., & Yantu, M. R. (2013). Pengembangan Strategi Pemasaran Abon Ikan UKM Sri Rejeki Pendekatan Marketing Mix. Jurnal Agrotekbis, 1 (3), 250-258.

Philip Kotler., Garry Armstrong. (2008). Prinsip-prinsip Pemasaran Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Pujiyanto, T. W. (2008). Panduan Lengkap Kakao. Jakarta: Penebar Swadaya.

Purnama. (2014). Strategi Peningkatan Pemasaran Mangga di Pasar Internasioal. J.Hort. 24, 85-93.

Rangkuti, F. (1997). Analisis SWOT Keknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Rangkuti, F. (2011). SWOT Balanced Scorecard. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Regawati, Y. (2002). Praktis dan Cantik Membuat Kreasi Cokelat. Jakarta: Puspa Swara.

Relawati, R. (2015). Analisis Swot Untuk Pengembangan Strategi Pemasaran Produk Olahan Apel di Malang Raya. SEPA : Vol. 12 No.1, 58-69.

Sahroni, A. (2017). Strategi Pemasaran Dodol Pulut di Desa Paloh Kecamatan Peusangan Kabupaten Bireun. Jurnal S. Pertanian.

Stanton, W. J. (2013). Prinsip Pemasaran. Alih Bahasa Oleh Buchari Alma. Jilid Satu. Edisi Ke Sepuluh. Jakarta: Erlangga.

Sudiyarto. (2011). Strategi Pemasaran Buah Lokal Jawa Timur. J-SEP Vol. 5 No. 1.

T. C Kinnear., R. Taylor. (1998). Riset Pemasaran (3 ed.). Jakarta: Erlangga.

Wulandari, R. (2006). Aneka Kreasi Coklat. Jakarta: Kawan Pustaka.




DOI: https://doi.org/10.17969/jimfp.v5i4.15850

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 


JIM Agribisnis|JIM Agroteknologi|JIM Peternakan|JIM Teknologi Hasil Pertanian|JIM Teknik Pertanian|
JIM Ilmu Tanah|JIM Proteksi Tanaman|JIM Kehutanan


E-ISSN: 2614-6053 2615-2878 Statistic Indexing | Citation


Alamat Tim Redaksi:
Fakultas Pertanian,Universitas Syiah Kuala
Jl. Tgk. Hasan Krueng Kalee No. 3, Kopelma Darussalam,
Banda Aceh, 23111, Indonesia.
Email:jimfp@unsyiah.ac.id