Strategi Pengembangan Usaha Ternak Kambing Potong Abu Aqiqah di Kecamatan Krueng Barona Jaya Kabupaten Aceh Besar

Firdaus Daus, Teuku Makmur, Irwan Irwan

Abstract


 Tujuan penelitian ini ialah Mengidentifikasi faktor-faktor internal dan eksternal pada usaha ternak kambing potong. Dan Mengidentifikasi strategi alternatif yang tepat untuk mengembangkan usaha ternak kambing potong. Metode penelitian yang digunakan ialah metode studi kasus mengunakan data primer dan data sekunder.Sedangkan metode analisis yang digunakan adalah metode deskriptif dan analisis strategi pengembangan.Berdasarkan hasil strategi yang dapat dijalankan adalah strategi intensif dan intergratif .Strategi yang menjadi prioritas utama yang dapat dilakukan oleh usaha Abu Aqiqah adalah meningkatkan modal guna mengembangakan teknologi.strategi tersebut merupakan strategi yang palik baik menurut penilaian STAS tertinggi 6,67. Meningkatkan modal usaha merupakan hal yang sangat penting untuk diperhatikan dalam mengembangkan usaha karena adanya proses yang dapat memudahkan usaha serta memudahkan dalam pemasaran . Dengan meningkatkan modal juga akan mendukung strategi-strategi yang lain seperti peningkatkan SDM tenaga kerja dalam hal  penggunaan teknologi baru ,meningkatkan kapasitas pemasaran ternak . Semua strategi saling berkaitan dan dapat mendorong dalam upaya pengembangan usaha ternak kambing Abu Aqiqah kedepannya.

Kata kunci :Strategi, Pengembangan, Faktor Internal, Faktor Eksternal,Ternak Kambing.


Full Text:

PDF

References


Aswara, DAW dan Sri H.2014. Perencanaan Strategi bisnis UKM Produk Berbahan Limbah Kayu Menggunakan Metode Quantitave Strategy Planning Matrix (QSPM) Studi Kasus : Ud.Murdoso. Jurnal Universitas Diponegoro No. 3 Vol.4.

David FR. 2006. Manajemen Strategis. Sindoro A, penerjemah; Jakarta: PT Indeks. Terjemahan dari: Concepts of Strategic Management.

David FR. 2011. Strategic Management. Edisi10. Jakarta: Salemba Empat.

Haryana, S. 2013. Strategi Pengembangan Industri Rumah Tangga Kerajinan Rotan di Desa Kueh Kecamatan Lhoknga kabupaten Aceh Besar. Skripsi. Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian, Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh.

Hotmarida, S. 2017. Strategi Pengembangan Ternak Sapi Potong Berorientasi Agribisnis di Kecamatan Kuta Baro kabupaten Aceh Besar. Skripsi. Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh.

Hunger, J. David dan Wheelen. 1998. Manajemen Strategi. Andi. Yokyakarta.

Kinnear TC, Taylor IR. 1991. Marketing Research an Applied Approach. McGraw-Hill International Edition.

Mulyono S. 2003. Teknik Pembibibitan Kambing Unggul dan Domba, Jakarta : Penebar Swadaya.

Pearce JA. Robinson B. 1997. Manajemen Strategi :Formulasi, Implementasi, dan Pengendalian. Jakarta: Binarupa Aksara.

Rahmawaty, S. 2016. Analisis Strategi Pengembangan Usaha Peternakan Kambing PT. Alam Desa Tapos di Kecamatan Tenjolaya kabupaten Bogor. Departemen Agribisnis, Fakaultas Ekonomi dan Manajemen Insttitusi Pertanian Bogor, Bogor.

Rangkuti F. 2003. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis: berorientasi

konsep perencanaan strategis untuk menghadapi abad 21. Jakarta: PT

Gramedia Pustaka Utama.

Rukmana R. 2015. Wirausaha Ternak Kambing PE Secara Intensif. Lily Publisher. Yokyakarta.

Sarwono B. 2002. Beternak Kambing Unggul. Jakarta: Penebar Swadaya.

Sasongko TH. 2006. Analisis Strategi Pengembangan Usaha Peternakan Kambing

dan Domba pada MT Farm, Ciampea Bogor [skripsi]. Bogor: Fakultas

Pertanian, Institut Pertanian Bogor.

Supranto, 1993. Metode Penelitian Aplikasi dalam Pemasaran, Penerbit. PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Sekaran, U., 2011, Reseach Methods For Business: A Skill Building Approach 2nd edition, Singapore; Jhon Wiley &Sons,Inc.

Setiawan, A. 2011 .Analisis Kinerja Usaha Dodol Olimpic Garut Dengan Blanced Scorecard. Tugas Akhir Jurusan Teknik Dan Managemen Industri Sekolah Tinggi Teknologi Garut.

Sirait, J. 2009. Strategi Pengembangan Usaha Peternakan Kambing Perah Pada PT. Caprito A. Kecamatan Cariu Kabupaten Bogor. Skripsi. Departemen Agribisnis, Fakultas Ekonomi dan Manajemen, Bogor.

Steiner GA, Miner JB. 1997. Kebijakan dan Strategi Manajemen. Jakarta: Erlangga.

Umar, Husein. 1999. Riset Strategi Usaha. PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Umar H. 2008. Strategic Management In Action. PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Wicaksono, D. A. 2010. Analisis Strategi Rantai Pasok Udang Vaname (Studi Kasus Petani Plasma Tambak Pandu Karawang, Kabupaten Karawang, Jawa Barat) Skripsi. Fakultas Pertanian. Institut Pertanian Bogor. Bogor.




DOI: https://doi.org/10.17969/jimfp.v5i2.14712

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 


JIM Agribisnis|JIM Agroteknologi|JIM Peternakan|JIM Teknologi Hasil Pertanian|JIM Teknik Pertanian|
JIM Ilmu Tanah|JIM Proteksi Tanaman|JIM Kehutanan


E-ISSN: 2614-6053 2615-2878 Statistic Indexing | Citation


Alamat Tim Redaksi:
Fakultas Pertanian,Universitas Syiah Kuala
Jl. Tgk. Hasan Krueng Kalee No. 3, Kopelma Darussalam,
Banda Aceh, 23111, Indonesia.
Email:jimfp@unsyiah.ac.id