Penerimaan Konsumen Terhadap Kopi Arabika – Jahe Celup pada Beberapa Ukuran Partikel Bubuk Kopi dan Konsentrasi Jahe

Anggun Pratiwi, Martunis Martunis, Yusya Abubakar

Abstract


Abstrak:Kopi adalah salah satu minuman yang paling populer dan banyak dikonsumsi karena rasanya yang unik. Penambahan jahe pada bubuk kopi dapat memberikan tambahan citarasa pada seduhan kopi dan dapat meningkatkan manfaat kesehatan bagi yang mengkonsumsinya. Pembuatan kopi celup beraroma jahe merupakanupaya untuk mengenalkan altenatif minuman kopi celup dengan citarasa dan sensasi yang berbeda. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiversifikasi produk kopi arabika yang khas yang dikombinasikan dengan jahe dalam bentuk kopi celup yang mudahuntukdigunakan. Juga, untukmempelajaripengaruh ukuran partikel dan persentase penambahan jahe terhadap kesukaankonsumenterhadapproduk kopi-jahe celup. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) Faktorial. Faktor pertamaadalah ukuran partikel kopi arabika (K) yang terdiri dari tiga taraf, yaitu 40 mesh (K1), 60 mesh (K2) dan 80 mesh (K3). Faktor kedua adalah konsentrasi penambahan jahe (J) yang terdiri dari 3 taraf, yaitu 10% (J1), 20% (J2) dan 30% (J3). Hasil sidik ragam menunjukkan bahwa ukuran partikel bubuk kopi Arabika (K) dan konsentrasi penambahan bubuk jahe (J) serta interaksi antara keduanya (KJ) berpengaruh tidak nyata (P ≤ 0,05) terhadap hedonik warna dan hedonik aroma kopi Arabika-jahe celup. Adapun pada uji hedonik rasa, hasil sidik ragam menunjukkan bahwa penambahan jahe (J)berpengaruh nyata (P ≤ 0,05) terhadap rasa kopi arabika-jahe celup, sedangkan interaksi antar keduanya (KJ) tidak berpengaruh nyata (P > 0,05) terhadap hedonik rasa.Perlakuan terbaik yang diperoleh adalah bubuk kopi denganukuranpartikel 40 mesh danpenambahanjahe 10% (K1J1) dengan nilai kadar air (2,91%), kadar abu (4,80%), pH (5,25%) dan total padatan terlarut (3,53%).

Consumer Preference On Ginger Coffee Bag Prepared at Different Coffee Powder Particle Size and Ginger Concentration

Abstract: Coffee is one of the most popular and widely consumed drinks because of its unique taste. The distinctive aroma of ginger can increase the attractiveness and health benefit of a beverage, including coffee. The making of ginger-coffee bag aims to introduce alternative coffee drink with different flavors and sensations. The purpose of this study is to diversify typical Arabica coffee products combined with ginger in the form of coffee bagsthat can be accepted by consumers. The study also aimed to explore the effect of particle size and percentage of ginger on consumer preference of ginger-coffee product. This research uses factorial randomized block design. The pertama faktor kopi bubuk ukuran partikel (K) terdiri dari tiga tingkat, yaitu 40 mesh (K1), 60 mesh (K2) dan 80 mesh (K3). Faktor kedua adalah konsentrasi jahe (J) terdiri dari 3 tingkat, yaitu 10% (J1), 20% (J2) dan 30% (J3). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ukuran partikel , konsentrasi jahe dan interaksi antara kedua factorsdid tidak signifikan mempengaruhi preferensi pada warna dan aroma. Sementara itu, konsentrasi jahe secara signifikan mempengaruhi rasa preferensi onginger-kopi. Pengobatan terbaik diperoleh adalah K1J1 dengan nilai kadar air (2,91%), kadar abu (4,80%), pH (5,25) dan padatan terlarut (3,53%).


Keywords


Kopiarabika-jahe Celup, Bubuk Kopi, dan Partikel bubuk kopi ; Dye Coffee, Coffee Powder, and Ginger Concentration

Full Text:

PDF

References


Achadiyah, S. 2007. Kajian pembuatan kopi jahe celup. Agroteknose. 3(2): 1-6.

Mahardika, E. T. 2011. Peluang bisnis kopi celup. Jurusan Teknik Informatika Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer AMIKOM, Yogyakarta.

Panggabean, E.2011. Buku Pintar Kopi. PT. Argo Media Utama, Jakarta.

Purnama, S. 2016. Proses Dan Tingkatan Roasting Kopi [Internet]. Terhubung pada : http://disbun.jabarprov.go.id/index.php/artikel/detailartikel/121 (diakses pada 2 September 2017).

Winarno, F. G. 2002. Kimia Pangan dan Gizi.Gramedia, Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.17969/jimfp.v5i1.13853

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 


JIM Agribisnis|JIM Agroteknologi|JIM Peternakan|JIM Teknologi Hasil Pertanian|JIM Teknik Pertanian|
JIM Ilmu Tanah|JIM Proteksi Tanaman|JIM Kehutanan


E-ISSN: 2614-6053 2615-2878 Statistic Indexing | Citation


Alamat Tim Redaksi:
Fakultas Pertanian,Universitas Syiah Kuala
Jl. Tgk. Hasan Krueng Kalee No. 3, Kopelma Darussalam,
Banda Aceh, 23111, Indonesia.
Email:jimfp@unsyiah.ac.id