Analisis Rantai Nilai Pada Usaha Ekonomi Kreatif Nanas Siap Saji di Kecamatan Pegasing Kabupaten Aceh Tengah

Amiwartini Amiwartini, Teuku Fauzi, Romano Romano

Abstract


Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui rantai nilai dan besaran nilai tambah yang dihasilkan pada usaha ekonomi kreatif nanas siap saji di Kecamatan Pegasing Kabupaten Aceh Tengah. Populasi yang digunakan pada penelitian ini adalah seluruh produsen nanas siap saji yang ada di Kecamatan Pegasing Kabupaten Aceh Tengah. Sampel yang digunakan sebanyak 5 unit usaha nanas siap saji di Kecamatan Pegasing Kabupaten Aceh Tengah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas rantai nilai dimulai dari tingkat petani yang menyediakan bahan baku kemudian bahan baku didistribusikan ke produsen nanas siap saji melalui pedagang pengumpul. Bahan baku selanjutnya diolah menjadi nanas siap saji dan berakhir ditangan konsumen. Besaran nilai tambah yang dihasilkan pada unit usaha 1 adalah Rp.4.242/porsi, pada unit usaha 2 Rp.8.400/porsi, pada unit usaha 3 Rp.8.200/porsi, pada unit usaha 4 Rp.8.355/porsi dan pada unit usaha 5 Rp.7.840/porsi.


Keywords


Rantai Nilai;Nanas Siap Saji;Nilai Tambah;Value Chain;Pineapple Slice;Value Added

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Hadiati, S., & Indriyani, N. L. P. (2008). Budidaya nenas. Balai Penelitian Tanaman Buah Tropika, Pusat Penelitian dan Pengembangan Holtikultuta, Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian.

Kartajaya, H. 2010. Konsep Pemasaran. Ciracas, Jakarta: ERLANGGA.

Mangifera, L. 2016. Analisis rantai nilai (value chain) pada produk batik tulis di Surakarta. Benefit: Jurnal Manajemen dan Bisnis, 1(1), 24-33.

Mangifera, L. 2016. Pengembangan Industri Kreatif Produk Batik Tulis Melalui Value Chain Analysis.

Mardikanto, T. 2001. Prosedur Penelitian Penyuluhan Pembangunan. Prima Theresia Pressindo. Surakarta.

Mareta, Y. P. M., & Waridin, W.2017. ANALISIS RANTAI NILAI KOMODITAS NANAS MADU DI KECAMATAN BELIK KABUPATEN PEMALANG (Doctoral dissertation, Fakultas Ekonomika dan Bisnis).

Pangestu, M. E., & Perdagangan, K. K. D. P. D. 2008. Rencana pengembangan Ekonomi Kreatif Indonesia 2009-2025.Departemen perdagangan Republik Indonesia.

Pearce, J. A., & Robinson, R. B. 2008. Manajemen strategis: formulasi, implementasi, dan pengendalian. Jakarta: Salemba Empat.

Rahman, S. 2015. Analisis nilai tambah agroindustri chips jagung. Jurnal Aplikasi Teknologi Pangan, 4(3).

Saksono, H. 2012. Ekonomi Kreatif: Talenta Baru Pemicu Daya Saing Daerah. Jurnal Bina Praja: Journal of Home Affairs Governance, 4(2), 93-104.

Santoso, I. H. B. (1998). Teknologi Tepat Guna Sari Buah Nanas. Kanisius.

Shank, Jhon K., Govindarajan Vijay. 2000. Strategic Cost Management and the Value Chain.,Thomson Learning: USA.

Sudiyono, Armand. 2004. Pemasaran Pertanian. Malang : UMM Press Malang


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 


JIM Agribisnis|JIM Agroteknologi|JIM Peternakan|JIM Teknologi Hasil Pertanian|JIM Teknik Pertanian|
JIM Ilmu Tanah|JIM Proteksi Tanaman|JIM Kehutanan


E-ISSN: 2614-6053 2615-2878 Statistic Indexing | Citation


Alamat Tim Redaksi:
Fakultas Pertanian,Universitas Syiah Kuala
Jl. Tgk. Hasan Krueng Kalee No. 3, Kopelma Darussalam,
Banda Aceh, 23111, Indonesia.
Email:jimfp@unsyiah.ac.id