Analisis Keunggulan Komparatif dan Keunggulan Kompetitif Serta Dampak Kebijakan Pemerintah Terhadap Industri Minyak Pala di Kabupaten Aceh Selatan

Dinanti Daryana, Romano Romano, Agustina Arida

Abstract


Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui keunggulan kompetitif dan keunggulan komparatif serta dampak kebijakan pemerintah terhadap industri minyak pala di Kabupaten Aceh Selatan menggunakan metode Policy Analysis Matrix. Hasil penelitian menunjukkan bahwa industri minyak pala memiliki keunggulan kompetitif dan keunggulan komparatif karena nilai PCR dan DRCR yang diperoleh lebih kecil dari satu, serta keuntungan privat dan sosial yang lebih besar dari nol. Selain itu, secara keseluruhan kebijakan yang dibuat pemerintah melalui program Cultiva dengan memberikan subsidi pada alat penyulingan dan perluasan pasar dengan mengenalkan minyak atsiri di pasar internasional. Kebijakan yang dibuat oleh pemerintah juga sudah efektif dalam melindungi produsen karena dapat membantu produsen menekan biaya produksi serta meningkatkan keuntungan.


Keywords


Keunggulan Kompetitif; Keunggulan Komparatif; Dampak Kebijakan Pemerintah; Industri Minyak Pala; Competitive Advantage; Comparative Advantage; Impact of Government Policy; Nutmeg Oil Industry

Full Text:

PDF

References


Astutika, E. (2017). Analisis Daya Saing Kentang di Kabupaten Aceh Tengah. Tesis. Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala. Aceh.

Afandi, I. (2014). Analisis Studi Kelayakan Usaha dan Ekonomi Minyak Pala di Kabupaten Aceh Selatan. Universitas Teuku Umar. Aceh Barat.

Astriana, F. (2011). Analisis Keunggulan Komparatif dan Keunggulan Kompetitif Usahatani Jambu Biji Studi Kasus Kecamatan Tanah Sareal. Kota Bogor, Jawa Barat. Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Bustaman, S. (2008). Prospek pengembangan minyak pala banda sebagai komoditas ekspor Maluku. Jurnal Litbang Pertanian, 27(3), 93-98.

DEPTAN. DITJENBUN. Direktorat Jenderal Perkebunan Pala. 2015-2017. Statistik Perkebunan Indonesia. Jakarta (ID) : DITJENBUN.

Falatehan, F., & Wibowo, A. (2012). Analisis keunggulan komparatif dan kompetitif pengusahaan komoditi Jagung di Kabupaten Grobogan (studi kasus: Desa Panunggalan, Kecamatan Pulokulon, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah). Jurnal Agribisnis dan Ekonomi Pertanian, 2(1).

Hasibuan, A. M., Sudjarmoko, B., & Listyati, D. (2012). Analisis keunggulan komparatif dan kompetitif usahatani pala (Studi kasus: Kabupaten Bogor dan Sukabumi). Jurnal Tanaman Industri dan Penyegar, 3(3), 223-230.

Nazila, I. (2012). Penentuan Rendemen dan Mutu Minyak Pala Berdasarkan Umur Panen Buah Pala di Kabupaten Aceh Selatan. Universitas Syiah Kuala. Aceh.

Lawalata, M., Thenu, S. F., & Tamaela, M. (2018). Kajian Pengembangan Potensi Perkebunan Pala Banda di Kecamatan Banda Neira Kabupaten Maluku Tengah. Agrilan: Jurnal Agribisnis Kepulauan, 5(2), 132-150.

Marlinda, B. (2008). Analisis Daya Saing Pala Indonesia di Pasar Internasional. Skripsi. Bogor : Program Studi Ekonomi Pertanian dan Sumberdaya Fakultas Pertanian Institut Pertanian Bogor.

Maimun. (2017). Analisis Daya Saing dan Nilai Tambah Usaha Tani Kakao sebagai Komoditi Andalan Berbasis Wilayah di Kabupaten Pidie Jaya. Universitas Syiah Kuala. Aceh.

Prihartanti, Y. (2005). Analisis Keunggulan Komparatif dan Keunggulan Kompetitif dalam Pembangunan Wilayah Pada Masa Otonomi Daerah di Kabupaten Kudus. Jurnal Balai Besar Pengkajian & Pengembangan Teknologi Pertanian, Institut Pertanian


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 


JIM Agribisnis|JIM Agroteknologi|JIM Peternakan|JIM Teknologi Hasil Pertanian|JIM Teknik Pertanian|
JIM Ilmu Tanah|JIM Proteksi Tanaman|JIM Kehutanan


E-ISSN: 2614-6053 2615-2878 Statistic Indexing | Citation


Alamat Tim Redaksi:
Fakultas Pertanian,Universitas Syiah Kuala
Jl. Tgk. Hasan Krueng Kalee No. 3, Kopelma Darussalam,
Banda Aceh, 23111, Indonesia.
Email:jimfp@unsyiah.ac.id