Analisis Tataniaga Pisang Barangan Di Kecamatan Lembah Seulawah Kabupaten Aceh Besar Provinsi Aceh

Ratu Fairuz, Teuku Fauzi, Agustina Arida

Abstract


Pisang merupakan salah satu komoditi hortikultura dan buah yang memiliki tingkat permintaan yang tinggi sehingga dapat memberikan keuntungan yang memadai bagi para petani. Tanaman pisang sendiri merupakan salah satu jenis buah yang mudah diproduksi karena tidak bergantung pada musim tertentu dan memiliki risiko panen yang rendah. Buah pisang dapat dikonsumsi secara langsung maupun diolah lebih lanjut menjadi beberapa produk olahan yang sangat diminati masyarakat Indonesia. Kecamatan Lembah Seulawah merupakan daerah penghasil pisang ke 2 yang paling banyak di Kabupaten Aceh Besar. Saluran tataniaga pisang di Kecamaatn Lembah Seulawah terdiri dari empat macam saluran tataniaga yakni ; petani-konsumen (1), petani-pedagang penggumpul-konsumen (2), petani-agen-pedagang pasar-konsumen (3), petani-pedagang penggumpul-agen-pedagang pasar-konsumen (4). Pemilihan pola saluran tataniaga ini sangat tergantung pada karakteristik petani pisang terutama dalam hal kapasitas modal dan kemampuan menjangkau secara langsung. Harga pisang ditingkat petani sebesar Rp.30.000/tandan semenatara harga ditingkat pedagang pisang di pasar Lambaro sebesar Rp.80.000-100.000/tandan pisang ditingkat pedagang pasar tiga kali lebih tinggi dibandingkan harga ditingkat petani. jika petani pisang memperoleh keuntungan atau margin tataniaga yang secara relatif jauh lebih rendah dibandingkan lembaga tataniaga lainnya, maka dapat dikatan bahwa pemasaran pisang di Kabupaten Aceh Besar belum efisien. Suatu jalur tataniaga dikatakan efisien apabila mampu menyampaikan hasil-hasil produksinya sampai kepada konsumen akhir dengan harga yang murah dan mampu mengadakan pembagian yang adil dari keseluruhan yang dibayarkan konsumen. Salah satu langah penting dalam mengembangkan usaha tani pisang adalah menentukan saluran tataniaga yang efisien. Pemasaran yang efisien dapat memberikan keuntungan yang maksimal kepada petani dan lembaga tataniaga yang terlibat. Jurnal ini bertujuan untuk mengetahui pola saluran tataniaga pisang, menghitung besar presentase margin, biaya, keuntunngan pada setiap saluran tataniaga serta farmer’s share yang diterima oleh setiap petani pisang kemudian menentukan bentuk saluran tataniaga yang efisien. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode snowball sampling. Data yang digunakan pada penelitian ini adalah data primer dengan menggunakan kuesioner. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisi saluran dan fungsi tataniaga, biaya tataniaga, keuntungan tataniaga, margin tataniaga, farmer’s share dan efisiensi tataniaga. Adapun hasil dari analisis tataniaga pisang di Kecamatan Lembah Seulawah Kabupaten Aceh Besar yaitu bentuk saluran tataniaga yang paling efisien adalah saluran tataniaga I dan saluran tataniaga II dengan nilai farmer’s share 100% dan 66,67.


Keywords


Saluran Tataniaga; Biaya Tataniaga; Keuntungan Tataniaga; Margin Tataniaga; Farmer’s Share; Efisiensi Tataniaga ; Trading System; Trading System Costs; Trading System Profit; Trading System Margin; Farmer’s Share; Trading System Efficiency

Full Text:

PDF

References


Aji, Tri Nofianto. 2015. Analisis Tataniaga Kubis (Brassica oleraceae) (Studi Kasus di Desa Deles Kecamatan Bawang Kabupaten Batang). Fakultas Pertanian Universitas Wahid Hasyim Program Studi Agribisnis. Vol. 11 No. 1.

Badan Pusat Statistik Kabupaten Aceh Besar. Kabupaten Aceh Besar Dalam Angka 2013-2017.

Elpawati. 2014. Analisis Tataniaga Ubi Jalar di Desa Purwasari Kecamatan Diamoga Kabupaten Bogoe Jawa Barat. Jurnal Agribisnis. Vol. 8. No. 2.

Fatmawati., Henny Dianawati. 2015. Analisis Efesiensi Usahatani Pisang dan Strategi Pengembangannya di Kabupaten Sumenap. Fakultas Pertanian dan Fakultas Keguruan Universitas Wiraraja Sumenep. Vol. 12 No. 1.

Kotler, Philip. 1992. Manajemen Pemasaran: Analisis, Perencanaan dan Pengendalian. Erlangga. Jakarta.

Rasyaf, M. 1996. Memasarkan Hasil Peternakan. Penebar Swadaya. Jakarta.

Sihombing, Luhut. 2011. Tataniaga Hasil Pertanian. USU Press. Medan.

Tjitrosoepomo, G. 2000. Morfologi Tumbuhan. Gajah Mada University Press.Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 


JIM Agribisnis|JIM Agroteknologi|JIM Peternakan|JIM Teknologi Hasil Pertanian|JIM Teknik Pertanian|
JIM Ilmu Tanah|JIM Proteksi Tanaman|JIM Kehutanan


E-ISSN: 2614-6053 2615-2878 Statistic Indexing | Citation


Alamat Tim Redaksi:
Fakultas Pertanian,Universitas Syiah Kuala
Jl. Tgk. Hasan Krueng Kalee No. 3, Kopelma Darussalam,
Banda Aceh, 23111, Indonesia.
Email:jimfp@unsyiah.ac.id