Analisis Kelangkaan Pupuk Bersubsidi dan Pengaruhnya Terhadap Produktivitas Padi (Oryza sativa) di Kecamatan Montasik Kabupaten Aceh Besar

Muhammad Radinal Kautsar, Sofyan Sofyan, Teuku Makmur

Abstract


Padi merupakan komoditas pangan hasil pertanian yang menjadi makanan utama untuk sebagian besar penduduk Indonesia. Kecamatan Montasik merupakan salah satu kecamatan dengan tingkat produksi padi terbesar khususnya di Kabupaten Aceh Besar. Tingkat produksi padi dipengaruhi oleh berbagai faktor, salah satuya adalah penggunaan sarana input produksi berupa pupuk. Pada saat ini pupuk sebagian besar disubsidi oleh pemerintah, akan tetapi sering terjadinya kelangkaan yang menyebabkan pupuk sulit didapatkan dan pada akhirnya akan mempengaruhi produktivitas padi petani. Adapun dalam penelitian ini akan dikaji berbagai permasalahan terkait kelangkaan pupuk subsidi di Kecamatan Montasik, mulai dari dampak kelangkaan pupuk subsidi yang terjadi, faktor-faktor yang berpengaruh dan berperan dalam kelangkaan pupuk, dan pengaruh penggunaan pupuk subsidi yang mengalami kelangkaan terhadap produktivitas padi petani. Pengambilan data diperoleh dengan metode kuisioner terhadap 42 petani yang tergabung dalam kelompok tani pada 4 desa perwakilan yang ada di Kecamatan Montasik yang terkena dampak kelangkaan pupuk subsidi dan para pihak yang terkait dalam pendistribusian pupuk subsidi. Data hasil wawancara yang diperoleh akan ditabulasi dan dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan analisis fungsi produksi Cobb-Douglass. Hasil dari penelitian ini menunjukkan dampak kelangkaan pupuk subsidi yang terjadi di Kecamatan Montasik menyebabkan tidak tepatnya jumlah pupuk subsidi yang tersedia, tidak tepatnya penggunaan jenis pupuk subsidi SP-36 dan ZA yang digunakan oleh petani, dan tidak tepatnya waktu dalam pendisitribusian pupuk subsidi. Selain itu faktor-faktor yang mempengaruhi kelangkaan pupuk subsidi di Kecamatan Montasik adalah realisasi pupuk lebih rendah dari usulan RDKK oleh petani, dosis pemakaian pupuk yang tidak sesuai anjura oleh petani, pola distribusi tidak berjalan sesuai dengan ketetapan yang ditetapkan, kemampuan pengelolaan perencanaan kebutuhan pupuk yang masih rendah oleh kelompok tani, dan tidak tepatnya harga pembelian pupuk yang dibeli petani sesuai HET yang berlaku. Adapun berdasarkan hasil analisis fungsi produksi cobb-douglass menunjukkan pupuk subsidi jenis Urea dan NPK yang penggunaannya mempengaruhi produktivitas padi dikarenakan realisasinya yang tinggi yaitu 58,6% dan 66,5%.


Keywords


Pertanian, Kelangkaan Pupuk Subsidi, Produktivitas Padi ; Agriculture, Scarcity of Fertilizer Subsidise, Rice Productivity

Full Text:

PDF

References


Agus. D. N., Abi. P. S., Erlinda. A., Yahya. S., dan Julia. I. K. 2018. Distribusi Pupuk Bersubsidi di Kabupaten Bantul Provinsi Daerah Istimewa Yogkayakarta. Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian. Vol. 2(1) : 70 – 82. Fakultas Pertanian, Universitas Gajah Mada, Yogyakarta.

Ardiyanto, W., Santoso, P. B. 2013. Kajian Pupuk Bersubsidi di Pekalongan (Studi Kasus di Kecamatan Kesesi). Jurnal Ekonomi Vol. 2, No. 3, 2013. Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Diponegoro, Semarang.

Asnawi, R., Arief. R.W., Rohayan. D. 2009. Analisis Kelangkaan Pupuk dan Perngaruhnya Terhadap Produktivitas Padi Sawah Inbrida dan Hibrida di Lampung. Jurnal Balai Pengkajian Teknologi Pertanian, Lampung.

Indrasari, M. 2008. Dampak Kelangkaan Pupuk Urea Bersubsidi Terhadap Sikap Petani dan Produktivitas Usahatani. Skripsi. Universitas Jember, Jawa Timur.

Meiliza, R. 2006. Pengaruh Pupuk Terhadap Optimasi Produksi Padi Sawah di Kabupaten Deli Serdang (Studi Kasus : Kelurahan Paluh Kemiri, Kecamatan Lubuk Pakam). Skripsi. Universitas Sumatera Utara, Medan.

Mislini. 2006. Analisis Jaringan Komunikasi pada Kelompok Swadaya Masyarakat : Kasus KSM di Desa Taman Sari Kabupaten Bogor. Jawa Barat.

Muhlisin. 2016. Pengaruh Kelangkaan Pupuk Subsidi Terhadap Produktivitas dan Pendapatan Usahatani Padi di Kecamatan Babadan Kabupaten Ponorogo Jawa Timur. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Yogyakarta.

Purnamaningsih, R. 2016. Induksi kalus dan optimasi regenerasi empat varietas padi melalui kultur in vitro. Jurnal AgroBiogen, 2(2), 74-80.

Rohmayani, N. 2016. Perilaku Petani Dalam Menghadapi Kelangkaan Pupuk Bersubsidi di Kecamatan Babadan Kabupaten Ponorogo Provinsi Jawa Timur. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Yogyakarta.

Santosa, P. B. 2008. Artikel : Kelangkaan Pupuk dan Alternatif Pemecahannya. http://jurnalpangan.com/index.php/pangan/article/view/268. Diakses tanggal: 17 November 2018.

Sari dan Aslikhah 2017. Pengaruh Subsidi Pupuk Terhadap Peningkatan Produksi dan Pendapatan Petani di Desa Sudimoro Kabupaten Jombang dalam Perspektif Fenomenologis. AgriJurnal.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 


JIM Agribisnis|JIM Agroteknologi|JIM Peternakan|JIM Teknologi Hasil Pertanian|JIM Teknik Pertanian|
JIM Ilmu Tanah|JIM Proteksi Tanaman|JIM Kehutanan


E-ISSN: 2614-6053 2615-2878 Statistic Indexing | Citation


Alamat Tim Redaksi:
Fakultas Pertanian,Universitas Syiah Kuala
Jl. Tgk. Hasan Krueng Kalee No. 3, Kopelma Darussalam,
Banda Aceh, 23111, Indonesia.
Email:jimfp@unsyiah.ac.id