Strategi Pengembangan Usaha Agroindustri Minyak Nilam Di Kecamatan Darul Hikmah Kabupaten Aceh Jaya

Muhammad Khalil Rizki, Mustafa Usman, Teuku Makmur

Abstract


Provinsi Aceh merupakan penghasil minyak nilam  terbaik  diseluruh  dunia karena mutunya diakui di tingkat Internasional. Minyak nilam banyak dibutuhkan oleh berbagai  industri di  berbagai  belahan dunia salah satunya sebagai bahan baku dalam pembuatan parfum.  Usaha pengolahan terna nilam  menjadi  minyak nilam skala industri koperasi terdapat di Kabupaten Aceh Jaya yang diusahakan oleh KINA (Koperasi Industri Nilam Aceh). Besarnya  permintaan  terhadap  produksi  minyak nilam  dan  keterbatasan  modal  oleh  Koperasi Industri Nilam Aceh menjadi permasalahan yang harus dihadapi.  Penelitian  strategi  pengembangan usaha agroindustri minyak nilam yang  bertujuan untuk  mengetahui  faktor -faktor  internal  dan  eksternal  apa  yang  mempengaruhi pengembangan  agroindustri,  serta  untuk  mengetahui  strategi  pengembangan  yang menjadi alternatif pada Koperasi Industri Nilam Aceh. Hasil  penelitian  menunjukkan  bahwa  yang  menjadi  faktor  kunci  internal  pada kekuatan  yang  dimiliki  adalah  sumberdaya  manusia   berkompeten,  manajemen  usaha yang  teratur,  produk  yang  dihasilkan  berkualitas,  jaringan  pemasaran  luas  dan  baik , produk  unggulan,  memiliki  inovasi  varian  wangi  dan  faktor  kunci  internal  pada kelemahan  terdiri  dari  permodalan  yang  masih  kurang,  keterbatasan  bahan  baku, kapasitas  produksi   yang   terbatas,  lokasi  usaha   kurang  strategis,  dan  teknologi   kurang modern. Faktor eksternal pada   peluang adalah   pangsa pasar  yang besar,  adanya dukungan pemerintah,  permintaan  pasar   tinggi,  komunikasi  dengan konsumen terjalin dengan baik,  tidak  ada nya pesaing  produk  sejenis,  kondisi  lingkungan   yang  kondusif  aman  dan  faktor  eksternal pada  ancaman  terdiri  dari  hubungan  dengan  pemasok,  harga  bahan  baku  terus meningkat, ekonomi masyarakat   belum stabil, produk subsitusi dan keadaan iklim yang mempengaruhi bahan baku. Strategi  yang  dapat  diterapkan  Koperasi Industri Nilam Aceh dalam  pengembangan usahanya berdasarkan hasil analisis SWOT berada pada kuadran I yang berarti strategi agresif (strategi SO) yaitu strategi memperluas jaringan pemasaran dengan pemanfaatan pangsa pasar  dan  strategi penetrasi  pasar  dengan  meningkatkan  mutu/kualitas  produk dan  terdapat  5  strategi  pengembangan,  yaitu  :  1) meningkatkan  kapasitas  produksi  dengan  menambah  permodalan;  2)  memperluas jaringan  pemasaran;  3)  menciptakan  inovasi  baru  dan  produk  turunan;  4)  melakukan penetrasi pasar; dan 5) menjaga kerjasama dan hubungan dengan berbagai pihak terkait.


Keywords


Strategi; Pengambangan; Agroindustri; Minyak Nilam; Strategy; Agroindustry; Development; Patchouli Oil

Full Text:

PDF

References


Anthony, W. P. Kacmar., K., & Perrewe, P. (1996). Strategic Human Resource Management (2 ed.). Harcourt Brace and Company. Orlando.

Cahyanto,T.D.(2016). Analisis Kelayakan dan Strategi Pengembangan Usaha pada Industri Minyak Atsiri di PT XYZ (Studi Kasus Tenant Balai Inkubator Teknologi). Thesis, Institut Pertanian Bogor, Bogor.

Cannon, J.P.,William,D., Perreault, Jerome, E., & Mc Carthy.(2008).Pemasaran Dasar – Pendekatan Manajemen Global. Salemba Empat. Jakarta

David, F. R. (2006). Manajemen Strategis – Konsep (10 ed.). Salemba Empat. Jakarta

David, F. R. (2009). Manajemen Strategis – Konsep (12 ed.). Salemba Empat. Jakarta.

Djuwendah, E., & Erna, R. (2008).Analisis Pemasaran dan Strategi Pengembangan Usaha Nilam (Pogostenom cablin Benth) di Kabupaten Garut. Jurnal Sosio humaniora , 10 (3). Jawa Barat.

Elly S., & Mustanir. (2003). Strategi Pengembangan Menyeluruh Terhadap Minyak Nilam (Patchouli Oil) di Provinsi Nanggro Aceh Darussalam. Jurusan Kimia FMIPA Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh.

Herlambang, N.W. (2013). Strategi Pengembangan Agroindustri Minyak Atsiri Kenanga di Industri Kecil Sido Mulyo Kabupaten Boyolali. Skripsi,Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

Hunger, J.D., & Wheelen, T.L. (2003). Manajemen Strategis (6ed.). (J. Agung S, Trans.) Andi Offset. Yogyakarta.

Jakarsih, A. (2008). Pengaruh Kemampuan Manajerial Pengusaha Terhadap Keberhasilan Usaha Pengusaha Sepatu di Sentra Industri Kecil Persepatuan Cibaduyut. Skripsi, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.

Kemal, I. (2013). Strategi Pengembangan Komoditas Nilam (Studi Kasus di Desa Lampuara, Kecamatan Ponrang Selatan, Kabupaten Luwu, Provinsi Sulawesi Selatan. Skripsi. Universitas Hasanuddin. Makassar.

Kinnear, T. C., & Taylor, R.(1998). Riset Pemasaran (3 ed.). Erlangga. Jakarta

Kotler, P. (2000). Manajemen Pemasaran. PT Prenhallindo. Jakarta.

Kotler, P. (2005). ManajemenPemasaran di Indonesia. Salemba Empat. Jakarta.

Kristanto, K.H. (2012). Analisis dan Usulan Perbaikan Sistem Informasi Manajemen Aset Bergerak di Pemerintah Daerah Kabupaten Sanggau. Thesis, Universitas Atma Jaya, Yogyakarta.

Legrisca, M., Yantu, M. R., &Laapo, A. (2013). Pengembangan Strategi Pemasaran Abon Ikan UKM Sri Rejeki Pendekatan Marketing Mix. Jurnal Agrotekbis, 1 (3), 250-258.

Maisarah. (2017). Analisis Nilai Tambah Penggunaan Daun Nilam Kering Dalam Proses Penyulingan Daun Nilam Kering di Kabupaten Aceh Jaya. Skripsi, Universitas Syiah Kuala, Fakultas Pertanian, Banda Aceh.

Nugroho,B.A. (2008). Business Plan Pengembangan Perkebunan Tanaman Nilam Dengan Lahan 20 Ha Di Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam Untuk Pendirian PT Usaha Bersama (UB).Thesis, Universitas Indonesia, Fakultas Ekonomi, Jakarta.

Parhan. (2008). Penentuan Standar Mutu Minyak Nilam di UPTD. Balai Pengujian dan Sertifikasi Mutu Barang Medan. Tugas Akhir DiplomaIII, Universitas Sumatera Utara, Fakultas Farmasi, Medan.

Pujianto, H., Minar, F., &Umi, B. (2012). Analisis Usaha Penyulingan Minyak Nilam (Patchouli Oil) CV Nilam Kencana Jaya di Kecamatan Bantar kawung Kabupaten Brebes. JurnalAgrista

Rahmanto, R.A. (2010). Analisis Strategi Pengembangan Usaha "Elsari Brownies & Bakery" Kota Bogor Jawa Barat. Skripsi,Institut Pertanian Bogor, Fakultas Ekonomi dan Manajemen, Bogor.

Rangkuti,F. (1997). Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. PT Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Sari,P.N.,&Slamet,H. (2010). Analisis Dinamika Ekspor Minyak Nilam Indonesia Ke Amerika Serikat. Jurnal Agro Ekonomi , 17 (1).

Satriyani, H. (2016). Penerapan Reward dan Punishment dalam Peningkatan Kinerja Karyawan Persfektif Ekonomi Islam. Skripsi, Institut Agama Islam Negeri Purwokerto, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Purwokerto.

Wardani, I.K. (2008). Rancang Bangun Sistem Penunjang Keputusan Strategi Pemasaran Minyak Atsiri di Pasar Ekspor. Skripsi, Institut Pertanian Bogor, Fakultas Teknologi Pertanian, Bogor.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 


JIM Agribisnis|JIM Agroteknologi|JIM Peternakan|JIM Teknologi Hasil Pertanian|JIM Teknik Pertanian|
JIM Ilmu Tanah|JIM Proteksi Tanaman|JIM Kehutanan


E-ISSN: 2614-6053 2615-2878 Statistic Indexing | Citation


Alamat Tim Redaksi:
Fakultas Pertanian,Universitas Syiah Kuala
Jl. Tgk. Hasan Krueng Kalee No. 3, Kopelma Darussalam,
Banda Aceh, 23111, Indonesia.
Email:jimfp@unsyiah.ac.id