Analisis Efektifitas Penyaluran Beras Sejahtra (RASTRA) di Kecamatan Darul Imarah Kabupaten Aceh Besar

Reza Fahmi, Anwar Deli, Zakiah Zakiah

Abstract


Daerah penelitian ditentukan secara purposive (secara sengaja) yaitu di Desa Bayu dan Desa Lamcot Kecamatan Darul Imarah Kabupaten Aceh Besar. Penentuan daerah penelitian dilakukan dengan pertimbangan bahwa daerah tersebut memiliki populasi dimana terdapat program subsidi Rastra. Penelitian berlangsung pada bulan Maret sampai dengan April 2018.Penelitian ini dilakukan terkait dengan masalah Keefektifan dalam hal pendistribusian beras sejahtera di Kecamatan Darul Imarah Kabupaten Aceh Besar. Hal ini sangat diperlukan bagi para pengelola program Rastra dalam mengevaluasi dan menilai efektivitas pelaksanaan programRastra.Populasi dalam penelitian ini adalah Masyarakat di Kecamatan Darul Imarah Kabupaten Aceh Besar yang menerima subsidi Beras Sejahtera dari pemerintahan setempat. Pengambilan sampel dilakukan secara Purposive Sampling. Adapun yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah 50 Rumah Tangga Sasaran Penerima Manfaat (RTS-PM) di Kecamatan Darul Imarah Kabupaten Aceh Besar. Hasil penelitian bahwa efektifitas sistem pendistribusian rastra di Kabupaten Aceh Besar sudah dilaksanakan dengan cukup baik, karena dari 6 indikator responden menjawab sudah tepat 3 indikator diantaranya: tepat harga, tepat kualitas dan tepat administrasi, dapat lihat nilai rata-rata jawaban responden yang menjawab sudah tepat sebanyak 86% dan 14% yang menjawab tidak tepat. Selanjutnya ketidaktepatan sasaran, tepat jumlah dan tepat waktu beras yang diterima juga ikut mempengaruhi tingkat keberhasilan pelaksanaan program penyaluran Rastra. Maka penyaluran Rastra di Desa Bayu dan Desa Lamcot Kecamatan Darul Imarah Kabupaten Aceh Besar belum dilaksanakan dengan sangat baik, karena dari 6 indikator masih ada 3 indikator yang belum tepat/tidak efektif. Sesuai dengan nilai rata-rata jawaban responden yang menjawab sudah tepat sebanya 19,3% dan 80,7% yang menjawab tidak tepat.


Keywords


Efektifitas; Penyaluran; Rastra; Effectiveness; Distribution; Rastra

Full Text:

PDF

References


Arifin, Bustanul. 2001. Ekonomi Politik dan Kebijakan Publik. Jakarta: PT Grasindo

BULOG, 2017. Pedoman Umum Program Beras Untuk Keluarga Miskin (Raskin). Direktorat Jenderal Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Departemen Dalam Negeri dengan Perum BULOG.

BPS, 2006. Direktori Rumah Tangga Miskin Kecamatan Babalan Kabupaten Langkat, BPS Kabupaten Langkat. Dalam : Analisis Efektivitas Dan Efisiensi Distribusi Raskin (Yanita Sari,2007). FP-USU, Medan

Harianto, 2001. Pendapatan, Harga dan Konsumsi Beras. Dalam : Bunga Rampai Ekonomi Beras (Suryana, A. dan S. Mardianto,2001). LPEM FE-UI, Jakarta.

Harmoko, 2010. Pendapatan, Harga dan Konsumsi Beras. Dalam : Bunga Rampai Ekonomi Beras (Suryana, A. dan S. Mardianto,2001). LPEM FE-UI, Jakarta.

Kurniawan, Agung. 2005. Transformasi Pelayanan Publik. Yogyakarta, Pembaharuan.

Nafis, Badratun. 2014. Efektivitas di Gampong Benot Kecamatan Meureudu Kabupaten Pidie Jaya. Unsyiah. Banda Aceh Darussalam.

Nainggolan, K., 2005. Peningkatan Ketahanan Pangan Masyarakat Dalam Rangka Revitalisasi Pertanian, Perikanan dan Kehutanan. Dalam : Majalah Pangan. Edisi No.45/XIV/Juli/2005.

Mahmudi. 2005. Manajemen Kinerja Sektor Publik. Yogyakarta, UPP AMP YKPN.

Maryana, Nina. 2011. Implementasi Program Beras Miskin (Raskin) di Kelurahan Kabayan Kecamatan Pandeglang Kabupaten Pandeglang. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. FISIP. Serang, Banten.

Purwadi, B., 2000. Riset Pemasaran. Grasindo, Jakarta.

Pitapurwati, Winria. 2014. Pelaksanaan Penyaluran Raskin Di Kecamatan Sumarorong Kabupaten Mamasa. Universitas Hasanuddin. FISIP.

Pratiwi, Rafika. 2016. Analisis Program Raskin Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Menurut Ekonomi Islam. Ekonomi Bisnis Islam. UIN Raden Intan.

Rizky, Bahar. 2011. Efektivitas dan Efisien. http://baharizky.blogspot.com/2011/03/ efektifitas-dan-efisien.html. (online). 05 Februari 2015.

Remi, S. S., dan P. Tjiptoherijanto, 2002. Kemiskinan dan Ketidakmerataan di Indonesia. Rineka Cipta, Jakarta.

Sudarmono, 2006. Politik Beras dan Ketahanan Bangsa. Dalam : Analisis Efektivitas Dan Efisiensi Distribusi Raskin (Yanita Sari,2007). FP-USU, Medan.

Sugiyono. 2010. Http://repository.usu.ac.id/handle/123456789/40094. Diakses pada tanggal 3 April 2014. Dalam : Analisi Efektivitas di Gampong Benot Kecamatan Meureudu Kabupaten Pidie Jaya. Unsyiah. Banda Aceh Darussalam.

Sukirno, S., 2002. Pengantar Teori Mikroekonomi. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Sulaksono, B., 2003. Kebijakan Bulog dalan Pengadaan Beras. Dalam : Implementasi Beras Miskin (Raskin) tahun 2015 di Kabupaten Prisengwu (Ekoman Suryadi, 2015). FISIP-Universitas Lampung, Bandar Lampung.

Suparmoko, M. 2003. Keuangan Negara Dalam Teori dan Praktik. Edisi ke-5, Hal-34. Yogyakarta: BPFE. Dalam : Analisi Efektivitas di Gampong Benot Kecamatan Meureudu Kabupaten Pidie Jaya. Unsyiah. Banda Aceh Darussalam.

Suryadi, Ekoman. 2016. Implementasi Program Beras Miskin (Raskin) Tahun 2015 di Kelurahan Pringsewu Barat Kecamatan Pringsewu Kabupaten Pringsewu. Universitas Lampung. FISIP. Lampung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 


JIM Agribisnis|JIM Agroteknologi|JIM Peternakan|JIM Teknologi Hasil Pertanian|JIM Teknik Pertanian|
JIM Ilmu Tanah|JIM Proteksi Tanaman|JIM Kehutanan


E-ISSN: 2614-6053 2615-2878 Statistic Indexing | Citation


Alamat Tim Redaksi:
Fakultas Pertanian,Universitas Syiah Kuala
Jl. Tgk. Hasan Krueng Kalee No. 3, Kopelma Darussalam,
Banda Aceh, 23111, Indonesia.
Email:jimfp@unsyiah.ac.id