Analisis Perbandingan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen pada Pasar Modern dan Pasar Tradisional di Kota Banda Aceh

Cut Putri Fahrina, Teuku Makmur, Indra Indra

Abstract


Pasar merupakan salah satu tempat dimana konsumen dapat memenuhi kebutuhannya. Dewasa ini masyarakat mulai tertarik berbelanja buah dipasar modern karena menganggap bahwa kualitas pelayanan pada pasar modern lebih dapat memenuhi kepuasan konsumen. Akan tetapi tidak semua pasar memberikan kualitas pelayanan yang baik agar tercipta kepuasan bagi konsumen. Pada pasar modern dan pasar tradisional di Banda Aceh terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan dan dibenahi agar kualitas pelayanannya lebih baik dan dapat memenuhi kepuasan konsumen. Sampel pada penelitian ini adalah sebanyak 30 konsumen pada pasar modern yaitu Suzuya Mall dan 30 konsumen pada pasar tradisional yaitu Pasar Peunayong. Penelitian dilakukan dengan menyebarkan kuesioner. Data diolah menggunakan Analisis gap service quality dan Analisis kuadran IPA (Importance Performance Analysis). Hasil penelitian menunjukkan dari 15 atribut kualitas pelayanan yang dianalisis, terdapat 5 atribut yang sudah memenuhi kepuasan konsumen pada pasar modern dan 4 atribut pada pasar tradisional. Adapun atribut kualitas pelayanan tersebut berbeda pada kedua pasar. Pada analisis kuadran IPA (Importance Performance Analysis) terdapat atribut kualitas pelayanan yang berbeda di kedua pasar yang merupakan prioritas utama untuk dibenahi.


Keywords


Kualitas Pelayanan; Kepuasan Konsumen; Pasar Service

Full Text:

PDF

References


Afriandi dan Sitohang. 2016. Pengaruh Kualitas Layanan, Harga, dan Fasilitas terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen. Vol.5 No.6: 4-12.

Ananda, I. P. (2018). Analisis Komparatif Minat Konsumen Terhadap Buah-buahan pada Pasar Modern (Suzuya Mall) dan Pasar Tradisional (Pasar Peunayong) di Kota Banda Aceh. Banda Aceh: Universitas Syiah Kuala.

Cahyani, F. (2016). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen , 3.

Firdian, E. (2012). Aplikasi Metode Servqual dan Six Sigma dalam Menganalisis Kualitas Layanan PT. PLN (Persero) Unit Pelayanan Jaringan (UPJ) Dinoyo Malang. Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Rekayasa , 51-60.

Fuadatinnisa, B. (2018). Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap Kualitas Produk Buah Jeruk Agrowisata Petik Jeruk Desa Selorejo, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang. Malang: Universitas Brawijaya.

Kotler, P. (2000). Manajemen Pemasaran di Indonesia. Jakarta: Salemba Empat.

Maria, Monica dan Anshori, Mohammad Yusak. 2013. Jurnal Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen King Cake . Jurnal Manajemen Teori dan Terapan. Tahun 6 (1): 4-7.

Moha, S. dan Loindong S. 2016. Analisis Kualitas Pelayanan dan Fasilitas terhadap Kepuasan Konsumen pada Hotel Yuta di Kota Manado. Jurnal EMBA. Vol.4 No.1 : 579.

Mustofa, Muchamad. dkk. 2014. Analisis Tingkat Kualitas Pelayanan Jasa dengan Metode Service Quality (Ervqual) Fuzzy Di Pt. Pos Indonesia Sidoarjo. Jurnal Universitas Pembangunan Nasional Jawa Timur. Hal: 4.

Minarni,E. dan Nurhadi, A. 2016. Analisis Tingkat Kepuasan Pelanggan Terhadap Pelayanan Pasar Tradisional Besuki Tulungagung. Jurnal Benefit. Vol.3 No.1: 45

Parasurman, A., Berry, Leonard L, and Zeithaml, Vaarie A. 1985. A Conceptual Model of Service Quality and its Implications fot Fiture Research. Journal of Marketing. Vol.49: 42-50.

Prasastono, N. dan Pradapa, S.Y.F. 2012. Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Kentucky Fried Chicken Semarang Candi. Jurnal Dinamika Kepariwisataan. Vol. XI No. 2.

Sahnaz, C. T. (2016). Analisis Perbandingan Tingkat Kepuasan Konsumen Terhadap Kualitas Pelayanan Antara Rumah Makan Tradisional Aceh dengan Cepat Saji di Kota Banda Aceh . Banda Aceh: Universitas Syiah Kuala.

Supranto, J. (2001). Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan untuk Menaikkan Pangsa Pasar . Jakarta: Rineka Cipta.

Toriq, M. dan Martoatmodjo, S. 2014. Pengaruh Fasilitas dan Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Pelanggan pada SPBU PERTAMINA 54.612.64 di Sidoarjo. Jurnal Ilmu & Riset Manajemen. Vol.3 No.8: 5-6.

Umiyati dan Suyoto. 2014. Analisis Perbandingan Kepuasan Konsumen atas Pelayanan Minimarket Indomaret da Alfamart di wilayah Dukuwaluh. Jurnal Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Hal: 67-68.

Yunus dan Budianto. 2014. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Ilmu & Riset Manajemen. Vol.3 No 12.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 


JIM Agribisnis|JIM Agroteknologi|JIM Peternakan|JIM Teknologi Hasil Pertanian|JIM Teknik Pertanian|
JIM Ilmu Tanah|JIM Proteksi Tanaman|JIM Kehutanan


E-ISSN: 2614-6053 2615-2878 Statistic Indexing | Citation


Alamat Tim Redaksi:
Fakultas Pertanian,Universitas Syiah Kuala
Jl. Tgk. Hasan Krueng Kalee No. 3, Kopelma Darussalam,
Banda Aceh, 23111, Indonesia.
Email:jimfp@unsyiah.ac.id