Identifikasi Faktor Penghambat Usahatani Nilam di Kecamatan Lhoong, Kabupaten Aceh Besar

Aulia Persada, Teuku Makmur, Sofyan Sofyan

Abstract


Nilam dengan nama ilmiah Pogostemon patchouli Pellem merupakan salah satu tanaman yang menghasilkan minyak atsiri (essential oil). Salah satu kecamatan yang memiliki potensi penanaman tanaman nilam dari segi geografis dan iklim adalah Kecamatan Lhoong. Kualitas minyak atsiri yang bagus ditambah dengan nilai ekonomis yang tinggi merupakan potensi besar dari usahatani. Namun potensi ini tidak termanfaatkan oleh masyarakat Kecamatan Lhoong, hal ini terlihat dari sedikitnya usahatani nilam yang ada di Kecamatan tersebut.  Rendahnya keberadaan usahatani nilam di Kecamatan Lhoong dipengaruhi oleh adanya faktor penghambat. penelitian ini bertujuan untuk mengidnetifikasi faktor – faktor yang menghambat usahatani nilam dan mengetahui faktor yang paling menghambat usahatani nilam di Kecamatan Lhoong. Dalam penelitian ini digunakan analisis Analitycal Hierarchy Process (AHP), untuk mengetahui tingkat prioritas dari setiap faktor yang menghambat. Dari penelitian ini disimpulkan bahwa usahatani nilam di Kecamatan Lhoong terhambat oleh faktor harga, modal, pemasaran, ketersediaan tenaga kerja setempat, ketersediaan bibit, ketersediaan ketel penyulingan, akses lahan dan skill. Berdasarkan pengolahan AHP dapat disimpulkan bahwa faktor yang paling menghambat adalah faktor harga dengan bobot 0,301 diikuti faktor modal dengan bobot 0,239, ketersediaan ketel penyulingan dengan bobot 0,113, ketersediaan tenaga kerja lokal dengan bobot 0,106, pemasaran dengan bobot 0,086, ketersediaan bibit unggul


 

Keywords


Faktor Penghambat, Usahatani Nilam ; Inhibiting Factors, Patchouli Farming

Full Text:

PDF

References


Aceh Besar Dalam Angka 2016. 2017. BPS Aceh Besar.

Aceh Besar Dalam Angka 2017. 2018. BPS Aceh Besar.

Arikunto, S. 2002. Metodologi Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. PT. Rineka Cipta. Jakarta.

Darwis, Khaeriyah. (2017). Ilmu Usahatani ; Teori dan Penerapan. CV Inti Mediatama. Makassar.

Ekawati, N.P., Muttaqien, A.Y., dan Sugiyarto. 2013. Analisis Faktor yang Paling Berpengaruh Terhadap Kinerja dan Prioritas Rehabilitasi Subsistem Drainase Wilayah. e-Jurnal Matriks Teknik Sipil. 1 (4).

Hasan, I. 2006. Analisis Data Penelitian dengan Statistik. Bumi Aksara. Jakarta.

Kementrian Perindustrian Republik Indonesia. Berita : Pemasok 90% Bahan Baku Dunia, Tapi RI Masih Impor Parfum. http://www.kemenperin.go.id/artikel/1921/. Diakses : Tanggal 20 Desember 2018.

Marimin. 2004. Teknik dan Aplikasi Pengambilan Keputusan Kriteria Majemuk. PT Gramedia Widiasarana Indonesia. Jakarta.

Nursalam. 2008. Konsep dan Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan. Salemba Medika. Jakarta.

Rahman, F. 2015. Analisis Situasi Pasar Kambing Sabeni Tanah Abang Jakarta Pusat. Skripsi. Departemen Agribisnis, Fakultas Ekonomi dan Manajemen, Institut Pertanian Bogor, Bogor.

Riyansyah. 2008. Faktor Penghambat Pemakaian Traktor Dalam Pengolahan Tanah Sawah di Kecamatan Dramaga, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Skripsi. Departemen Teknik Pertanian, Fakultas Teknologi Pertanian, Institut Pertanian Bogor, Bogor.

Saaty, Thomas L. 1993. Pengambilan Keputusan Bagi Para Pemimpin. Dalam : Faktor – Faktor Penghambat Pemakaian Traktor Dalam Pengolahan Tanah Sawah Kecamatan Dramaga, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Sekaran, U. 2006. Metode Penelitian Untuk Bisnis 1. (4th ed). Salemba Empat. Jakarta.

Sipangkar, D.I. dan Sitindaon, C. 2018. Kajian Pemilihan Moda Transportasi Rute Bandara Kuala Namu- Medan. Jurnal Rekayasa Konstruksi Mekanika Sipil. 1 (2).

Sudaryani, T dan E. Sugiharti. 1989. Budidaya dan Penyulingan Nilam. Dalam : Sumarsono. Perilaku kadar air daun nilam hasil pengeringan secara rotasi dengan traydryer. Ilmu – ilmu pertanian indonesia. Volume 7, No. 1, 2005, Hlm. 59-67.

Sudjana, N. 2001. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Sinar Baru. Bandung.

Sumarni, Anggraini, R., Dan Caisarina, I, 2017. Prioritas Pemilihan Moda Untuk Rute Perjalanan Banda Aceh – Langsa dengan Metode Analytical Hierarchy Process. Jurnal Teknik Sipil Universitas Syiah Kuala. Volume 6, Nomor 2.

Suratiyah, Ken. 2006. Ilmu Usahatani. Penebar Swadaya. Depok.

Tim Trubus. 2009. Minyak Asiri. Trubus Swadaya. Jakarta.

Widiatmaka, W., Ambarwulan, W., Dan Sudarsono, S.2016. Spatial Multi-Criteria


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 


JIM Agribisnis|JIM Agroteknologi|JIM Peternakan|JIM Teknologi Hasil Pertanian|JIM Teknik Pertanian|
JIM Ilmu Tanah|JIM Proteksi Tanaman|JIM Kehutanan


E-ISSN: 2614-6053 2615-2878 Statistic Indexing | Citation


Alamat Tim Redaksi:
Fakultas Pertanian,Universitas Syiah Kuala
Jl. Tgk. Hasan Krueng Kalee No. 3, Kopelma Darussalam,
Banda Aceh, 23111, Indonesia.
Email:jimfp@unsyiah.ac.id