Penerapan Teknologi Jajar Legowo Super 2:1 Terhadap Pendapatan Anggota Kelompok Tani Lanjut Dan Madya Di Kecamatan Indrapuri Kabupaten Aceh Besar

Syahfina Aulia Harahap, Safrida Safrida, Teuku Makmur

Abstract


Sektor pertanian merupakan salah satu sektor yang penting peranannya dalam memproduksi pangan demi memenuhi kebutuhan sebahagian besar masyarakat Indonesia. Kemajuan sektor pertanian dapat dilihat hingga sejauh mana kemajuan pembangunan pertanian yang merupakan suatu proses yang ditunjukkan untuk memperbesar produksi pertanian sekaligus mempertinggi pendapatan produktivitas usahatani.Pembangunan pertanian di Indonesia sampai saat ini belum mampu menunjukkan hasil yang maksimal jika dilihat berdasarkan tingkat kesejahteraan petani serta kontribusinya terhadap pendapatan petani nasional.Inovasi - inovasi baru untuk komoditas padi sawah sudah dilaksanakan di Kecamatan Indrapuri Kabupaten Aceh Besar, salah satunya yaitu teknologi jajar legowo super 2:1 terhadap kelompok tani lanjut dan madya agar dapat meningkatkan produksi dan pendapatan petani. Akan tetapi, dalam penerimaannya belum dapat dipastikan secara jelas apakah petani sudah menerapkan teknologi tersebut dengan baik sesuai dengan ketentuan yang sudah dianjurkan oleh penyuluh. Jurnal ini bertujuan untuk menganalisis tingkat penerapan teknologi jajar legowo super 2:1 pada kelompok tani lanjut dan madyasertauntukmengetahui perbedaan pendapatan antara kelompok tani lanjut dan madya terhadap penerapan teknologi jajar legowo super 2:1di Kecamatan Indrapuri Kabupaten Aceh Besar.Populasi penelitian ini sebanyak 2.423petanipadakelompoktanilanjutdanmadyadan sampelnya sebanyak 44petani yang merupakan 15% jumlahmasing-masing populasi. Penelitian dilakukan dengan menyebarkan kuesioner. Data diolah menggunakan Analisis Deskriptif, AnalisisPendapatan, Uji Beda Rata- Rata. Hasil penelitian menunjukkan petani pada kelompok tani lanjut dan madya di Kecamatan Indrapuri Kabupaten Aceh Besar sudah menerapkan teknologi jajar legowo super 2:1 sesuai dengan anjuran dan arahan yang diberikan oleh penyuluh. Secara statistik diketahui bahwa nilai zhitung = 21,49>z α /2 = 0.025, hal ini menunjukkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Terdapat perbedaan pendapatan antara petani padi sawah pada kelompok tani lanjut dan madya terhadappenerapan teknologi jajar legowo super 2:1.

Keywords


Jajar Legowo Super 2:1; Kelompok Tani Lanjut dan Madya; Pendapatan;

Full Text:

PDF

References


Akhir, A. 2018. Analisis Perbandingan Produksi dan Pendapatan Usahatani Jajar Legowo dan Jajar Legowo Super di Kecamatan Indrapuri Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Mahasiwa Pertanian Unsyiah. 4 : 563-576.

Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta, Jakarta.

Basuno, E. 2003.Kebijakan Sistem Desiminasi Teknologi Pertanian: Belajardari BPTP NTB. Analisis Kebijakan Pertanian. Puslitbang Sosek Pertanian. 3: 238-254.

Gustiyana.H. 2004. Analisis Pendapatan Usahatani untuk Produk Pertanian. Salemba empat, Jakarta.

Husnain, Nursyamsi, d.., Syakir, M. 2016.Teknologi Pemupukan Mendukung Jarwo Super. JurnalSumberdayaLahan, 10: 1 – 10.

Ibrahim. 2003. Strategi Pembangunan Pertanian Sebuah Pemikiran Baru.Lappera Pusta Utama, Yogyakarta.

Ikbal, M. 2014. Peranan Kelompok Tani Dalam Meningkatkan Pendapatan Petani Padi Sawah Di Desa Margamulya Kecamatan Bungku Barat Kabupaten Morowali. Jurnal Agrotekbis. 5 : 505-509.

Kementan.2007. Pedoman Penumbuhan dan Pengembangan Kelompok Tani dan GabunganKelompok Tani. Departemen Pertanian, Jakarta.

Prasetia, R. 2015. Peranan Kelompok Tani Dalam Peningkatan Pendapatan Petani Kopi Di Kelurahan TuguKecamatan Sumberjaya Kabupaten Lampung Barat. Jurnal IlmiahIlmu Agribisnis. 3: 301-306.

Rusli, S. 1983. Pengaruh Kebijakan Pemenrintah Terhadap Produksi dan Pendapatan Usahatani Padi di Wilayah Bosowasipilu Selawesi Selatan. Jurnal Aplikasi Manajemen. 8.

Simatupang, P. 1996. Toward Sustainable Food Security : The Need For A New PardigmIn : Indonesia’s Economics Crisis : Effects on Agriculture and Policy Response.University of Adelaide.

Sumardjo.2014. Peran Kepemimpinan Kelompok Tani dan Efektivitas Pemberdayaan Petani.Jurnal Sosiologi Pedesaan. 3 : 182-199.

Van Den Ban A, W, Hawkins. 1999. PenyuluhanPertanian. Kanisius, Yogyakarta.

Wacim dan Dani, U. 2016. Modifikasi Jarak Tanam Legowo Dua Terhadap Pertumbuhan, Komponen Hasil Dan Hasil Tanaman Padi (Oryzasativa L.) Kultipar Inpari 30. AgrivetJournal.2:286-294.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 


JIM Agribisnis|JIM Agroteknologi|JIM Peternakan|JIM Teknologi Hasil Pertanian|JIM Teknik Pertanian|
JIM Ilmu Tanah|JIM Proteksi Tanaman|JIM Kehutanan


E-ISSN: 2614-6053 2615-2878 Statistic Indexing | Citation


Alamat Tim Redaksi:
Fakultas Pertanian,Universitas Syiah Kuala
Jl. Tgk. Hasan Krueng Kalee No. 3, Kopelma Darussalam,
Banda Aceh, 23111, Indonesia.
Email:jimfp@unsyiah.ac.id