Analisis Distribusi dan Efisiensi Pemasaran Pupuk Magnesium Kieseriete di Kecamatan Indrapuri Kabupaten Aceh Besar

Nita Fitriawati, Akhmad Baihaqi, Suyanti Kasimin

Abstract


Abstrak. Kecamatan Indrapuri merupakan salah satu kecamatan yang memproduksi pupuk magnesium kieseriete. Terdapat tiga perusahaan pupuk magnesium kieseriete yang ada di Kecamatan Indrapuri Kabupaten Aceh Besar yaitu CV. Agro Makmur Mandiri,CV Raja Tambang Mas dan CV. Pusaka Alam. Ketiga perusahaan tersebut merupakan kegiatanusaha yang memproduksidanmemasarkan pupuk magnesium kieseriete. Harga pupuk magnesium kieseriete ditingkat produsen sebesar Rp 620 - 660/Kg. Sedangkan harga pupuk magnesium kieseriete ditingkat konsumen sebesar Rp 660/Kg sampai Rp 5.033/Kg. Setiap perusahaan didalam menjalankan usahanya tentunya ingin mendapatkan keuntungan yang optimal, maka diperlukan adanya sistem distribusi yang efisien. Penelitian ini bertujuan untukmenganalisis saluran distribusi dan efisiensi pemasaran pupuk magnesium kieseriete di Kecamatan Indrapuri Kabupaten Aceh Besar, untuk mengetahui kendala-kendala distribusi yang dihadapi perusahaan pupuk magnesium kieseriete di Kecamatan Indrapuri Kabupaten Aceh Besar.Jenis penelitian yang digunakan yaitu data kuantitatif dan kualitatif. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis margin pemasaran, pendapatan, efisiensi pemasaran dan analisis deskriptif untuk mengetahui kendala-kendala dalam distribusi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan usaha pada ketiga perusahaan pupuk magnesium kieseriete mencakup input, proses produksi, output dan pemasaran. Terdapat dua jenis saluran distribusi untuk pupuk magnesium kieseriete, Saluran I : Produsen, Distributor, Pedagang Pengecer dan Konsumen Petani. Saluran II : Produsen dan Konsumen Perusahaan. Berdasarkan hasil analisis efisiensi pemasaran pupuk magnesium kieseriete pada perusahaan produsen pupuk magnesium kieseriete sama-sama sudah efisien.Akan tetapi CV. Agro Makmur Mandiri lebih efisien dibandingkan kedua CV lainnya. Hal ini dapat dilihat dari nilai efisiensi pemasaran CV. Pusaka Alam yaitu sebesar 24,19 %. Berdasarkan analisis deskriptif kendala-kendala pemasaran yang dihadapi produsen perusahaan pupuk magnesium kieseriete adalah faktor alam yaitu apabila musim hujan pengambilan bahan baku di pegunungan menjadi terhambat dikarenakan situasi pegunungan yang becek, proses pengeringan pupuk menjadi terhambat, dan harga pupuk magnesium kieseriete yang berfluktuasi.


Keywords


Pupuk Magnesium Kieseriete; Distribusi; Efisiensi Pemasaran;

Full Text:

PDF

References


Ade Budiargo, R. P. 2015. Manajemen Pemupukan Kelapa Sawit (Elaeis Guineensis Jacq) Di Perkebunan Kelapa Sawit Kalimantan Barat.Jurnal Agrohorti. Vol 3 No.2. Jurusan Agronomi dan Holtikultura Fakultas Pertanian Institut Pertanian Bogor, Bogor.

Agro Makmur Mandiri, 2017. Pupuk Kieseriete Magnesium Cap Bola Dunia. https://www.agromakmurmandiri.com/produk. diakses tanggal 19 November 2018.

Cindy Dwi Hartitianingtias, J. S. 2015. Analisis Efisiensi Pemasaran Kedelai Di Kabupaten Grobogan. Jurnal Agrista. Vol. 3 No. 2. Jurusan Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

Dumairy. 2004. Matematika Untuk Bisnis dan Ekonomi. Bina Aksara. Jakarta

Fitria, I. 2016. Komparasi Efisiensi Pemasaran Sayur-sayuran di Daerah Dataran Tinggi dan Dataran Rendah..Skripsi. Universitas Syiah Kuala. Banda Aceh.

Fitriana, W. 2008. AnalisisSistem Distribusi Pupuk Bersubsidi Di Sumatera Barat. Jurnal Agribisnis Kerakyatan. Vol.1 No.2. Jurusan Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Andalas, Sumatera Barat.

Kasimin, S. 2013. Keterkaitan Produk Dan Pelaku Dalam Pengembangan Agribisnis Holtikultura Unggulan Di Provinsi Aceh. Jurnal Manajemen Agribisnis. Vol . 10 No. 2.

Mahkota Fertilizer, 2018. https://Pupukmahkota.co.id/about/tentang_kami.html diakses tanggal 22 November 2018.

Meilisa, D. (2012). Analisis Pendapatan dan Efisiensi Pemasaran Kilang Padi Blang Weu Di Desa Lambunot Kecamatan Simpang Tiga Kabupaten Aceh Besar. Skripsi. Universitas Syiah Kuala. Banda Aceh.

Rivaldi Lantapa, M. M. 2015. Analisis Keuntungan Usaha Pupuk Organik Di Perusahaan CV. Agroniaga Mandiri Kecamatan Bintauna. JurnalZootek. Vol. 35 No. 2. Fakultas Peternakan Universitas Sam Ratulangi, Manado.

Sudasty, I. 2016. Analisis Perbandingan Pendapatan Usahatani Sayuran Berdasarkan Pola Inversifikasi Dan Monokultur Di Desa Cot Yang Kecamatan Kuta Baro Kabupaten Aceh Besar.Skripsi. Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala.Banda Aceh.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 


JIM Agribisnis|JIM Agroteknologi|JIM Peternakan|JIM Teknologi Hasil Pertanian|JIM Teknik Pertanian|
JIM Ilmu Tanah|JIM Proteksi Tanaman|JIM Kehutanan


E-ISSN: 2614-6053 2615-2878 Statistic Indexing | Citation


Alamat Tim Redaksi:
Fakultas Pertanian,Universitas Syiah Kuala
Jl. Tgk. Hasan Krueng Kalee No. 3, Kopelma Darussalam,
Banda Aceh, 23111, Indonesia.
Email:jimfp@unsyiah.ac.id