Analisis Faktor-Faktor Dan Kecederungan Konsumen Terhadap Konsumsi Apel Lokal Dan Impor Di Kota Banda Aceh (Studi Kasus Di Suzuya Mall)

Alfi Husna, Muhammad Yuzan Wardhana, Zulkaranain Zulkarnain

Abstract


Indonesia merupakan negara yang memiliki peluang sangat besar untuk mengembangkan bidang hortikultura, namun Indonesia tidak memanfaatkan potensi dan peluang tersebut secara maksimal sehingga Indonesia masih membutuhkan bantuan dari negara lain untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan buah. tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor apa yang mempengaruhui konsumen mengkonsumsi buah apel lokal dan impor di Kota Banda Aceh dan untuk mengetahui kecenderungan konsumen mengkonsumsi buah apel lokal dan impor di Kota Banda Aceh. Pengumpulan data dilakukan dengan metode survey menggunakan kuesioner. Jenis data yang dikumpulkan adalah data primer dan data sekunder. Model analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah model analisis regresu logistik dengan bantuan SPSS. Berdasarkan hasil analisis, secara simultan (uji G) variabel harga, pendapatan, pendidikan dan jumlah keluarga sama-sama mempengaruhi variabel Y (Variabel kecenderungan konsumen mengkonsumsi buah apel) sedangkan secara parsial (Uji wald) ada dua variabel yang signifikan mempengaruhi variabel Y, yaitu variabel harga (X1) dan pendapatan (X2), dengan nilai signifikannya 0.046 (X2)  dan 0.039 (X2). Hasil analisis berdasarkan odds ratio  yaitu: dari segi harga,  okal 1  kali terhadap buah apel impor. Dan dari segi pendapatan kecenderungan konsumen dalam mengkonsumsi buah apel lokal juga 1 kali terhadap buakecenderungan konsumen dalam mengkonsumsi buah apel lh apel impor, artinya tidak terdapat perbedaan konsumen dalam mengkonsumsi buah apel lokal dan impor di Kota Banda Aceh.

 


Keywords


Konsumsi;Regresi Logistik;Buah Apel Lokal dan impor;Consumption;Logistic Regression;Local and Imported Aples.

Full Text:

PDF

References


Astuti, 2018. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pola Konsumsi Mahasiswa (Studi Kasus: Mahasiswa Jurusan Pendidikan IPS FITk UIN

Syarifhidayatullah Jakarta). Skripsi. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Kejurusan Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah. Jakarta.

Fauziah. E, Rahayu. J, N. 2012. Preferensi Konsumen Terhadap Buah Apel Impor Di Toko Buah Hokky Dan Pasar Tradisional Ampel Surabaya. Agriekonomika, ISSN 2301-48. Univesitas Trunojoyo Madura.

Hemalia, R. 2015. Vitamin C Intake and Susceptibility To Common Cold. British Journal Of Nutrion (1997), 77, 59-72.

Hudori,H.A. 2016. Determinan Dan Probabilitas Status Kemiskinan Rumah Tangga Di Provinsi Aceh. Magister Ilmu Ekonomi. Tesis.

Hosmer, D. Lemeshow. 1989. Applied Regression Logistic. New York. Jhon Wiley dan son.

Kadariah.2002. Analisis Pendapatan Nasional. Bina Aksara. Jakarta.

Ningsih, G, M. 2009. Analisis Kelayakan Finansial dan Sensitivitas Usaha Tanaman Apel di Malang Raya. Universitas Muhammadiyah Malang.

Nurcahyati.2014. Distribusi Buah Lokal Dan Buah Import.Serat Acitya – Jurnal Ilmiah UNTAG Semarang.

Rinawati, Yantu,M.R. dan Ruaf, R.A,. 2014. Pengaruh Pendapatan Terhadap Konsumsi Masyarakat Tani Padi Sawah di Desa Karawana Kecamatan Dolo Kabupaten Sigi. E-Jurnal Agrotekbis 2 (6) : 652-659.

Sitohang, Martunis. 2004. Konsumsi Masyarakat dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Konsumsi. Bina Grafika.

Sufrida dalam Wulandari, A. 2015.Daya Anti Bakteri Ekstrak Buah Apel Manalagi Terhadap Bakteri Salmonella Thyposa. Jurnal Apelhijau Vol.2,No.1.

Wulandari,A. 2015. Daya Anti Bakteri Ekstrak Buah Apel Manalagi Terhadap Bakteri Salmonella Thyposa. Jurnal Apel hijau Vol.2,No.1.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 


JIM Agribisnis|JIM Agroteknologi|JIM Peternakan|JIM Teknologi Hasil Pertanian|JIM Teknik Pertanian|
JIM Ilmu Tanah|JIM Proteksi Tanaman|JIM Kehutanan


E-ISSN: 2614-6053 2615-2878 Statistic Indexing | Citation


Alamat Tim Redaksi:
Fakultas Pertanian,Universitas Syiah Kuala
Jl. Tgk. Hasan Krueng Kalee No. 3, Kopelma Darussalam,
Banda Aceh, 23111, Indonesia.
Email:jimfp@unsyiah.ac.id