Pengaruh Faktor Produksi Terhadap Produksi Usahatani Cabai Merah (Capsicum Annuum L) di Kecamatan Lembah Seulawah Kabupaten Aceh Besar

Dini Maulidia, Zulkarnain Zulkarnain, Anwar Deli

Abstract


Cabai merah merupakan tanaman hortikultura yang banyak dibudidayakan di indonesia. Pada tahun 2015 luas panen di kecamatan Lembah Seulawah sebesar 21 Ha dan pada tahun 2016 luas panen sebesar 42 Ha, hal ini terjadi peningkatan di luas panen namun, dengan meningkatnya luas panen tidak serta dalam peningktan produktivitas cabai merah di Kecamatan Lembah Seulawah.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor produksi Luas lahan, modal dan tenaga kerja yang mempengaruhi produksi cabai merah di Kecamatan Lembah Seulawah, juga untuk menganalisis efisiensi dari penggunaan faktor produksi pada usahatani cabai merah di Kecamatan Lembah Seulawah Kabupaten Aceh Besar. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode Cobb-Douglass, rumus efisiensi penggunaan faktor produksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara serempak (Uji F) faktor produksi luas lahan, modal dan tenaga kerja berpengaruh nyata terhadap produksi cabai merah, adapun hasil analisis secara parsial (Uji t) menyatakan bahwa faktor luas lahan(X1), modal (X2) dan tenaga kerja(X3) berpengaruh nyata terhadap produksi cabai merah di Kecamatan Lembah Seulawah Kabupaten Aceh Besar. Sedangkan hasil analisis efisiensi penggunaan faktor produksi pada usahatani cabai merah pada efisiensi teknis yaitu 0,8455 hal ini menjelaskan faktor produksi tidak efisien secara teknis, pada efisiensi harga luas lahan dan tenaga kerja tidak efisien namun pada modal hasil efisiensi harga tidak efisien, pada efisiesni ekonomis luas lahan dan tenga kerja tidak efisien dan untuk modal tidak efisien

 


Keywords


Faktor Produksi; Efisiensi;Cobb Douglass ;Cabai Merah; Production Factors; Efficiency; Cobb Douglass; Red Chili

Full Text:

PDF

References


Andoko, A. 2007. Cabai Merah secara Vertikultur Organik. Penebar Swadaya. Jakarta.

Arikunto. S. 2006. Metode Penelitian Kualitatif. Bumi Aksara. Jakarta.

Arisa, N. 2017. Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Tingkat Penjualan Dalam Perspektif Etika Bisnis Islam (Studi Pada Rahmat Batik Lampung, Bandar Lampung). Skripsi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam LAIN Raden Intan Lampung. Lampung.

McCave, Benson Sincich. 2010. Statistik Untuk Bisnis dan Ekonomi. Terjemahan: Bob Sabran, Jilid 1, Ed ke 11. Jakarta (ID): Erlangga. 604 hal.

Nicholson, Walter. 2002. Mikroekonomi Internediate. Binarupa Aksara. Jakarta.

Shinta, A. 2011. Ilmu Usahatani. Universitas Brawijaya Press. Magelang.

Soekartawi. 2002. Prinsip Dasar Ekonomi Pertanian Teori dan Aplikasi, PT. Raja Grafindo Perkasa. Jakarta

Soekartawi. 2003. Teori Ekonomi Produksi dengan pokok bahasan analisis fungsi produksi Cobb-Douglass. Rajawali Press. Jakarta.

Soekartawi. 2005. Agroindustri Dalam Perspektif Sosial Ekonomi. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Sudjana. 2002. Metode Statistika. Tarsito. Bandung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 


JIM Agribisnis|JIM Agroteknologi|JIM Peternakan|JIM Teknologi Hasil Pertanian|JIM Teknik Pertanian|
JIM Ilmu Tanah|JIM Proteksi Tanaman|JIM Kehutanan


E-ISSN: 2614-6053 2615-2878 Statistic Indexing | Citation


Alamat Tim Redaksi:
Fakultas Pertanian,Universitas Syiah Kuala
Jl. Tgk. Hasan Krueng Kalee No. 3, Kopelma Darussalam,
Banda Aceh, 23111, Indonesia.
Email:jimfp@unsyiah.ac.id