Analisis Posisi Basis Sub Sektor Pertanian, Kehutanan, dan Perikanan Wilayah Kabupaten Aceh Utara Dengan Pendekatan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB)

Nur Indriana, Widyawati Widyawati, Lukman Hakim

Abstract


Abstrak. Salah satu upaya untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi ialah dengan mengembangkan sektor ekonomi yang diprioritaskan Dalam perkembangan sektor yang diprioritaskan tersebut diharapkan mampu memenuhi dorongan pasar terutama dalam menyanggupi permintaan ekspor ataupun mengirimkan barang dan jasa ke luar daerah. Sektor yang dapat dipertimbangkan menjadi basis perekonomian didasarkan pada pertimbangan besarnya pangsa atau kontribusinya terhadap PDRB dan pertumbuhannya serta keberlanjutannya di masa yang akan datang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui posisi basis pada masing-masing sub sektor pertanian, kehutanan, dan perikanan yang ada di Kabupaten Aceh Utara serta untuk mengetahui perubahan posisi basis masing-masing sub sektor tersebut dimasa mendatang. Data penelitian yang digunkana adalah data sekunder kurun waktu 2007-2016. Model analisis yang digunakan adalah Location Quotient, Dynamic Location Quotient, dan Shift Share. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sub sektor pertanian, peternakan, perburuan dan jasa pertanian merupakan sub sektor non basis dengan nilai rata-rata LQ sebesar 0,89. Masing-masing sub sektor pertanian, kehutanan, dan perikanan akan berada pada posisi basis dimasa yang akan datang. Dimana nilai DLQ sub sektor pertanian, peternakan, perburuan dan jasa pertanian sebesar 5,25. Nilai DLQ sub sektor kehutanan dan penebangan kayu sebesar 7,83. Nilai DLQ sub sektor perikanan sebesar 4,89.


Keywords


PDRB, Sub sektor basis dan non basis, sub sektor pertanian, kehutanan dan perikanan.;GDP, base and non base sub sector, agriculture, forestry and fisheries sub sector.

Full Text:

PDF

References


Arsyad, L. 1999. Pengantar perencanaan dan pembangunan ekonomi daerah. BPFE UGM, Yogyakarta.

Badan Perencanaan Pembangunan Daerah. Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) Aceh Utara Tahun 2012-2017. http://bappeda.acehutara.go.id/index.php/component/phocadownload/category/1855-rpjm-2012-2017. Diakses pada 22 September 2018 pukul 23.00.

Badan Pusat Statistik. 2017. Kabupaten Aceh Utara dalam angka 2012-2017. BPS, Kabupaten Aceh Utara.

Badan Pusat Statistik. 2017. Kabupaten Aceh Utara dalam angka 2017. BPS, Kabupaten Aceh Utara.

Budiharsono, S. 2005. Teknik pembangunan wilayah pesisir dan lautan. PT Pradnya Paramita, Jakarta.

Bungin, Burhan. 2010. Metodologi penelitian kuantitatif komunikasi, ekonomi, dan kebijakan publik serta ilmu sosial lainnya. Kencana Prenada Media Group, Jakarta.

Glasson, J. 1977. Pengantar perencanaan regional bagian satu dan dua (terjemahan Paul Sitohang). Lembaga Penerbitan Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, Jakarta.

Jhingan, M.L. 2014. Ekonomi pembangunan dan perencanaan. Rajawali Pers, Jakarta.

Kuncoro, Mudrajad. 2004. Otonomi dan pembangunan daerah : reformasi, perencanaan, strategi, dan peluang. Erlangga, Jakarta.

Kurniawan, A. 2008. Analisis identifikasi sektor pertanian dalam perekonomian wilayah di Kabupaten Temanggung. Skripsi. Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian. Fakultas Pertanian. Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

Mubyarto. 1995. Pengantar ekonomi pertanian edisi ketiga. LP3ES, Jakarta.

Mulyani, Endang. 2017. Ekonomi pembangunan. UNY Press, Yogyakarta.

Permatasari, Annisa. 2011. Analisis peranan sektor pertanian dalam perekonomian di Kabupaten Grobogan. Skripsi. Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian. Fakultas Pertanian. Universitas Sebelas Maret. Surakarta.

Purwonegoro, Suriani. 2014. Analisis ekonomi regional sektor basis dan non basis di Kabupaten Gresik, Kabupaten Madiun, dan Kabupaten Pacitan. Skripsi. Jurusan Ekonomi Pembangunan. Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Pembangunan Nasional Veteran, Jawa Timur.

Sambodo, M.T. 2002. Analisis Sektor Unggulan Propinsi Kalimantan Barat. Jurnal Ekonomi dan Pembangunan Vol. X No. 2 2002. Pusat Penelitian Ekonomi Pengetahuan Indonesia. Jakarta.

Suyatno. 2000. Analisa Economic Base Terhadap pertumbuhan Ekonomi Tingkat II Wonogiri Menghadapi Implementasi UU No.5/1999. Jurnal Ekonomi dan Pembangunan I (2) Desember 2000. Universitas Muhammadiyah Surakarta. Surakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 


JIM Agribisnis|JIM Agroteknologi|JIM Peternakan|JIM Teknologi Hasil Pertanian|JIM Teknik Pertanian|
JIM Ilmu Tanah|JIM Proteksi Tanaman|JIM Kehutanan


E-ISSN: 2614-6053 2615-2878 Statistic Indexing | Citation


Alamat Tim Redaksi:
Fakultas Pertanian,Universitas Syiah Kuala
Jl. Tgk. Hasan Krueng Kalee No. 3, Kopelma Darussalam,
Banda Aceh, 23111, Indonesia.
Email:jimfp@unsyiah.ac.id