TINDAKAN KEPERAWATAN POST PARTUM NORMAL DAN ADAPTASI FISIOLOGI PADA IBU POST PARTUM DI RUMAH SAKIT ACEH

rusniati rusniati, Halimatussakdiah Halimatussakdiah, Halimatussakdiah Halimatussakdiah

Abstract


Masa post partum merupakan masa pemulihan, diperlukan asuhan pada masa nifas agar ibu dapat melakukan adaptasi fisiologi pada masa nifas. Asuhan masa nifas dilakukan untuk meningkatkan kemampuan ibu beradaptasi secara fisiologi terhadap masa nifas dan menyusui. Rumah Sakit Aceh pada Januari-Desember 2015 terdapat sebanyak 499 orang ibu post partum, sedangkan pada bulan Januari-Februari 2017 diperoleh jumlah ibu post partum yang mendapatkan asuhan keperawatan sebanyak 262 orang, dimana sebanyak 204 orang (78%) ibu mengalami penurunan TFU normal. Tujuan Penelitian: untuk mengetahui hubungan tindakan keperawatan post partum normal dengan adaptasi fisiologi pada ibu post partum di Rumah Sakit Aceh. Metodelogi Penelitian deskriptif koleratif, pengumpulan data dilaksanakan mulai tanggal 13 sampai dengan 25 Juli 2017. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh ibu post partum normal yang dirawat di Ruang Seurune 3 Rumah Sakit Umum dr Zainoel Abidin, teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan accidental sampling berjumlah 44 orang.Data di analisis menggunakan uji chi-square. Hasil penelitian diperoleh bahwa adahubungan tindakan keperawatan post partum normal dengan adaptasi fisiologi pada ibu post partum (p=0,030). Saran di harapkan kepada pihak petugas, agar dapat menjalankan asuhan keperawatan pada ibu post partum sesuai dengan standar yang telah ditetapkan, sehingga proses adaptasi fisiologi ibu berjalan normal.

Full Text:

PDF

References


Ali, (2009). Pengantar Keperawatan Keluarga. Jakarta : EGC

Bobak. (2005). Buku Ajar Keperawatan Maternitas. Jakarta: EGC

Desi, (2013). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penurunan Tinggi Fundus Uteri Pada Post Parrtum di Rumah Sakit Umum dr.Zainoel Abidin Banda Aceh. Universitas Syiah Kuala. (dikutip tanggal 10 Februari 2017).

Indrayastuti (2010), Hubungan Tingkat Pendidikan dengan Tingkat PengetahuanIbu Nifas tentang Laktasi di BPS Wilayah Puskesma Ungaran

Kozier, (2010). Buku Ajar Fondamental Keperawatan. Jakarta : EGC.

Masruroh, (2013). Pengaruh Senam Nifas Tehadap Penurunan Tinggi Fundus Uteri Pada Ibu Post Partum. Program Studi DIII Keperawatan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Darul Ulum Jombang. (dikutip tanggal 10 Februari 2017).

Nursalam. (2008). ManajemanKeperawatan: Aplikasi dalam Praktik KeperawatanProfesional. Jakarta: Salemba Medika.

Potter, P.A., & Perry, A.G. (2005).Buku ajar fundamental keperawatan: konsep, proses& praktek. Jakarta: EGC.

Suarli dan Bahtiar. (2009). Manajemen Keperawatan: Dengan Pendekatan Praktis. Jakarta: Erlangga

Suherni, dkk. (2009). Perawatan Masa Nifas. Jakarta : Fitramaya.

Sulistyawati. (2009). Buku Ajar Asuhan Kebidanan Pada Ibu Nifas. Jakarta : Penerbit Andi.

Wijono, (2009). Keperawatan Kooperatif. Jakarta : EGC.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



JIM FKEP

JURNAL ILMIAH MAHASISWA FAKULTAS KEPERAWATAN

ISSN (Online) : 2716-3555

Fakultas Keperawatan, Universitas Syiah Kuala

Jl. Tgk. Tanoh Abee, Darussalam, Banda Aceh 23111,

Phone/Fax. Telp: +62651 7555249.

e-mail:jim.fkep@unsyiah.ac.id