STIMULASI DENGAN PERKEMBANGAN ANAK USIA PRASEKOLAH

shabrina shabrina, sufriani sufriani

Abstract


Perkembangan merupakan suatu proses perubahan psikologis sebagai hasil dari pematangan fungsi psikis dan fisik dari seorang anak. Depkes RI (2006) menyatakan bahwa 16 % balita di Indonesia mengalami gangguan dalam perkembangan. Banyaknya gangguan perkembangan yang terjadi pada anak akibat dari kurangnya stimulasi yang diberikan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan stimulasi perkembangan dengan perkembangan  anak usia prasekolah di TK Gaseh Poma Banda Aceh. Jenis penelitian ini bersifat deskriptif korelatif dengan desain  cross sectional study dengan sampel berjumlah 76 responden, yaitu anak usia prasekolah beserta ibunya. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu total sampling. Alat pengumpulan data berupa kuesioner. Metode analisa data dilakukan dengan uji statistik chi-square. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan antara stimulasi pekembangan dengan perkembangan anak usia prasekolah (p-value 0,000) dan jika dilihat dari 4 aspek, terdapat hubungan antara stimulasi perkembangan motorik kasar (p –value 0,000), stimulasi perkembangan motorik halus (p-value 0,000), stimulasi perkembangan bahasa (p- value 0,021) dan stimulasi perkembangan tingkah laku sosial (p-value 0,000), dengan perkembangan anak usia prasekolah di TK Gaseh Poma Banda Aceh Diharapkan kepada orang tua untuk meningkatkan pemberian stimulasi perkembangan kepada anak untuk mendapatkan perkembangan anak yang sesuai. 


Full Text:

PDF

References


Alfiyah, N., & Nafiah, U. (2016). HubunganTingkat Pengetahuan Ibu tentang Stimulasi dengan Perkembangan Anak Usia 0-24 Bulan di Desa Triguno Kecamatan Pucakwangi Kabupaten Pati. Jurnal Ilmu Kebidanan dan Kesehatan. 7 (2). 2087- 4154. Diaksek pada tanggal 24 Juli 2017, pukul 8.37 wib dari http://siakad.akbidbup.ac.id.

Cahyaningsih, D. S. (2011). Pertumbuhan Perkembangan Anak dan Remaja. Jakarta: TIM.

Departemen Kesehatan RI. (2006). Pedoman Pelaksanaan Stimulasi, Deteksi dan Intervensi Dini Tumbuh Kembang Anak ditingkat Pelayanan Kesehatan Dasar. Departemen Kesehatan RI

Dewi, R.C., Oktiawati, A., & Saputri, L.D. (2015). Teori & Konsep Tumbuh Kembang Bayi, Toddler, Anak dan Remaja. Yogyakarta: Nuha Medika.

Dewi, E. U., & Sinambela, N. ( 2014). Hubungan Stimulasi Psikososial terhadap Perkembangan Sosial- Emosi pada Anak Pra Sekolah di TK Yayasan Wanita Kereta Api Mojokerto. Jurnal Psikologi. 3 (2). Diakses pada tanggal 20 Juni 2017, pukul 14.25 wib dari http://ejournal.stikeswilliambooth.ac.id

Kalteng Pos. (2017). Ruang Publik dalam Mengatasi Distorsi Sosial Masyarakat. Kalteng. Prokal.co. Diakses pada tanggal 25 Februari 2017, pukul 21.00 wib dari http://m.kalteng.prokal.co

Munawaroh, A., Hiyana, C.,& Sukini, T. (2014). Hubungan Tingkat Pengetahuan Ibu Tentang Perkembangan Bayi dengan Pemberian Stimulasi Perkembangan Bayi Usia 6-9 Bulan di Wilayah Kerja Puskesmas Dharmarini Kabupaten Temanggung. Jurnal Kebidanan, 4 (8): 2089-7669. Diakses pada tanggal 10 Mei 2017, pukul 14.00 wib dari http://docplayer.info

Najib, M. (2017). Awas Bahaya Gadget Bagi Anak. Harian Analisa. Semarang. Diakses pada tanggal 14 Mei 2017, pukul 14.00 wib dari http://harian.analisadaily.com

Permatasari, F. D., & Purwati, Y. (2011). Hubungan Stimulasi Dini dengan Perkembangan Motorik Kasar pada Anak Usia Todller di Teman Sejati Sarihusada Kotabaru Yogyakarta. Diakses melalui http://opac.unisayogya.ac.id.

Soetjiningsih. (1995). Tumbuh Kembang Anak. Jakarta: EGC.

Suherman. (2010). Buku Saku Perkembangan Anak. Jakarta: EGC.

Diakses pada tanggal 28 Mei 2017, pukul 23.00 wib dari https://books.google.co.id.

Suryawan, A., & Narendra, M.B. (2010). Penyimpangan Tumbuh Kembang Anak. RSUD Dr.Soetomo Surabaya.

Utami, R. B. (2013). Pengaruh Stimulasi Motorik Halus Terhadap Perkembangan Motori Halus Anak Usia 4-5 Tahun di Taman Kanak- Kanak Pertiwi Tiripan Berbek Nganjuk. Diakses melalui http://ojs.unpkediri.ac.id

Widiantoro, E., & Prawesti, D. (2013). Pemberian Stimulus Terhadap Perkembangan Anak Usia 3-5 Tahun. Jurnal STIKES. 6 (1). Diakses pada tanggal 18 Mei 2017, pukul 21.00 wib dari http://download.portalgaruda.org

Wong, D.L., Hockenberry, M., Wilson, D., Winkelstein, M.L., & Schwartz, P. (2008). Buku Ajar Keperawatan Pediatrik (volume 1, edisi 6). Jakarta: EGC.

Yektiningsih, E. (2010). Hubungan Pemberian Stimulasi oleh Orang Tua dengan Perkembangan Bahasa pada Anak Usia Pra Sekolah (3-5 tahun) di Taman Kanak- Kanak Al- Fath Pare. Jurnal AKP.(2). Diakses pada tanggal 20 Juni 2017, pukul 14.00 wib dari http://lppm.akperpamenang.ac.id


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



JIM FKEP

JURNAL ILMIAH MAHASISWA FAKULTAS KEPERAWATAN

ISSN (Online) : 2716-3555

Fakultas Keperawatan, Universitas Syiah Kuala

Jl. Tgk. Tanoh Abee, Darussalam, Banda Aceh 23111,

Phone/Fax. Telp: +62651 7555249.

e-mail:jim.fkep@unsyiah.ac.id