FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI STATUS GIZI PADA IBU HAMIL DI KABUPATEN ACEH BESAR

Winda Nofita, Darmawati Darmawati, Darmawati Darmawati

Abstract


Status gizi adalah ukuran keberhasilan dalam pemenuhan nutrisi untuk ibu hamil, yang sangat berpengaruh pada perkembangan janinnya. Jika status gizi seorang ibu kurang maka akan mempengaruhi proses kehamilan dan perkembangan janinnya.Tujuan penelitian untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi status gizi ibu hamil di wilayah kerja Puskesmas Montasik Kabupaten Aceh Besar. Desain penelitian yang digunakan deskriptif korelatif. Populasi berjumlah 30 ibu hamil trimester II dengan sampel 30 responden yang ditetapkan dengan metode total sampling. Waktu pengumpulan data dilakukan pada tanggal 9-14 Juli 2016. Pengumpulan data pada penelitian menggunakan kuesioner dan uji statistik menggunakan chi-square test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan paritas dengan status gizi ibu hamil dengan nilai (p-value = 0,042), ada hubungan keadaan sosial ekonomi  dengan status gizi ibu hamil dengan nilai (p-value = 0,017), ada hubungan pengetahuan ibu tentang status gizi dengan status gizi ibu hamil dengan nilai (p-value = 0,020), serta ada hubungan asupan nutrisi dengan status gizi ibu hamil dengan nilai (p-value = 0,013). Diharapkan kepada pihak puskesmas untuk melakukan home visit dan penyuluhan untuk memberikan informasi terhadap ibu hamil kemudian memantau status gizi ibu selama kehamilan.


Full Text:

PDF

References


Badan Penelitian dan pengembangan kesehatan Departemen Kesehatan Republik Indonesia. Riset Kesehatan Dasar 2013. Jakarta. diakses pada tanggal 9 Oktober 2015

Benson, Ralph C., Martin L. (2009). Buku

saku obstetri dan ginekologi. Jakarta: EGC.

Bobak. (2004). Keperawatan Maternirtas, Edisi 4. Jakarta: EGC.

Budiarto, E. (2002). Biostatika Untuk Kedokteran dan Kesehatan Masyarakat. Jakarta: EGC.

FAO, IFAD and WFP. (2013). The State of Food Insecurity in the World 2013. The Multiple Dimension of Food Security. Rome: FAO.

Kementrian kesehatan RI. (2015). INFODATIN Pusat Data dan Informasi Kementrian Kesehat RI. Diakses pada tanggal 11 November 2015

Lutfa, A., Hossain, M.B., Awal, A & Nesa, A. (2015). Antrhropometric Assessment Of Nutritional Status In Pregnant Women In Different Trimesters Attending At The Antenatal Clinic of DMCH.AKKMC J 2015; 6(1): 20-24.

Nurjannah, L. (2014). Nutrisi dan Gizi Selama Kehamilan. Diakses pada tanggal 9 November 2015.

Putri, R.K., Soesanton. E. & Wahyuni. D. (2013). Hubungan Paritas Dan Status Nutrisi Dengan Hiperemesis Gravidarum Pada Ibu Hamil Trimester I di RB “NH†Kuwaron Gubug Kabupaten Purwodadi. Universitas Muhammayah Semarang.

Rukmana, S.C. (2013). Hubungan Asupan

Gizi Ibu Hamil Trimester II Dengan Berat Badan Lahir Bayi Di Wilayah Kerja Puskesmas Suruh Kabupaten Semarang. Artikel Penelitian.

Supariasa, I. D. N. (2013). Penilaian Status Gizi. Jakarta: EGC.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.